Etiket Kencan Pertama Ini Sudah Kedaluwarsa

Etiket Kencan Pertama Ini Sudah Kedaluwarsa
ISTOCK

Buang jauh-jauh ke laut. Lupakan.

Seandainya kamu butuh diingatkan, sekarang kita berada di tahun 2018—menuju 2019! Sama halnya dengan telepon 3310 dan mobil Timor yang dikenang dengan senyuman dan nostalgia, ada hal-hal yang berhubungan dengan etiket kencan yang sebaiknya ditinggalkan di tahun 90an saja. Bila perlu dibuang; dan sekarang mari memperbaharui diri dengan aturan main baru. 

Dulu: Laki-Laki Wajib Membayar Tagihan

Sekarang: Wajib Tidak Harus Laki-Laki

Tiga puluh tahun yang lalu, begitu selesai makan, mungkin tagihan akan langsung mendarat di depan wajah si pria. Namun, di era modern plus kencan daring dengan hanya bermodalkan awal geser kanan, geser kiri seperti sekarang ini urusan siapa yang membayar sebelum pulang tidak semudah geser kanan, geser kiri. Sebuah penelitian dari tahun 2016  menyebutkan bahwa para perempuan percaya bahwa laki-laki yang membayar tagihan pada kencan pertama = tertarik kepada sang perempuan. Namun,  Wendy L. Patrick, Ph.D., seorang ahli etiket, menuliskan bahwa ekspektasi itu terlalu dini untuk diinterpretasikan untuk kencan pertama, karena "pada dasarnya mereka orang asing." Oleh karena itu, "saat kencan pertama, kedua belah pihak seharusnya pelan-pelan saja untuk memastikan terjadi komunikasi jelas, ekspektasi tidak berlebihan, dan gaya hubungan yang sehat." Dengan kata lain, jangan dibuat susah, pilihannya ada banyak: si pihak yang mengundang dan mengatur pertemuan (entah itu pria atau wanita) yang melunasi, atau bayar masing-masing, atau jika salah satu pihak bersikeras melakukannya—monggo.

Dulu: Jaim 

Sekarang: Jadilah Diri Sendiri

Masih ingat istilah 'jaim'? Yep, sama seperti dengan istilah yang sudah jarang terdengar itu, sekarang ini sudah bukan jamannya lagi untuk pura-pura anggun dan menahan diri untuk memesan makanan kesukaan—maksudnya, burger. Di era online dating seperti ini, kesempatanmu untuk bertemu orang baru terbuka lebih lebar sehingga sangat besar kemungkinan, satu hari, kamu bertemu seseorang yang kamu sukai. Dan menyukaimu apa adanya, termasuk hobimu makan burger dengan tangan. Jadi, tidak perlu diedit atau "dipercantik" dengan sengaja atau berlebihan. 

Dulu: Kabur di Tengah Kencan 

Sekarang: Nikmati!

Pernah memerhatikan toilet di restoran atau kafe? Apakah masih ada jendela? Maksudnya: bahkan ketika kencanmu itu sangat aneh, jauh dari prediksi romantismu, cobalah untuk menikmatinya; jangan sampai pulang hanya membawa rasa kesal! Paling tidak, kamu punya dengan pengalaman seru dan lucu yang bisa diceritakan ke anak, cucu. Oh, sehubungan dengan jendela itu: tidak ada lagi orang yang lari dari kencan pertamanya melalui jendela kamar mandi. Itu metode sudah sangat kedaluwarsa.

HALAMAN
12