Tikus Berkeliaran di Rumah? Ini 5 Cara Alami Usir Tikus dari Rumah, Tinggal Duduk Cantik!

Tikus Berkeliaran di Rumah? Ini 5 Cara Usir Tikus dari Rumah
Cara usir tikus

Nggak pakai ribet dan nggak perlu buang bangkai tikusnya, ini cara alami usir tikus pakai bahan dapur!

Di dalam kehidupan ini, tikus merupakan salah satu binatang yang menjijikan yang kerap menghantui kehidupan sebagian orang. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh masuknya hewan kotor ini ke dalam rumah.

Tikus merupakan hewan yang kerap ditemukan di tempat sampah ataupun selokan. Pada umumnya, tikus akan memakan apapun yang ada dan terlihat, mulai dari makanan, bangkai, hingga furnitur.

Kelakukan tikus ini tentu akan meresahkan sang pemilik rumah bila seekor atau bahkan lebih masuk ke dalam rumah.

Memberikan jebakan merupakan salah satu hal yang kerap dilakukan dan cukup efektif, namun tak menutup kemungkinan tikus-tikus ini akan kembali masuk ke dalam rumah.

Terkait hal tersebut, berikut adalah 5 cara untuk mengusir tikus dengan bahan-bahan alami agar tikus nggak balik lagi ke rumah.

Cara Mengusir Tikus Gunakan Bahan Alami

1. Bawang Bombay

Bawang Bombay
Bawang Bombay

Jenis bawang-bawangan merupakan salah satu tumbuhan sekaligus bumbu dapur yang memiliki aroma yang kuat. Selain menjadi bumbu pada masakan, bawang bombay pun dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengusir tikus secara alami.

Kamu yang perlu meletakkan bola bawang bombay tanpa perlu mengirisnya, di bagain rumah yang berlubang. Kamu bisa mengganti bola bawang bombay ini tiap dua hari sekali.

2. Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Selain bawang bombay, kamu pun dapat menggunakan bawang putih untuk mengusir tikus. Tikus diketahui tidak menyukai bau yang menyengat seperti yang dihasilkan oleh bawang putih.

Kamu bisa menggeprek bawang lalu sebarkan di beberapa sudut rumah yang berlubang atau jalur yang rentan untuk dimasuki oleh tikus. Selain itu, kamu juga bisa mencincang bawang putih dan mencampurkannya dengan air dan menyemprotkannya di tiap sudut rumah.

Namun, cara yang terakhir juga mungkin akan bikin manusia kabur ya girls, hehe.

Baca juga: Ini 5 Obat Kuat yang Aman dan Alami, Pakai Bahan Tradisional!

3. Cengkeh

Cengkeh
Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu rempah-rempah yang kerap digunakan dalam masakan menu asia. Memiliki bau yang cukup menyengat, kamu bisa jadikan cengkeh sebagai cara untuk mengusir tikus dari rumah.

Caranya, kamu hanya perlu memasukkan sebagian cengkeh ke dalam sebuah kain tipis, lalu letakkan gumpalan kain berisikan cengkeh di lubang tikus. Cara ini menjadi salah satu cara yang alami untuk usir tikus tanpa perlu membunuh ataupun menangkapnya.

Baca juga: Dari Rempah-rempahan, Ini 5 Obat Diet yang Alami

4. Minyak Peppermint

Minyak Peppermint (healthline.com)
Minyak Peppermint (healthline.com)

Essential oil satu ini kerap digunakan untuk kebutuhan medis, kuliner, hingga menjadi salah satu essential oil yang dapat mengusir tikus dari rumah.

Dalam menggunakan minyak peppermint sebagai cara untuk mengusir tikus, kamu bisa gunakan di manapun sesukamu. Kamu bisa menyemprotkan di tiap sudut ruangan atau menggunakan kapas dan menyelipkannya di lubang tikus yang ada di dalam rumah.

Walaupun wanginya bikin manusia rileks, namun nyatanya wangi ini nggak disukai oleh para tikus lho!

5. Tepung Kentang

Tepung Kentang (spiceography.com)
Tepung Kentang (spiceography.com)

Cara alami yang terakhir mungkin akan membuat kamu sedikit beraktivitas dalam membuang tikusnya. Menggunakan tepung kentang lebih cenderung menjadi cara untuk membunuh tikus ketimbang untuk mengusirnya.

Tikus akan memakan tepung kentang terlebih dahulu sebelum akhirnya tepung kentang mengembang di dalam usus halus para tikus.

Nah, itu lah sejumlah cara alami untuk mengusir tikus dari rumah menggunakan bahan dapur alami tanpa perlu membunuhnya. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: