Tips Berhemat Agar Gaji Kamu Nggak Langsung Habis di Awal Bulan

Tips Berhemat Agar Gaji Kamu Nggak Langsung Habis Pas Gajian
Tips Berhemat Agar Gaji Kamu Nggak Langsung Habis di Awal Bulan

Buat kamu yang ngerasa gajinya langsung habis dalam sekejap, berarti kamu perlu baca beberapa tips dibawah ini!

Punya gaya hidup yang tinggi tentu saja menyulitkan. Malah kadang, gaji sudah habis di hari ke-2 gara-gara bayar tagihan dan membeli barang-barang yang mungkin nggak kamu butuhkan. Ujung-ujungnya, kamu harus berjuang untuk mengarungi hari sampai bulan berikutnya.

Hemat memang perlu, apalagi mengingat bahwa kamu perlu menabung untuk masa depan yang lebih baik. Namun, tentu saja hidup hemat itu nggak mudah dijalani. Kamu perlu mengeluarkan uang untuk kebutuhan bulanan, dan kadang ada saja godaan saat jalan-jalan yang tentunya membuatmu menjadi lebih boros.

Salah satu yang dapat mengatasi perilaku boros yaitu sadar bahwa mendapatkan uang itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tetapi jika gaya hidupmu sudah bisa dikendalikan, menjadi hemat tidak sekadar impian lagi. Seperti tips-tips dari Woop berikut ini agar gaji kamu tidak lekas habis di hari ke-2 setelah gajian.

Tips Berhemat Agar Gaji Kamu Nggak Langsung Habis Pas Gajian

1. Jangan Implusif

Tips Berhemat - Jangan Implusif
Tips Berhemat - Jangan Implusif

Poin pertama ini hanya kamu yang bisa menentukan aturan sendiri secara bijaksana, sebaiknya kamu tentukan aturan sebelum memutuskan membeli sesuatu, apalagi jika kamu adalah tipe yang cepat mengambil keputusan untuk membeli suatu barang agar tidak impulsif alias boros.

2. Atur Penghasilan dan Pengeluaran

Tips Berhemat - Atur Penghasilan dan Pengeluaran
Tips Berhemat - Atur Penghasilan dan Pengeluaran

Mengatur penghasilan dan pengeluaran bukan hanya penting dilakukan bagi perusahaan atau pebisnis saja, bahkan semua orang perlu mengatur penghasilan dan pengeluaran agar tidak boros. Karena dengan mengetahui jumlah penghasilan dan pengeluaran kita lebih mudah mendeteksi penggunaannya.

Kamu bisa mengaturnya dengan cara mencatat setiap penghasilan yang masuk dan pengeluaran yang kamu gunakan. Seperti mengatur alokasi biaya hidup rutin, investasi, asuransi kesehatan, hiburan,dan sosial. Setelah itu kamu juga harus membiasakan diri untuk mematuhi peraturan keuangan kamu ya!

Baca juga: Ini Beberapa Tips Aman Naik Ojek Online

3. Cari Penghasilan Tambahan

Kamu juga bisa mencoba seperti mengadakan garage sale, usaha kuliner, freelancer, mengajar les, jual buku atau pakaian bekas, usaha online shop, dan lainnya. Karena, kadang penghasilan utama tidak selalu bisa mencukupi kebutuhan tambahan, apa lagi untuk kamu yang impulsif.

4. Manfaatkan Diskon dan Voucher Belanja

Tips Berhemat - Manfaatkan Diskon dan Voucher Belanja.
Tips Berhemat - Manfaatkan Diskon dan Voucher Belanja.

Dalam menerapkan hidup hemat, berbelanja kebutuhan bahkan keinginan dengan memanfaatkan diskon dan voucher belanja merupakan solusi yang tepat, lho! Kamu harus jeli dalam memantau diskon-diskon dan voucher yang sedang diadakan di mall atau offline store maupun online, karena akan sangat menghemat pengeluaran. Apalagi buat kamu yang merupakan pelanggan setia Telkomsel, kamu bisa memanfaatkan Telkomsel POIN kamu untuk ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik dari berbagai kategori dan merchant yang terdaftar, lho Woop Ladies! Untung banget kan?

Telkomsel POIN
Telkomsel POIN

Telkomsel POIN merupakan program loyalitas yang ditujukan untuk seluruh pelanggan Telkomsel (kartuHalo, simPATI, KARTU As dan Loop). Kamu bisa menukarkan Telkomsel POIN-mu dalam bentuk beragam kategori rewards, seperti travel, sports, health & beauty, music, entertainment, ecommerce, dining, games, telco, produk telkomsel, produk digital, saldo bonus LinkAja dan lainnya.