Tips dan Trik Memilih serta Merawat Tanaman di Dalam Rumah

Tips dan Trik Memilih serta Merawat Tanaman di Dalam Rumah
WOOP.ID

Ilmu yang sangat berguna. 

Minggu lalu WOOP berkabung. Beberapa tanaman di ruangan kantor rumah memutuskan untuk menghembuskan nafas terakhirnya. Padahal, WOOP sudah mengikuti saran-saran penjual tanaman tersebut tentang bagaimana merawatnya sehingga menjadi subur, hijau, dan berkilau. Putus asa dan sedih tapi penasaran apa yang salah dengan tangan kami, WOOP memutuskan untuk berguru kepada Icha Widjaja, seorang pencinta tanaman, tukang kebun dan pemilik Sanggar Kemuning Nursery.

Namun, pertama-tama mari meluruskan satu hal: apa sih, sebenarnya prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam memilih tanaman di dalam rumah? “Kalau menurut saya, yang pertama cahaya karena tidak semua tanaman tahan di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari. Yang kedua, style interiornya. Jika tabrak lari antara interior dan tanaman, si tanaman bukannya mempercantik, malah terkesan ‘ganggu," ujar Icha.

Kemudian, pertanyaan yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana cara memilih tananam di dalam ruangan, tidak hanya di dapur atau ruang tamu, tapi juga seluruh sudut di rumah. Berikut bocoran dan tips dari beliau.

RUANG TAMU

Spesifikasi tanaman yang cocok untuk ruangan ini: sebuah tanaman yang sederhana dan bisa menjadi centre piece atau eye catching.

Rekomendasi tanaman dan tips perawatan: palem kuning, palem phoenix, fiddle leaf fig, rubber plants, dsb; cukup disiram setiap pagi dan dikeluarkan untuk dijemur dua minggu sekali di teras.

DAPUR

Spesifikasi tanaman yang cocok untuk ruangan ini: tanaman yang tidak rumit perawatannya (alias tanaman tahan banting) dan kalau bisa yang berguna untuk memasak.

Rekomendasi tanaman dan tips perawatan: srigading, sanciviera, dan herbs(rosemary, oregano, kemangi, dkk). Namun, herb plants lebih baik untuk dapur yang semi indoor karena mereka memerlukan sinar matahari yang cukup intens.

RUANG MAKAN

Spesifikasi tanaman yang cocok untuk ruangan ini: hampir sama dengan ruang tamu. Sebagai rekomendasi, pilih tanaman yang tinggi dan bagus agar bisa menjadi centre piece, lalu posisikan di sebuah sudut kosong.  

Rekomendasi tanaman dan tips perawatan: palem kuning, palem phoenix, fiddle leaf fig, rubber plants, dsb; cukup disiram setiap pagi dan dikeluarkan untuk dijemur dua minggu sekali di teras

KAMAR TIDUR

HALAMAN
123