Benarkah Seks Bikin Kamu Lebih ‘Cerdas’?

Benarkah Seks Bikin Kamu Lebih ‘Cerdas’?
Kapan Waktu Terbaik untuk Berhubungan Seks Saat Puasa? - 1
Benarkah Seks Bikin Kamu Lebih ‘Cerdas’?

Penelitian mengatakan kamu bisa meningkatkan ‘kecerdasan’ jika rutin berhubungan seks. Kabar gembira nih buat pasutri.

Kita sudah tahu bahwa hubungan seks berperan besar untuk kesehatan mental dan fisik. Seks bisa mempererat hubungan emosional dengan pasangan, membakar kalori sama seperti kardio, dan meningkatkan performa di kantor.

Kabar gembiranya lagi, sebuah penelitian baru menambahkan satu alasan lagi untuk lebih rajin berhubungan intim dengan pasanganmu. Sedikit menggila di kamar bisa meningkatkan ingatanmu sehingga tidak sering pikun.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Archives of Sexual Behavior ini terinspirasi dari penelitian eksperimental sebelumnya yang memperlihatkan aktivitas seksual meningkatkan memori episodik pada hewan bukan manusia. Untuk menguji teori tersebut, lebih dari 6 ribu orang berusia 50 tahun ke atas diminta menyelesaikan sebuah tes memori dan kuesioner tentang kesehatan dan seberapa sering mereka melakukan seks serta merasakan intim secara emosi.

SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Baca: Seks Rutin Bikin Perempuan Tambah Gemuk? Ini Kata Dokter

Dua tahun kemudian, partisipan yang sama dipersilakan untuk melakukan tes mengingat memori lain. Memang, memori sebagian besar peserta memburuk secara general setelah dua tahun. Akan tetapi, mereka yang dilaporkan melakukan aktivitas seksual lebih sering dan menjalin kedekatan emosional selama berhubungan intim dapat menyelesaikan tes lebih baik.

Kendati sesi-sesi mesra tersebut mempengaruhi memori jangka pendek, seperti yang dilansir oleh Business Insider, studi ini tidak menemukan banyak manfaatnya untuk jangka panjang. Selain itu, ada beberapa hal yang patut diperhitungkan: hasil tes didasarkan atas data laporan pribadi para peserta, tapi seperti yang kita tahu manusia adalah mahluk yang subjektif terutama tentang dirinya sendiri.

Belum lagi, mereka hanya perlu melaporkan tentang seberapa sering melalukan hubungan seks dan intim pada permulaan eksperimen. Ada kemungkinan rutinitas tersebut berubah setelahnya.

Meski demikian, ada pesan moral yang bisa diambil adalah: sama seperti dark chocolate, seks bisa mempertajam ingatanmu. Jadi, tidak ada salahnya untuk meningkatkan hubungan seks dengan pasanganmu, apalagi setelah Lebaran seperti sekarang. Dan jangan lupa, makan dark chocolate biar semakin pintar.

Selanjutnya: selain seks, ini kunci pernikahan bahagia yang perlu kamu teladani jika tidak ingin cerai! Baca di sini ulasannya.