Kecewa Dengan Pasangan? Ini 5 Cara Mengatasinya Agar Hubungan Membaik

Ini 5 Cara Mengatasinya Kecewa Agar Hubungan Membaik
Cara Mengatasi Kecewa

Cara mengatasi rasa kecewa kepada pasangan bisa dilakukan dengan tidak menaruh ekspektasi yang berlebihan pada pasangan.

Dalam sebuah hubungan, baik dengan diri sendiri maupun dengqn orang lain, tentu kamu mungkin akan mengalami yang namanya kecewa. Kecewa merupakan sebuah perasaan yang biasanya diakibatkan oleh ketidaksesuaian harapan dengan realitas yang ada dan atau terjadi.

Kekecewaan ini terkadang membuat seorang individu merasa tertekan, namun ada pula individu yang merelakan kekecewaan tersebut dengan cara melupakannya.

Dalam sebuah hubungan bersama pasangan, kekecewaan mungkin timbul dengan beberapa faktor penyebab yang berbeda yang masing-masing orang alami. Ada yang diakibatkan oleh faktor yang terbilang cukup serius, ada pula yang kecewa hanya sebatas masalah yang terbilang sepele.

Kekecewaan bila tak diatasi dengan baik tidak menutup kemungkinan akan membuahkan kandasnya suatu hubungan.

Mengusut hal tersebut, berikut adalah 5 tips cara mengatasi rasa kecewa dengan pasangan versi Woop!

5 Tips Atasi Rasa Kecewa Terhadap Pasangan

1. Jangan Tinggalkan Pertemanan

Jangan Putus Hubungan dengan Teman
Jangan Putus Hubungan dengan Teman

Banyak orang yang menjalani sebuah hubungan meninggalkan hubungan pertemanannya demi memfokuskan diri pada satu orang yang dicintainya, namun jelas hal tersebut merupakan hal yang salah untuk dilakukan.

Ketika kamu merasa kecewa dengan pasangan kamu, hal yang mungkin akan kamu lakukan adalah menemui teman kamu dan menceritakan kekecewaan yang kamu rasakan serta meminta saran kepada mereka. Untuk itu, tidak baik ketika kamu meninggalkan teman mu dan kembali padanya di saat kamu sedang kecewa dengan pasangan kamu.

2. Jangan Taruh Kesenangan di Pasangan

Jangan Taruh Kesenangan di Pasangan
Jangan Taruh Kesenangan di Pasangan

Banyak yang berasumsi bahwa menjalani sebuah hubungan dapat membuat kamu jauh lebih bahagia dibandingkan ketika kamu sendiri, namun nyatanya pemikiran tersebut jelas salah.

Kebenarannya, kebahagiaan bukanlah sesuatu yang dapat selalu didapatkan dari orang lain.

Hubungan mungkin bisa membuat kamu bahagia, namun ada baiknya jika kamu tidak mengandalkan pasangan kamu untuk memiliki kewajiban dalam membuat kamu bahagia.

3. Jangan Pandang Negatif Saja

Pandang Sisi Positif
Pandang Sisi Positif

Ketika kamu sedang kecewa dengan pasangan kamu, kamu mungkin cenderung melihat ke sisi negatif dari pasangan kamu, dan hal tersebut jelas salah.

Sebaiknya, kamu melihat sisi positif dari pasangan kamu, tentang hal-hal baik yang telah dilakukan oleh pasangan kamu kepada kamu. Hal tersebut dijamin nggak akan membuat hubungan kamu kandas karena mengingat bahwa setiap manusia memiliki kekurangannya masing-masing.

Baca juga: Banyak Belum Tau, Ini 5 Tanda Pasangan Selingkuh

4. Hindari Pemikiran “Seharusnya”

Ilustrasi Pasangan Berargumentasi
Ilustrasi Pasangan Berargumentasi

Dalam sebuah hubungan, kamu tidak bisa selalu mengandalkan pasangan kamu dengan pemikiran “seharusnya”. Seperti contoh, kamu tidak seharusnya berpikir “seharusnya” pasangan kamu membelikan kamu makanan di saat kamu sedang lapar atau bahkan berpikir bahwa “seharusnya” pasangan kamu membuat kamu bahagia.

Dengan kata lain, kamu seharusnya tidak memiliki harapan yang tinggi kepada pasangan kamu.

5. Buat Lingkungan Komunikasi Tanpa Menghakimi

Ciptakan Lingkungan
Ciptakan Lingkungan "No Judgement"

Komunikasi merupakan sebuah kunci dari hubungan yang sehat. Dengan adanya sebuah komunikasi yang baik, kamu akan terhindar dari toxic relationship yang membawa kamu kepada kekecewaan.

Untuk menghindari kecewa pada pasangan, kamu perlu membentuk sebuah hubungan dengan adanya lingkungan komunikasi tanpa menghakimi. Dengan begitu, kamu dan pasangan kamu akan memahami satu sama lain dan akan terhindar dari kekecewaan tersebut.

Nah, itu lah sejumlah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa kecewa terhadap pasangan kamu. Semoga bermanfaat, ladies!

Selanjutnya: