Trik Mengurangi Berat Badan yang Sebenarnya Sudah Kamu Lakukan

Trik Mengurangi Berat Badan yang Sebenarnya Sudah Kamu Lakukan
ISTOCK

Tanpa sadar, saat ini. 

Pernahkah berpikir bahwa sebenarnya kamu sedang melakukan proses pengurangan berat badan? Yep, saat ini, detik ini juga. Kabar gembira? Pastinya! Apalagi setelah makan habis-habisan saat Lebaran kemarin. Apa saja kebiasaan itu? Ini dia. PS: So, don't be too hard on yourself about losing weight

MINUM AIR DENGAN ES 

Memastikan cukup minum air tiap hari merupakan saran yang tepat bagi semua orang, tapi jika sedang mencoba untuk mengurangi berat badan, ada baiknya menambahkan es ke dalamnya. Penelitian di Jerman menemukan bahwa orang yang meminum enam gelas air dingin tiap hari sistem metabolisme mereka meningkat sampai 12%. Hal ini kemungkinan disebabkan tubuh harus bekerja ekstra untuk menghangatkan temperatur air sebelum memprosesnya. Dan meski angka ini tidak terlalu signifikan, tapi jika dilakukan secara regular dalam jangka waktu setahun bisa berat badan bisa berkurang sekitar 2 kg. 

TIDUR TANPA CAHAYA

Membiarkan lampu menyala (bahkan sinar dari ponsel atau tablet) pada malam hari bisa menyebabkan kenaikan berat badan, menurut penelitian dari Ohio State University. Studi ini mengamati tikus yang tidur dengan lampu remang mengalami perubahan circadian rythms yang menyebabkan tidur kurang lelap dan lebih banyak makan pada siang hari, sehingga berat badan naik 50% dibandingkan tikus lain yang tidur dalam kondisi gelap gulita. Meskipun studi ini dilakukan pada tikus, para peneliti menyimpulkan bahwa mereka yang tidur dengan lampu menyala juga mengalami gangguan hormonal seperti binatang tersebut. 

MAKAN SIANG LEBIH AWAL 

Para peneliti di Spanyol menemukan bahwa perempuan obesitas yang makan siang sebelum jam 3 sore mengalami penurunan badan lebih signifikan dibandingkan dengan mereka yang makan siang setelah jam tersebut. Padahal, dua kelompok ini mengkonsumsi jenis makanan dan kalori yang sama, tetapi early bird diners kehilangan 2 pon lebih banyak. Dari penelitian sebelumnya pun, para ilmuwan percaya bahwa menunggu makan sampai benar-benar kelaparan bisa meningkatkan rasa "ingin terus makan" setelah jam makan siang. 

MEMBICARAKAN APA YANG DIMAKAN 

Membagikan resep, membicarakan apa yang akan dimasak, atau memiliki online food journal bisa mengurangi berat badan. Kontras dengan apa yang dipercayai orang banyak, hal ini efektif bukan karena kita berbagi makanan, melainkan sesimpel kamu bisa mengingat apa yang sudah dimakan sepanjang hari. Sebuah penelitian dari Oxford menemukan bahwa orang-orang yang mengingat makanan terakhir mereka, biasanya makan lebih sedikit setelahnya. 

MENGUKUR BERAT BADAN SEKALI SEMINGGU