Begini Cara Mengukur Tinggi Fundus Uteri

Begini Cara Mengukur Tinggi Fundus Uteri
Menghitung berat janin dalam kandungan

Mama bisa dengan mudah mengetahui cara mengukur tinggi fundus uteri untuk mengetaui berat janin dan perkembangan janin dalam kandungan

WOOP.ID - Tinggi fundus uteri adalah salah satu indikator pada proses kehamilan yang diukur saat kontrol kehamilan yang di lakukan oleh dokter atau bidan.

Pengukuran ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perkiraan ukuran tubuh bayi, kecepatan perkembangan janin, serta posisi janin di dalam rahim saat memasuki trimester kedua kehamilan.  

Pengukuran tinggi fundus uteri (TFU) adalah salah satu metode pengukuran yang biasa dilakukan selama masa kehamilan. Hal ini bertujuan untuk menentukan kesesuaian pertumbuhan janin dengan usia kehamilan.

Pada kondisi normal, ukuran tinggi fundus uteri tidak akan jauh berbeda dari usia kehamilan. Sebagai contoh, pada usia kehamilan 20 minggu, tinggi fundus uteri normalnya berkisar antara 17-23 cm. 

Tinggi Fundus Normal Pada Ibu Hamil Sesuai Dengan Usia Kehamilan

Bila Mama memasuki usia kehamilan 22-28 minggu, maka tinggi fundus normal sesuai kehamilan adalah 24-25 cm. 

Sementara, bila Mama hamil 30 minggu, maka tinggi fundus yang normal adalah 29,5 cm.

Saat hamil 34 minggu, maka tinggi fundus uteri sesuai kehamilan sebesar 31 cm. Pada intinya, peningkatan ideal dari tinggi fundus uteri ini akan tercapai bila berat badan ibu hamil bertambah 0.5 kg per minggu.

Bila kurang dari itu, Mama beresiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. 

Sementara, bila berat badan Mama bertambah lebih dari 0,5 minggu, Mama di khawatirkan mengidap diabetes gestasional, air ketuban terlalu banyak, hingga bayi lahir terlalu besar (makrosomia). 

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fslideplayer.info%2Fslide%2F11963553%2F&psig=AOvVaw3Hx_jXqKaJAmjo9WKqn1A_&ust=1643261997254000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjRxqFwoTCOCtypXazvUCFQAAAAAdAAAAABAD
Tinggi fundus uteri gravidogram enong mardiana

Cara Mengukur Tinggi Fundus Uteri

Seperti yang Mama ketahui, tujuan menghitung tinggi fundus uteri adalah sebagai salah satu indikator untuk menentukan progress pertumbuhan janin dan dapat dijadikan perkiraan usia kehamilan. Dirangkum dari berbagai sumber, terdapat beberapa metode TFU sebagai berikut :

1. Pita Ukur

Pengukuran TFU dengan menggunakan pita ukur ini pertama kali diperkenalkan di Amerika oleh Mc. Donald pada tahun 1906-1910, sehingga dikenal juga dengan sebutan ‘pengukuran Mc. Donald’.