Inilah Perbedaan Tunangan dan Lamaran yang Perlu Diketahui Calon Pengantin

Inilah Perbedaan Tunangan dan Lamaran yang Perlu Diketahui
Perbedaan Tunangan dan Lamaran

Kamu berencana serius dengan pasanganmu? Ketahui dulu apa perbedaan tunangan dan lamaran.

Sebelum melangsungkan acara pernikahan, biasanya dilakukan dahulu acara pertunangan atau pun lamaran. Namun, walaupun serupa, ternyata tunangan dan lamaran itu punya makna yang berbeda lho.

Banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami apa perbedaan dari tunangan dengan lamaran. Kali ini Woop akan menjelaskan apa perbedaan tunangan dan lamaran. Jadi yang buat yang lagi merencanakan pernikahan, wajib banget nih baca tulisan yang satu ini.

Perbedaan Tunangan dan Lamaran

Tunangan

Tunangan
Tunangan

Tunangan atau bertunangan adalah bersepakat menjadi suami istri, yang biasanya dilakukan di depan orang banyak. Hal ini bisa dilakukan hanya berdua dengan pasanganmu atau disaksikan oleh beberapa kerabat dan keluarga.

Tunangan juga biasa diartikan meningkatnya status dari pacaran menjadi lebih serius. Biasanya di dalam tunangan dilakukan penyematan cincin dari pihak lelaki ke pihak perempuan.

Walaupun ada yang berpendapat bahwa prosesi lamaran tingkatannya lebih tinggi ikatannya dan lebih serius ketimbang tunangan, tapi ada juga yang berpendapat sebaliknya. Tunangan yang diartikan sebagai sepakat sebagai suami istri justru dilakukan mendekati hari pernikahan.

Baca Juga: Rekomendasi Harga Gedung Pernikahan Dari yang Termurah Hingga Termahal

Lamaran

Lamaran
Lamaran

Dari katanya saja bisa kita simpulkan bahwa lamaran atau melamar adalah menanyakan kesediaan sang wanita untuk menjadi pasangan hidup sang pria. Biasanya prosesi lamaran dilakukan dengan mempertemukan keluarga inti dari masing-masing mempelai.

Di Indonesia sendiri, prosesi lamaran begitu rumit dan kebanyakan menggunakan adat istiadat yang begitun sakral. Nggak jarang juga pemuka agama dan pemuka adat hadir pada prosesi ini, makanya banyak yang menyebutkan bahwa lamaran lebih kuat ikatannya ketimbang tunangan.

Apa lagi, biasanya di prosesi lamaran, mempelai pria akan membawa syarat, seperti cincin pernikahan dan seserahan. Namun ada yang berpendapat sebaliknya, menurut beberapa orang, lamaran hanyalah prosesi dimana masih menanyakan keseriusan pihak wanitanya saja.

Kesimpulan

Nah, itulah perbedaan tunangan dan lamaran. Jika ditelaah dari makna katanya sih memang benar lebih tinggi ikatan tunangan dengan lamaran, karena lamaran ditujukan untuk meminta restu dan keseriusan pihak perempuan, sedangkan tunangan adalah lebih kepada mengikat.

Namun, tentu semua kembali lagi ke pihak masing-masing, apa lagi di Indonesia memiliki hukum adat yang kental. Banyak adat yang melewati prosesi tunangan, jadi dari lamaran langsung ke pernikahan.

Yang terpenting, semua renacana pernikahan berjalan selancar mungkin. Atau mungkin, kamu bisa menggabungkan antara prosesi lamaran dengan tunangan. Ya, kan?

Selanjutnya: Selain baik untuk menurunkan berat badan, ternyata yogurt juga memiliki banyak manfaat lainnya lho!

Loading Facebook Comment ...