Bagaimana Cara Mengetahui Bahwa Kamu Sedang Jatuh Cinta

Bagaimana Cara Mengetahui Bahwa Kamu Sedang Jatuh Cinta
ISTIMEWA

Nomor 2 sungguh benar.

Kayaknya, sepertinya, rasa-rasanya, kalau tidak salah menebak... kamu sedang jatuh cinta. Dengan seseorang yang selama beberapa bulan belakangan ini menemani nonton film atau mengobrol tentang pekerjaan. Eits, tunggu dulu, bagaimana kamu yakin bahwa itu adalah perasaan cinta, bukan efek samping dari keseringan mengonsumsi paracetamol atau menghirup aromaterapi tiap hari? "Emosimu bisa jadi sesuatu sulit ditafsirkan, dan mencoba untuk mengkategorikan bahwa [perasaan] tersebut adalah jatuh cinta atau hanya sekadar tertarik merupakan sesuatu yang rumit," tulis seorang psikolog sosial, Theresa E. DiDonato, Ph.D di Psychology Today. Jadi, bagaimana tahu bahwa "itu" adalah sesuatu yang nyata? Jika kamu mengalami beberapa tanda di bawah ini, bisa jadi kamu memang sedang mabuk cinta. 

1. Kamu Mendadak Ingin Mencoba Hal Baru

Dari yang enggan masak, tiba-tiba rajin membuka video resep dan mencobanya di dapur. Dari yang anti serial drama Korea, mendadak hapal nama-nama artis Korea. "Orang-orang yang sedang jatuh cinta cenderung memiliki perkembangan minat dan mendiversifikasi konsep diri mereka," tulis DiDonato. 

2. Kamu Merasa Stres 

Tanda yang lain adalah kamu "mengalami peningkatan hormon stres, kortisol," terangnya. Jadi, sesuatu yang normal jika merasa cemas, tegang, deg-degan terutama jika ingin bertemu dengannya, karena kamu ingin memberikan kesan yang terbaik.

3. Kamu Selalu Ingin Berduaan

Penjelasan ilmiahnya adalah sebagai berikut: saat baru jatuh cinta area otak yang kaya akan dopamine (saraf penghubung yang membantu mengontrol sistem penghargaan dan pusat kesenangan di otak) sangat aktif dan butuh dipenuhi. Oleh karena itu, tidak heran jika kamu ingin selalu bertemu. 

4. Kamu Ingin Mengucapkan "Aku Cinta Kamu"

Memang tidak semua orang bisa mengatakan tiga kata hebat ini. Namun, jika merasakan hasrat menggebu-gebu untuk melontarkannya... selamat, kamu sedang jatuh cinta. 

5. Kamu Ingin Mengenalnya Lebih Jauh

HALAMAN
12