Trik agar Kamu Lebih Rajin Minum Air Putih

Trik agar Kamu Lebih Rajin Minum Air Putih
ISTOCK

Gluk-gluk-gluk... aaah. 

Ini sah bukan hanya perasaanmu saja, tapi sebuah fakta: cuaca makin panas. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika sudah mengonfirmasinya. Apa yang bisa kamu lakukan? Para ahli menganjurkan untuk memastikan tubuh tidak dehidrasi dan memakai tabir surya untuk menghindari kulit terbakar. Namun, entah itu kesibukan, atau rasa malas, sering kali membuat kita lupa minum air putih! Belum lagi, kemungkinan akan lebih sering jongkok di toilet saat minum air lebih sering, membuat beberapa dari kita makin enggan mengisi gelas dengan air putih.

Woop merasakan hal yang sama, jadi adalah saudara seperjuangan. Untungnya ada beberapa trik agar kamu lebih rajin minum air putih sehingga terhindar dari dehidrasi. Seperti yang dilaporkan oleh Huffington Post, di bawah ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan mulai hari dan seterusnya. 

1. Minum segelas air putih setelah menyeruput satu cangkir kopi.

Kopi memang cairan, tapi nuh-uh—tidak sehidrasi atau mengobati rasa haus seperti air putih. Jadi, biasakan untuk meminum satu gelas air putih setiap kali menghabiskan satu cangkir kopi untuk memastikan tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik. 

2. Tentukan dari awal. 

Ada banyak aplikasi di luar sana yang bisa membantu asupan air putihmu cukup (Gulps, Plant Nanny). Namun jika kamu adalah seseorang yang lahir di periode yang salah (baca: old school), cara ini mungkin membantu: mengestimasi berapa banyak air putih yang harus kamu minum setiap hari. Amanda Montalvo, seorang ahli diet dan nutrisi mengatakan kepada HuffPost, "minimal setengah dari berat badanmu dalam ukuran ons." Setelah tahu, isi penuh satu botol air sesuai dengan ukuran tersebut di pagi hari dan pastikan menghabiskannya di penghujung hari. Jika besarnya botol membuatmu histeris, pisahkan dalam botol-botol kecil. 

3. Tambahkan lebih banyak es batu ke dalam minum jus.

Lain kali saat memesan smoothies, alih-alih "less ice" kamu sebaiknya mengatakan "more ice" kepada pembuat smoothies. Hitungannya, 4 potong es batu = 1/2 gelas air putih. 

4. Isi ulang begitu kosong.

Coba lihat gelas di atas meja kerjamu, apakah sudah kosong? Angkat pantatmu yang seksi itu dan berjalanlah menuju sumber air putih (aman diminum) terdekat dan isi ulang sampai penuh. 

HALAMAN
12