Idealnya: Berapa Lama Umur Pacaran Sebelum Akhirnya Menikah?

Idealnya: Berapa Lama Umur Pacaran Sebelum Akhirnya Menikah?
Idealnya: Berapa Lama Umur Pacaran Sebelum Akhirnya Menikah?

Apakah angka berpengaruh? Apakah lama umur pacaran sebelum menikah dapat menyebabkan perceraian?

Sudah... bulan/tahun pacaran, kapan ya, waktunya yang tepat untuk menikah? Setelah mensurvei lebih dari 3000 orang yang sedang menikah atau sebelumnya menikah, para peneliti di Emory University menemukan bahwa pacaran selama satu sampai dua tahun akan mengurangi kemungkinan cerai di masa depan; bahkan sampai 20%. Lebih lama dari itu? Kemungkinan cerai berkurang sampai 50%. Jadi 50-50. 

Akan tetapi, menurut Psychology Today, angka ini tidak berlaku untuk semua orang. Jika satu pasangan bertemu saat berusia 21 tahun, akan berbeda dengan pasangan yang bertemu pada usia 31, atau 41 tahun. Belum lagi, bisa jadi saat bertemu mereka sudah jadi teman, atau belum kenal sama sekali. Alih-alih menjadikan waktu tersebut sebagai penentu, Psychology Today menyarankan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini sebagai pengevaluasi apakah kamu siap menikah:

  • Apakah mau menilai pernikahan sebagai awal dari sebuah hubungan?
  • Pernikahan tidak mengubah hubungan yang tidak sehat dan tidak stabil, menjadi sehat dan stabil. Hubunganmu seharusnya sudah kokoh bahkan sebelum mengucapkan sumpah setia. 
  • Seberapa jauh kamu mengenal pasanganmu? Misalnya, apakah kamu tahu pandangan pacarmu tentang anak, menjadi orangtua atau uang? Topik ini harus dibicarakan sebelum membayangkan pesta pernikahan. 
  • Akan sebahagia apa kamu setelah menikah? Penelitian menyimpulkan bahwa mengharapkan kebahagiaan masa depan merupakan refleksi dari komitmen hubunganmu saat ini.