Yuk, Kenali Cold-Pressed Juice Sebelum Meminumnya!

Yuk, Kenali Cold-Pressed Juice Sebelum Meminumnya!
Yuk, Kenali Cold-Pressed Juice Sebelum Meminumnya!
Yuk, Kenali Cold-Pressed Juice Sebelum Meminumnya!

Cold-pressed juice sebagai alternatif untuk konsumsi buah dan sayuran praktis. Tapi, sudahkah mengenalinya sebelum meminumnya?

Cold-press juice adalah jus botolan yang dibuat dengan hydraulic press yang menggunakan tekanan besar untuk mengekstrak jumlah maksimum cairan dari buah-buahan segar dan sayuran. Tidak ada panas tambahan atau oksigen digunakan dalam proses, untuk memastikan tidak ada nutrisi yang hilang. Cold-pressed juice dalam bentuk mentah hanya dapat bertahan selama 3-4 hari, maka cold-pressed juice yang dijual di pasaran dibuat dengan metode high pressure processing (HPP) di mana botol-botol jus direndam dalam air dingin dengan tekanan tinggi untuk membunuh mikroba dan patogen, sehingga jus dapat dikonsumsi dalam waktu 30-45 hari.

Metode ini mengekstrak buah-buahan dan sayuran secara maksimal, dan menghasilkan jus yang ringan dengan nutrisi yang setara dengan raw fruits atau raw vegetables.

Lalu apa bedanya cold-pressed juice dengan jus biasa? Jus biasa biasanya menggunakan metode centrifuge seperti blender. Ini melibatkan pisau, gesekan tinggi, panas yang menghancurkan enzim dan nutrisi, dan penambahan gula untuk rasa. Cold-pressed juice menggunakan metode HPP untuk menghasilkan lima kali nutrisi dari jus tradisional, yaitu kurang lebih 1,2 kilogram buah dan sayur dalam setiap botol. Wow, that’s a lot!

Sekarang ini banyak sekali variasi brand lokal organik yang menyediakan cold-pressed juice. Pilihan WOOP di antaranya adalah Nakedpress, dengan sample packs yang terdiri dari 8 pilihan rasa jus sehingga kita dapat mencoba dan menentukan mana yang lebih sesuai dengan selera kita, Coldpress Indonesia yang menyediakan program detox menggunakan cold-pressed juice, yang bisa dipilih sesuai dengan jumlah hari detox mulai dari 570.000 rupiah per program dan bila anda ingin mencoba terlebih dahulu, Rejuve bisa dijadikan pilihan dengan outlet-nya yang dapat ditemui di banyak mal di Jakarta.

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber vitamin, mineral, dan antioksidan (seperti flavonoid). Karena setiap botol cold-pressed juice mengekstrak 100% nutrisi buah atau sayuran, mengkonsumsi jus ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk gaya hidup yang lebih sehat. Tim WOOP sendiri senang meminumnya setelah olahraga atau sebagai alternatif snack sehat.

Bagaimana, tertarik mencoba cold-pressed juice