Ini Rahasia Cara Tau Karakter Asli Pasangan Kamu

Ini Rahasia Cara Tau Karakter Asli Pasangan Kamu
Karakter pasangan

Lebih baik, ketahui terlebih dahulu karakter asli pasangan kamu sebelum kalian memutuskan untuk menikah.

Let's say, kamu berhasil mendapatkan nilai tinggi setelah mengerjakan Mr & Mrs Quiz dari sebuah media online. Dan saat mengkonfirmasi dengan pasangan, cuma dua yang lupa (eufimisme: tidak tahu), yaitu: siapa nama tengah ibunya dan merek celana dalam favoritnya. Bisa dimaafkan. Pokoknya, kamu luar biasa bangga karena bisa dibilang sangat mengenal dia. Dan gagal menjawab dua pertanyaan tersebut tidak mencerminkan apapun. Intinya, kamu merasa menjadi satu-satunya orang di dunia ini yang mengenal dia sampai lapisan gigi terdalam.

Mengetahui Karakter Asli Pasangan

Mungkinkah Mengenal Karakter Seseorang 100%?

Namun, benarkah kita bisa mengenal karakter seseorang 100%? Ada yang bilang hal itu mustahil (bahkan pasangan yang sudah kita kenal selama beberapa tahun). "Ya itu benar, karena manusia selalu berubah, termasuk karakter seseorang dapat berubah dan bertumbuh," kata Estee Fina Pleyto, M.Psi, Psikolog, seorang Counselor di Klinik Pelangi Kota Wisata Cibubur. "Seorang yang tadinya pemalu, tapi jika secara terus menerus mendapatkan kesempatan dan dukungan untuk tampil dapat tumbuh rasa percaya dirinya. Seorang yang tidak sabar, dapat menjadi orang yang lebih sabar karena pengaruh lingkungan atau karena pertumbuhan imannya. Demikian pula dengan pasangan, yang sehari-hari mengalami berbagai peristiwa hidup dapat berubah. Itulah sebabnya kita tidak pernah bisa mengenal orang 100%," lanjutnya. 

Lebih lanjut Estee menjelaskan bahwa meski mustahil mengenal seorang pasangan sepenuhnya, tapi mengetahui kecenderungan karakter yang dimiliki pasangan merupakan sesuatu yang sangat mungkin karena interaksi yang intens. Kita mampu memprediksi perilaku pasangan karena tahu kecenderungan respon mereka terhadap situasi yang berbeda dan apa yang sedang mereka alami. "Misalnya, kita bisa tahu dengan pasti, bahwa jika suatu saat pasangan menjadi lebih pendiam dan menarik diri, bisa disebabkan karena dia sedang kuatir atau bingung menghadapi masalah saat itu.

Sepenting Apa Mengenali Karakter Pasangan?

Diselingkuhi Pasangan? Jangan Sedih, Ingat 5 Hal Ini - 0
Karakter Pasangan

Kalau dipikir-pikir, karena ternyata mustahil dan sepertinya sulit untuk mengenal pasangan, untuk apa bersusah-susah melakukannya? Sesignifikan apa sih, 'kan yang penting cinta dan rasanya 'dari sekian banyak orang yang sudah kukenal selama ini, dia adalah belahan jiwaku.'

"Sangat penting mengenali karakter pasangan agar kita dapat menyesuaikan diri untuk membantu dan menolongnya bertumbuh,. Bukan sebaliknya, menjatuhkan dan mempersalahkan pasangan terus menerus. Jika tahu pasangan sangat lemah dalam hal mengeksekusi rencana-rencananya, kita dapat mengingatkannya untuk melakukan to do list yang sudah direncanakannya. Tugas kita adalah selalu siap untuk back up pasangan dalam kelemahannya, dan sebaliknya pasangan terhadap kita," tutur Estee. 

Pengenalan siapa diri pasangan juga akan semakin penting saat memiliki anak. Tujuannya, untuk mengurangi dan menghindari terjadinya konflik yang dapat membawa dampak buruk bagi keluarga, terutama anak-anak. Pasalnya, suami istri yang saling mengenal satu sama lain dapat saling melengkapi untuk menghadapi tantangan dalam membesarkan anak. 

Balik lagi ke fakta utama: sangat sulit mengenal seseorang. Terlebih, saat pacaran biasanya, kita ingin menampilkan sisi terbaik dan menjadi 'pacar idaman', 'orang yang paling tenang dan bisa diandalkan.' Ibaratnya, selama berpacaran, kita selalu memakai wig karena takut saat dia tahu bahwa kita memiliki gen botak, hubungan langsung buyar. 

"Benar, sih. Interaksi pada masa pacaran sangatlah minim jika dibandingkan dengan interaksi suami istri dalam kehidupan keluarga dan pernikahan. Pertemuan-pertemuan sesaat dalam masa pacaran, misalnya bertemu di akhir minggu atau di hari-hari libur, biasanya diisi dengan kegiatan yang menyenangkan seperti jalan-jalan atau nonton, dimana kondisi masing-masing sedang prima dan happy. Kita berusaha menampilkan kondisi diri kita dalam keadaan terbaiknya ketika bertemu dengan pacar. Kita masih dapat menahan diri untuk tidak marah atau tetap tersenyum bahkan ketika kita sedang merasa kecewa," papar Estee. Namun, tidak demikian halnya ketika sudah menikah. Kamu dan pasangan bisa bersama terus menerus, 24 jam, dari pagi hingga malam, dalam kondisi sedang up maupun down. Dengan sendirinya, karakter kita pun akan terlihat.  

Mengerikan? Sejujurnya: sangat. Apalagi jika selama masa pacaran, si dia memperlihatkan tingkat kerajinan, keramahan, kesopanan, kesabaran, dan kelembutan tingkat dewa. Namun, saat menikah, jeng-jeng... ternyata adalah jelmaan Dewa Ares. Adakah "ilmu" alis tips untuk mengenal pasangan semaksimal mungkin saat masih pacaran?

Baca juga: Viral Cerita Selingkuh Layangan Putus, Kenali 5 Tanda Kalau Dia Mendua

Yang Harus Dilakukan Untuk Mengenali Karakter Pasangan