Story Telling dalam Podcast, Serunya Workshop Bersama Mizter Popo

Workshop Story Telling dalam Podcast Bersama Mizter Popo
Workshop Podcast Bersama Mizter Popo

Saat ini sudah mulai banyak content creator podcast di masyarakat, nah siapa yang mau mencoba membuat podcast? Simak dulu yuk!

Podcast adalah kepanjangan dari ipod dan broadcasting, yang berawal dari perusahaan Apple dengan menciptakan dan membuatnya menjadi sesuatu yang sudah ada menjadi lebih sederhana digunakan. Tetapi untuk saat ini podcast sudah bisa diakses dan digunakan dengan smartphone apapun, tidak harus produk dari Apple.

Podcast sebenarnya sudah hadir sejak tahun 2005, kemudian sejak tahun 2007 baru mulai banyak digunakan dan momentumnya berkembang cepat dari tahun 2011 hingga sekarang.

Rekaman audio merupakan hal yang sudah ada dari zaman dulu, tetapi Apple menciptakan konsep baru yaitu cara untuk mendapatkan audio podcast, cara berlangganan, cara mendownload dan mendengarkannya saat mulai melaunchingiPod lalu iPhone.

Workshop Podcast Bersama Mizter Popo di MULA, Cilandak Town Square
Workshop Podcast Bersama Mizter Popo di MULA, Cilandak Town Square

Podcast saat ini ada yang berupa audio maupun podcast video. Kamu juga dapat memilih mau mendengarkan podcast dari channel siapa dengan topik tertentu yang kamu sukai, karena ada ribuan kategori topik yang bisa kamu dengarkan.

Nah, saat ini jika kamu ingin membuat podcast sudah lebih mudah dan tidak butuh investasi besar seperti membuat stasiun radio sehingga akhirnya industri podcast berkembang pesat.

Pada Workshop Podcast bersama Mizter Popo pada hari Sabtu, 22 Februari 2020 kemarin di Mula by Galeria Jakarta (Cilandak Town Square), Mizter Popo membuka kelas yang membahas tentang apa itu podcast, masa depan podcast sebagai sebuah platform berkarya, dan juga story telling dalam podcast.

Baca juga: Workshop Beauty Photography Class Bersama Nicky Gunawan

Workshop Podcast Bersama Mizter Popo - Persiapan Membuat Podcast
Workshop Podcast Bersama Mizter Popo - Persiapan Membuat Podcast

Kelas yang berdurasi 4,5 jam tersebut mengajarkan kita para pemula yang ingin mencoba dunia baru yaitu podcast untuk mengetahui persiapan, cara dan tools apa saja yang harus disiapkan sebelum memulai membuat podcast dengan simpel sesuai dengan level pemula.

Mizter Popo juga menjelaskan mengenai aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit audio yaitu salah satunya Garage Band, karena tampilannya yang simpel, mudah digunakan dan sudah mencangkup semuanya.

Workshop Podcast Bersama Mizter Popo - Backsound dari Epidemicsound.com
Workshop Podcast Bersama Mizter Popo - Backsound dari Epidemicsound.com

Dalam menggunakan backsound pada podcast kamu juga harus memilih backsound yang bebas dari copyright sehingga nantinya podcast kamu bisa dimonitize dan tidak di-take down.Rekomendasi dari Mizter Popo kamu dapat mendapatkannya free dengan mencari di Youtube dan mengubahnya menjadi format mp3, atau kamu juga bisa mencoba di Epidemicsound.com dengan berlangganan kamu bisa mendapatkan berbagai jenis sound dengan berbagai genre yang juga dapat menjadikan podcast kamu berbeda dari lainnya dalam segi backsound.