Bukan Hanya Soal Kekerasan Seks, Ketahui Arti dan Fakta Unik dari BDSM!

Bicara Soal Seks, Ketahui Arti dan Fakta Unik dari BDSM!
Fakta Unik dari BDSM

BDSM memang hal yang belum diketahui beberapa orang awam. Lalu apasih sebenarnya BDSM itu? Berikut arti dan fakta uniknya.

Ada yang tahu film Fifty Shades of Grey? Film ini jadi booming bukan karena pemerannya yang cantik dan ganteng saja, tapi karena kali pertama mengekspos gaya hidup dari Bondagel & Dicipline, Dominance, Submission, Sadism dan Machosism (BDSM). Secara sekilas, BDSM lebih banyak dikenal sebagai bentuk penyimpangan seksual karena pelakunya menyukai tindak kekerasan ketika berhubungan intim. Padahal sebenarnya banyak yang belum diketahui orang awam tentang gaya hidup ini.

Tentunya pembahasan masalah BDSM di Indonesia masih sangat jarang dan bahkan masih tergolong menjadi hal yang tabu. Nah, bila kamu penasaran, berikut Woop sudah merangkum pengertian dan fakta unik dari BDSM!

Apa itu BDSM?

Fakta Unik dari BDSM - Apa itu BDSM?
Fakta Unik dari BDSM - Apa itu BDSM?

Dikutip dari Her Campus, BDSM adalah ragam kegiatan intim yang bervariasi dimulai dari roleplaying, dominansi dan submisif, pengendalian dan sikap seksual lainnya. Karena aktivitas itu terjadi, sering disebut dengan ‘play time’. BDSM merupakan singkatan dari 4 kata yaitu Bondagel & Dicipline, Dominance, Submission, Sadism dan Machosism.

Istilah pertama dari BD yakni bondage dan discipline sendiri yaitu melibatkan aktivitas seperti mengikat dan menahan seseorang (pasangan), terkadang beberapa aturan dan hukuman juga diterapkan. Selanjutnya adalah DS yakni dominance dan submission, hal ini salah satu pihak akan memberikan kesempatan kepada pasangannya untuk mengambil alih peran untuk mendominasi baik secara fisik ataupun emosi. Lalu yang terakhir adalah SM, yakni sadism dan machosism. Situasi ini berhubungan dengan tindakan masokis dan rasa sakit.

Baca Juga: Mau Seks Terasa Nikmat? Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu!

Fakta Unik BDSM

1. Suatu hal yang normal

Fakta Unik dari BDSM - Suatu Hal yang Normal
Fakta Unik dari BDSM - Suatu Hal yang Normal

Banyak yang bertanya-tanya apakah orang yang sering melakukan BDSM adalah orang yang sehat atau enggak. Orang-orang yang melakukan BDSM adalah orang yang mempunyai fantasi yang normal kok. BDSM juga adalah alternatif untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan.

2. Menyenangkan

Fakta Unik dari BDSM - Menyenangkan
Fakta Unik dari BDSM - Menyenangkan

Bila kita menanyakan hal ini kepada orang yang melakukan BDSM, pastinya mereka menjawab ini sangat menyenangkan. Bagi mereka hal ini berbeda dengan hubungan seks yang biasa, karena banyak interaksi dan negosiasi. Hal ini ada ilmunya, jadi sebelumnya perlu banyak membaca referensi.

3. Harus ada kesepakatan dengan pasangan

Fakta Unik dari BDSM - Harus ada kesepakatan dengan pasangan
Fakta Unik dari BDSM - Harus ada kesepakatan dengan pasangan

Dihubungan BDSM ini memang ada satu peran yang lebih dominan, jadi pihak lain yang disebut submisif akan menerima rasa sakit dan nikmat akibat tindakan peran dominan. Jadi sebelumnya, harus ada kesepakatan dengan pasangan karena BDSM bukan ajang untuk melakukan kekerasan yang sebenarnya pada pasangan.

4. Beda realita dengan film

Fakta Unik dari BDSM - Beda realita dengan film
Fakta Unik dari BDSM - Beda realita dengan film

Beberapa film memang membuka mata banyak orang yang awalnya belum paham tentang BDSM, contohnya film Fifty Shades of Grey. Namun bagi para pelaku BDSM, film tersebut bukanlah BDSM yang sebenarnya. Film tersebut terlalu aman dalam menampilkan aksi BDSM, karena yang asli ada lebih banyak koneksi, banyak obrolan dan banyak ritual.

5. Enggak Berbahaya

Fakta Unik dari BDSM - Enggak Berbahaya
Fakta Unik dari BDSM - Enggak Berbahaya

BDSM justru memberikan keselamatan fisik maupun mental. Penjelasan medisnya, hormone endorphin dikeluarkan oleh tubuh saat sedang merasakan sakit, dimana rasa sakit tersebut sering dianggap sebagai rasa bahagia. Otak pun juga bisa mengubah rasa stress dan sakit menjadi rasa bahagia.

Itulah penjelasan tentang pengertian dan beberapa fakta unik mengenai BDSM. Apa pendapat kamu tentang kegiatan hubungan intim ini, Woop Ladies?

Selanjutnya: Kamu tentu tidak mau terjebak dalam sebuah cinta palsu, kan? Caranya, jangan mudah baperan! Lakukan 7 tips ini.