Hati-hati! Ini 5 Tanda Kamu Mempunyai Hubungan yang Toxic

5 Tanda Kamu Mempunyai Hubungan yang Toxic
5 Tanda Kamu Mempunyai Hubungan yang Toxic

Banyak orang yang enggak sadar kalau dia terjerat di dalam toxic relationship. Jangan-jangan kamu juga!

WOOP.ID - Bila menjalani sebuah hubungan, tentunya enggak akan selalu berjalan dengan manis. Sebuah hubungan percintaan rasanya kurang lengkap bila tak dibumbui oleh sejumlah argumentasi atau konflik yang menghasilkan sebuah masalah yang harus diselesaikan oleh kedua belah pihak. Hal itu tanpa disadari pemanis untuk hubungan.

Sejumlah masalah dapat dengan mudah di atasi oleh sepasang kekasih dengan menggunakan komunikasi yang baik. Tetapi, sejumlah masalah lainnya justru tak dapat diperbaiki meskipun sempat membaik sejenak, salah satunya adalah sifat dari salah satu maupun kedua individu dalam suatu hubungan.

Hubungan yang toxic atau sering dibilang toxic relationship adalah salah satu hal yang sudah tak asing lagi untuk di telinga para remaja hingga dewasa yang sedang atau telah merasakan menjalin sebuah hubungan. Toxic relationship merupakan sebuah hubungan yang disertai oleh sifat pasangan yang emosional dan kerap menyakiti lawan pasangannya secara verbal maupun non-verbal. Di dalam toxic relationship ada banyak hal seperti gaslighting, mentally abuse, physical abuse, playing victim dan masih banyak lagi.

Nah, berikut Woop sudah merangkum untuk berikan 5 tanda bahwa kamu mempunyai hubungan yang toxic!

5 Tanda Kamu Mempunyai Hubungan yang Toxic

1. Saling Posesif dan Enggak Percaya Satu Sama Lain

toxic relationship - Saling Posesif dan Enggak Percaya Satu Sama Lain
toxic relationship - Saling Posesif dan Enggak Percaya Satu Sama Lain

Bisa kamu atau pasangan kamu memiliki trust issues, alias enggak bisa percaya 100% satu sama lain. Biasanya pasangan saling menuduh sebagai pembohong, tukang manipulasi ataupun tukang selingkuh.

Baca: Ini Alasannya Ekspektasi Bisa Merusak Hubungan Percintaanmu

Padahal kamu enggak pernah melakukan apapun dan selalu menyayangi pasangan kamu. Karena hal itu, pasangan enggak mau saling meninggalkan dan enggak senang jika menghabiskan waktu sendiri atau dengan orang lain tanpanya.

2. Gaslighting

toxic relationship - Gaslighting
toxic relationship - Gaslighting

Gaslighting adalah ketika seseorang memanipulasi orang lain ketitik dimana orang itu mempertanyakan kewarasannya. Misal, pasangan kamu memanfaatkan ketidak percayaan diri di diri kamu. Dan membuat hal itu menjadi boomerang hubungan kalian.

Hal ini membuat batin di diri kamu dan sulit untuk menyalahkan pasangan kamu sendiri.

3. Kamu selalu Mengalah

toxic relationship - Kamu selalu Mengalah
toxic relationship - Kamu selalu Mengalah

Dalam sebuah hubungan, kedua pihak harus bekerjasama dan setara. Jangan sampai kamu berpikir kalau kamu harus terus bekerja pada hubungan ini dan terus mengalah. Jangan terus kamu melulu yang menunjukkan kasih sayang dan pasangan kamu enggak.