Anak Mau Masuk Sekolah: Apa yang Orangtua Harus Tahu

Anak Mau Masuk Sekolah: Apa yang Orangtua Harus Tahu
ISTOCK

#READYFORSCHOOL

Apakah si kecil akan masuk SD tahun ini? Setelah heboh mengikuti puluhan trial class dan akhirnya memilih sekolah yang akan tepat untuk anak (bukan hanya untuk orangtua), tahap berikutnya  adalah mempersiapkan mereka lahir dan batin. “Sebelum membahas lebih lanjut tentang kesiapan sekolah, sebaiknya mengetahui terlebih dulu definisi kesiapan sekolah,” kata Imelda Saraswati, M.Psi, seorang psikolog anak. Menurutnya, school readiness merupakan kesiapan seorang anak untuk belajar dengan mudah dan efektif di lembaga pendidikan, tanpa adanya halangan emosi.

Kesiapan sekolah ini tidak bisa hanya dilihat dari satu faktor melainkan beberapa aspek yang saling berkaitan. “Dalam konteks perpindahan anak dari TK ke SD, sangat penting agar mereka siap,” lanjutnya. Satu hal yang pasti, kesiapan mereka sangat dipengaruhi oleh apa yang didapat di rumah. Stimulasi-stimulasi yang dilakukan secara dini (mulai dari bayi sampai 5 tahun) akan mempengaruhi kemampuan mereka dalam berbahasa, bernalar, bersosialisasi, dan memiliki kondisi emosional yang sehat. Semua karakteristik ini akan menunjang anak saat memasuki usia sekolah (SD).

SIAPA YANG HARUS DIPERSIAPKAN?  

Orangtua

Peran orangtua adalah sebagai partner bersama-sama dengan lembaga pendidikan. Orangtua yang supportive dan mampu menciptakan kegiatan untuk menstimulus pembelajaran anak akan mampu menghasilkan anak yang siap belajar di lingkungan pendidikan formal. Orangtua dituntut untuk siap dalam melakukan kerjasama dengan pihak sekolah dalam hal pembelajaran yang harus dilalui seorang anak.

Anak

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan saat mempersiapkan anak: perkembangan motorik (kasar dan halus), emosional sosial, sikap dalam belajar, kemampuan kognitif, dan bahasa. 

Untuk itu, menurut Imelda, ada baiknya anak dilatih untuk memiliki kemampuan-kemampuan tersebut sejak usia dini.

APA YANG HARUS DIAJARKAN KEPADA ANAK? 

Ada begitu banyak yang bisa diajarkan kepada anak sebelum masuk SD dan kesanggupan mereka untuk menyerapnya, terkadang bikin kita kagum! Menurut Imelda, ada beberapa kemampuan dasar yang diharapkan dari mereka ketika masuk sekolah SD sehingga harus diajarkan jauh hari sebelumnya (masa preschool).