Tips dan Trik Mengatur Furnitur di Rumah

Tips dan Trik Mengatur Furnitur di Rumah
ISTIMEWA

Yin dan yang. 

Bagi yang memiliki rumah luas pasti tidak akan bingung untuk menaruh furnitur. Namun sebaliknya, untuk mereka yang memiliki rumah kecil, bisa jadi super bingung saat sedang mengatur meja, kursi, rak, lemari, dsb. Di dalam hati, “Mau ditaruh di mana lagi? Langit-langit?" 

Jangan emosi, karena memang menyusun furnitur dan menghasilkan komposisi yang tepat di sebuah ruangan bukanlah pekerjaan mudah. Tak heran, para desainer interior harus belajar keras untuk bisa menguasainya dan menjadi ahli. Namun, WOOP menuliskan empat hal yang harus diperhatikan saat mengatur ruangan agar kerumitanmu sedikit berkurang. 

#1: Tentukan Ukuran

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam mengatur ruangan adalah menentukan ukuran. Gunakan meteran untuk tahu luas sebuah ruangan. Kemudian, periksa lorong, pintu, dan tangga yang terdekat atau berada di dekat ruangan tersebut untuk mengetahui sela atau ruangan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan furnitur. 

#2: Kombinasikan Furnitur Berbagai Ukuran

Setiap benda mempunyai ukuran yang terbeda-beda. Untuk membuat ruangan terkesan “hidup”, kamu bisa menyandingkan furnitur dengan karakteristik dan ukuran yang berbeda. Hanya perlu diingat, jangan sampai membuat ruanganmu malah terlihat sempit karena terlalu banyak furnitur di dalamnya.

#3: Keseimbangan

“Keseimbangan yang tepat akan menciptakan atmosfer yang harmonis." Jika sudah mencampurkan berbagai jenis ukuran furnitur di sebuah ruangan, ada baiknya kamu menghadirkan satu ruangan lain yang terkesan rapi dengan skema yang 180 derajat berbeda: semua berukuran. Hal itu akan terasa nyaman.

#4: Gunakan Perspektif

Lihatlah ruangan sebagai sebuah kanvas kosong yang akan kamu pakai untuk melukis. Ada trik visual yang bisa diambil dari seorang pelukis, yaitu triangulasi. Pada desain interior, triangulasi adalah sebuah penempatan dua sofa dengan satu lukisan di antara keduanya. 

Loading Facebook Comment ...