7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setiap Hari

7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setiap Hari
ISTOCK

Ayo, siapa yang ketawanya paling kencang?

Dengan segala aktivitas yang dijalani setiap hari yang menuntut konsentrasi, plus drama penuh intrik di kantor dan di media sosial, terkadang sering membuat kita lupa tentang sebuah hal yang penting: merawat, menyenangkan dan mencintai diri sendiri. Tidak selalu berarti ke salon atau liburan, terlebih jika bulan ini belum tersedia biaya untuk itu. Dengan melakukan tujuh hal di bawah ini—super mudah dan sederhana—akan membuat jiwa dan pikiran lebih bahagia! DIJAMIN. 

1. TERTAWA DENGAN PELAN KENCANG

LOL atau Laugh Out Loud sering kita tuliskan saat membalas WhatsApp atau balasan di media sosial. Namun sebenarnya kita perlu melakukannya dalam versi tiga dimensi, alias bukan hanya sekadar ketikan di ponsel. Percaya atau tidak, hidup itu lebih lucu dari sebuah standup comedy yang disiarkan di televisi! Selain itu, kebahagiaan juga lebih dari sekedar emoji berwarna kuning. Oleh karena itu, biarkan tawamu keluar. Pun ketika suaramu mengerikan seperti nona kunti. Menurut MindBodyGreen, tawa melepaskan endorfin, sehingga mengurangi kecemasan dengan melepaskan ketegangan, dan memiliki efek relaksasi yang tahan lama pada tubuh.

2. SERING-SERING TERSENYUM

Selain tertawa, tersenyum adalah cara mudah lainnya untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini juga menular, kita terlihat lebih bisa dipercaya dan mudah didekati, dan stres pun berkurang. The Huffington Post mengungkapkan bahwa kebiasaan tersenyum dapat melatih otak untuk berpikir lebih positif. Secara alami otak cenderung berpikir negatif sebagai mekanisme pertahanan diri, dan menurut Shawn Achor, penulis The Happiness Advantage, tersenyum setiap hari membantu otak menciptakan lingkaran kebahagiaan dan membuat kita lebih sering berpikir positif.

3. HASILKAN SESUATU!

Misalnya, memasak sendiri makanan sehat, membuat secangkir latte di pagi hari, atau mencat kuku sendiri. Semua hal tersebut bisa membantumu menghemat pengeluaran, hidup lebih sehat, membuat tanganmu aktif. Carrie Barron M.D dari Psychology Today merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. Kelly Lambert, menuliskan bahwa menciptakan atau merawat sesuatu dengan tangan meningkatkan kesehatan mental dan membuat kita bahagia.

4. BUAT INFUSED WATER 

Beberapa tahun ini, infused water menjadi minuman wajib banyak orang. Malah ada yang menentengnya kemana-mana. Alasannya? Ada banyak, mulai dari bisa mencegah penyakit sampai mengurangi berat badan. Ada banyak pendapat dan argumen tentang klaim tersebut, tapi yang pasti infused water bisa mendorongmu untuk minum lebih banyak air, dan air lemon yang ada di dalamnya mengandung banyak vitamin dan nutrisi. 

5. ME TIME!