Trik Belanja yang Hanya Diketahui oleh Pembeli Cerdas

Trik Belanja yang Hanya Diketahui oleh Pembeli Cerdas
ISTOCK

Yang harus dipelajari dan dipraktekkan oleh pembeli pemula (seperti kamu dan WOOP). 

Apakah kamu termasuk seseorang yang sering berbelanja tanpa rencana? Punya banyak barang yang tidak terpakai, atau tagihan kartu kredit yang membengkak setiap bulannya?  Turns out, we can learn to shop in a much smarter way from the smart shoppers! Strategi berikut ini terus-menerus dipraktekkan oleh orang-orang yang seberapapun pendapatan mereka, hampir selalu membuat keputusan yang sangat cerdas sebelum berpisah dengan uang yang mereka hasilkan secara susah payah. Beberapa mungkin sudah kamu lakukan sendiri, tapi yang lain mungkin masih terlupakan dan butuh segera kamu lakukan.

  • Berpikir sebelum membeli

Smart shopper don’t buy on impulse. Mereka memikirkan pembelian sampai sangat yakin bahwa benar-benar membutuhkan barang tersebut. Hal ini tidak hanya menghemat uang, tetapi juga menjaga rumah bebas dari tumpukan barang tidak terpakai.

  • Menetapkan anggaran dan nggak melenceng (sebesar apapun godaannya)

Anggaran tidak hanya jadi pedoman bagi para smart shopper, tapi sangat penting bagi mereka untuk mencegah supaya tidak terjadi overspending.

  • Memanfaatkan barang tidak baru atau preloved stuffs

Kamu tak selamanya membutuhkan barang-barang baru. Ada banyak barang second hand berkualitas dan masih berfungsi dengan baik, dan smart shopper tahu itu! Biasakan memeriksa forum jual-beli, lapak Instagram, garage sale dan aplikasi jual-beli barang preloved seperti Carousell. Kamu mungkin menemukan apa yang dicari, hanya dengan setengah harga aslinya!

  • Berburu di clearance racks dan menunggu (dengan sabar) musim diskon

Smart shoppers langsung menuju bagian diskon atau clearance rack setiap kali berbelanja, dan cenderung menghindari barang dengan harga full-price dan menunggu sampai bisa mendapatkan diskon yang lebih baik.

  • Tahu harga dan membandingkannya 

Smart shopper meneliti dan membandingkan harga di beberapa toko (dan online) sebelum melakukan pembelian akhir. Mereka memiliki gambaran umum tentang berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan, sehingga mereka tahu persis kapan dan di mana harus membeli.

  • Menggunakan kartu kredit dengan cerdas

Setiap kali menggunakan kartu kredit, smart shopper melunasinya secara penuh setiap bulan dan memperlakukan kartu mereka seperti uang tunai. No credit card debts for them!

Shop From Our Partner Cathaofficial.com