Ini Dia Fakta Tentang Bridal Shower yang Harus Kamu Ketahui

Ini Dia Fakta Tentang Bridal Shower yang Harus Kamu Ketahui
bridal shower

Sebelum melaksanakan bridal shower untuk sahabat atau orang terkasihmu, ada baiknya mengetahui beberapa faktanya terlebih dahulu.

Bridal shower sudah menjadi salah satu tradisi dibeberapa negara barat seperti Amerika, Kanada dan Australia. Di Indonesia, acara ini mulai marak dilakukan sejak empat tahun terakhir. Seakan menjadi selebrasi wajib yang dilakukan untuk merayakan lepasnya masa lajang seorang perempuan sebelum hari pernikahannya. Perayaan ini biasanya menjadi salah satu rangkaian acara yang digelar menjelang pernikahan dan biasa dilakukan empat hingga dua minggu sebelum pernikahan berlangsung.

Namun ternyata ada beberapa fakta yang mungkin belum kamu ketahui tentang perayaan bridal shower. Apa saja?

Sejarah bridal shower

Bridal shower di negara barat
Bridal shower di negara barat

Awal mula bridal shower berasal dari seorang pemuda baik hati yang jatuh cinta dengan seorang gadis kaya raya. Sayangnya, pemuda baik hati ini berasal dari keluarga miskin yang tidak punya biaya untuk meminang gadis impannya. Sang ayah dari gadis pun menolak. Melihat kesedihan sang pemuda, teman-teman dan seluruh warga desa mengumpulkan uang dan barang agar ia bisa meminang gadis pujaannya. Lamaran pun diterima oleh sang ayah hingga akhirnya mereka bisa menikah.

Seiring berjalannya waktu, tradisi bridal shower berkembang dan mengalami perubahan, menyesuaikan budaya dari negara yang mengadaptasinya. Namun satu yang pasti adalah acara yang diterjemahkan sebagai “siraman pengantin”, ini adalah perayaan untuk calon pengantin perempuan saja. Acara ini biasanya akan digelar oleh teman-teman perempuan atau dapat disebut mereka yang menjadi bridesmaids.

Baca: Rekomendasi Souvenir Pernikahan yang Unik dan Antimainstream

Tidak Ada Tamu Pria

Salah satu contoh bridal shower di negara barat
Salah satu contoh bridal shower di negara barat

Dalam acara bridal shower, baik di negara barat maupun di Indonesia hanya dikhususkan untuk calon pengantin perempuan. Namun saat ini banyak acara bridal shower yang memunculkan calon pengantin pria di akhir pesta dan membawa sedikit kejutan atau justru malah ikut merayakan acara tersebut bersama-sama.

Pemberian Hadiah

Di negara barat, bridal shower manjadi ajang dimana calon pengantin wanita ‘dimandikan’ dengan hadiah-hadiah dari para teman-teman perempuannya. Hadiah tersebut biasanya berupa peralatan rumah tangga atau kebutuhan calon pengantin.

Salah satu contoh bridal shower di Indonesia
Salah satu contoh bridal shower di Indonesia

Berbeda dengan bridal shower di Indonesia, biasanya hanya dilakukan untuk berkumpul-kumpul dan mengakrabkan diri sehingga acara pemberian hadiah tidak menjadi agenda utama. Bahkan tidak sedikit mereka yang ‘mengerjai’ calon pengantin perempuan dengan dandanan aneh dan challange yang sudah dibuat oleh para bridesmaids.

Selanjutnya: Woop punya rekomendasi toner terbaik untuk berbagai jenis kulit wajah. Apa saja? Cari tahu jawabannya di sini.

Loading Facebook Comment ...