30 Cara Mengucapkan Belasungkawa Agama Islam dan Kristen

30 Cara Mengucapkan Belasungkawa Agama Islam & Kristen
30 Ucapan Belasungkawa dalam Agama Islam dan Kristen

Memberikan ucapan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan adalah salah satu bentuk kepedulian. Inilah contoh ucapannya.

WOOP.ID - Jika ada kerabat yang meninggal, etisnya kita mengucapkan ucapan belasungkawa sebagai bentuk rasa kepedulian kita terhadat orang yang ditinggalkan. Ucapan tersebut juga bisa diselipkan doa agar yang meninggalkan kita bisa tenang di alam sana.

Hal tersebut bisa juga sebagai bentuk penghibur untuk mengurangi kesedihan keluarga yang ditinggalkan.

Kali ini Woop akan membagikan contoh ucapan belasungkawa atau turut berduka cita lengkap untuk yang beragama Islam dan untuk yang beragama Kristen.

Ucapan ini bisa kamu berikan ke keluarga yang ditinggalkan, karena tidak ada yang lebih menguatkan bagi saudara ataupun teman yang mengalami kehilangan selain menerima dukungan moral dari orang-orang di sekitarnya.

Ucapan Belasungkawa Islami

Ilustrasi/Digitaloceanspaces
Ilustrasi/Digitaloceanspaces

1. Ucapan belasungkawa tentang kesabaran

“Innalillahi wainna ilaihiraji’un Turut berbela sungkawa atas tiadanya saudara kami yang sangat kami cintai dan rindukan. Semoga seluruh keluarga yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan dan juga kesabaran, janganlah bersedih hingga berkelanjutan. Karena percayalah bahwa Allah akan senantiasa mempertemukan kita kembali dengannya.”

2. Ucapan belasungkawa tentang amal ibadah

“Innalillahi wainna ilaihiraji’un Saya beserta keluarga mengucapkan turut berduka cinta yang sebesar-besarnya, atas meninggalnya sahabat dan saudara kami. Semoga seluruh amal ibadahnya di dunia diterima oleh Allah SWT. Serta seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran atas cobaan yang menimpa ini.”

3. Ucapan belasungkawa tentang cobaan untuk keluarga

“Innalillahi wainna ilaihiraji’un Kami atas nama keluarga besar, mengucapkan turut berduka cita yang sebesar-besarnya atas cobaan yang menimpa keluarga (sebutkan namanya). Kami berharap Allah SWT akan selalu memberikan samudra kesabaran dan ketabahan pada keluarga yang ditinggalkan. Semoga sahabat kita tetap bersemayam di dalam hati keluarga yang ditinggalkan.”

4. Ucapan belasungkawa tentang ampunan dosa

“Semoga Allah mengampuni segala dosa yang telah dilakukan oleh Almarhum semasa hidup, dan menerima semua amal baik rekan kita yang telah meninggalkan kita selama-lamanya. Kami keluarga besar turut berbela sungkawa yang sebesar-besarnya.”

5. Ucapan belasungkawa tentang diberikan tempat terbaik

“Atas nama kami sekeluarga mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, semoga Almarhum diampuni dan dihapuskan dosa-dosanya, mendapat tempat terbaik di sisi Allah. Bagi istri, dan putra putrinya semoga diberi ketabahan selalu.”

6. Ucapan belasungkawa untuk sahabat

“Selamat jalan sahabat kupersembahkan doa ini untukmu, Ya Allah ampunilah dosa-dosaku dan juga dosa-dosa sahabatku. Ya Allah sayangilah aku dan juga sayangi sahabatku, ya Allah terangi dan luaskan alam kuburnya, dan tempatkan ia di tempatMu yang terindah wahai Maha Berbelas Kasihan.”

7. Ucapan belasungkawa kehilangan sahabat

“Sahabat terbaikku kepulanganmu menuju penciptamu sungguh terasa cepat, kini kebersamaan yang pernah kita lalui bersama hanyalah meninggalkan sebuah kenangan yang manis. Semoga seluruh amal perbuatamu diterima olehNya.”

8. Ucapan belasungkawa tentang menangakat derajatnya

“Ya Allah ampunilah almarhum, angkatlah derajatnya bersama dengan orang-orang yang memberi petunjuk. Berilah penggantinya bagi orang-orang yang ditinggalkan sesudahnya. Ampunilah dosan kami dan juga dia wahai Tuhan kami, seru sekalian alam. Lebarkanlah kuburnya dan berikan penerangan di dalam kuburnya. Amin.”

9. Ucapan belasungkawa sebagai pengingat semua orang

“Turut berduka cita atas kepergian Bapak….. Jadikan ini sebagai pengingat kita bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati. Hanya dengan ikhlaslah kita bisa menerima semua ini.”

10. Ucapan belasungkawa kehilang saudara

“Innalillahi wainna ilaihiraji’un Tak kusangka waktu kepergianmu datang begitu cepat, selamat jalan wahai saudaraku tercinta. Aku selalu berdoa semoga Allah SWT selalu menerima seluruh amal kebaikanmu, dan semoga Allah SWT memilihkan tempat yang paling indah dan menyenangkan. Yaitu surgaMu, Amin Ya Rabbal Alamin.”

11. Ucapan belasungkawa dari hati yang terdalam

“Inna lillahi wainna ilaihi roji’un …. Dari hati kami yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya …. semoga Allah menempatkannya ditempat yang paling indah bersama orang-orang yang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini. Aamiin.”

12. Ucapan belasungkawa untuk orang tua sahabat

“Inna lillahi wainna ilaihi roji’un … Aku turut berduka cita wahai sahabatku, semoga amal ibadah orang tuamu diterima di sisi Allah swt. Percayalah bahwa setiap cobaan itu pasti ada hikmahnya. Boleh saja kita bersedih, tapi kesedihan tidak akan membawa orang tuamu ke jannahnya. Marilah kita mendo’akannya bersama-sama.”

Baca Juga: 8 Kalimat Ini Tidak Akan Bisa Ditarik Lagi

13. Ucapan belasungkawa agar keluarga tetap tabah

Turut berduka atas meninggalnya saudara ….. Semoga amal ibadahnya diterima dan diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Semoga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran serta semakin bertambah kemimanannya. Aamiin.”

14. Ucapan belasungkawa berisi firman

“Kami sekeluarga mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Bapak …. Ingatlah akan firmanNya bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati. Kita semua pun pasti akan mati. Jadi musibah ini tidak perlu diratapi. Percayalah, Alloh SWT telah menyiapkan tempat terbaik untuk Bapak….”

15. Ucapan belasungkawa untuk tetap tegar

“Inna Lillahi Wainna Ilaihi Raji’un Allah SWT tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan kita Tetaplah tegar, karena dibalik ini pasti ada hikmahnya.”

Ucapan Belasungkawa Agama Kristen

16. Ucapan belasungkawa agar diberikan kekuatan untuk keluarganya