Jika Kamu Merasakan Ini, Bisa Jadi Sudah Tidak Cinta Lagi

Jika Kamu Merasakan Ini, Bisa Jadi Sudah Tidak Cinta Lagi
ISTOCK

Kenali tanda-tandanya.

Apakah cinta memiliki tanggal kedaluwarsa? Sebuah penelitian di tahun 2007 menyimpulkan pasangan merasakan masa-masa paling bahagia pada tiga tahun pertama sebuah hubungan baru. Alias, "honeymoon effect". Bahagia dari sisi fisik dan mental, tapi kemudian berkurang seiring berjalannya waktu. Meskipun tetap saja kasusnya tidak sama untuk setiap pasangan. "Beberapa pasangan malah memperdalam dan hubungan mereka tambah baik dengan berlalunya wakta, sementara pasangan lain sama sekali tidak memiliki fase bulan madu, [mereka] sudah mengalami kesulitan sejak memulai pernikahan," jelas Kelly Musick, salah satu ilmuwan di balik penelitian itu. 

Sebuah hubungan naik turun—nenek bilang harus dipupuk dan dijaga. Namun, ada saja situasi dimana sebuah hubungan memang harus berakhir. Misalnya, karena sudah tidak memiliki perasaan apapun lagi, alias cinta sudah basi. Apa gejalanya? Sebuah diskusi dengan judul 'Apa tanda-tandanya kamu sudah tidak cinta lagi dengan seseorang" di Quora menelaah ciri-ciri yang bisa dideteksi saat kamu mengalami dan merasakan hal ini. Berikut di antaranya. 

1. Rasa cintamu berubah menjadi benci. Contoh paling nyata misalnya seperti yang dituliskan oleh Keith Albert (memproklamirkan sebagai ahli kencan daring): "Ketika kamu berbaring di tempat tidur, mendengarkan nafas mereka, kamu berharap hal itu berhenti." Contoh lain: kebiasaan yang dulunya dianggap lucu, sekarang dikritisi dan jadi bahan cemooh. 

2. Rasanya berbeda. "Ketika energi, antusiasme, dan semangat yang dulunya selalu ada di dalam hidupmu ketika bersama dia tiba-tiba hilang, bisa dipastikan kamu tidak mencintai orang itu lagi, atau kemungkinan besar kamu tidak pernah mencintainya," ujar pemilik akun Erik Erickson.

3. Tidak tertarik sama sekal dan tidak merasakan respek apapun. "Kamu berhenti mendengarkan ketika mereka menceritakan sesuatu dan pikiranmu melanglang buana. Kamu berharap mereka berhenti berbicara," tulis pemilik akun Senthamizh Selven.

4. Tidak ingin bersentuhan atau berhubungan secara fisik. "Pikiran bahwa dia akan menyentuh saya membuat saya merinding," kata pemilik akun Severina Sommers. 

5. Tidak memikirkan, tidak peduli, tidak ingin bertemu, dan meminimalisir frekuensi pertemuan. Tidak ingin menghabiskan waktu bersama mereka, dan lebih memilih nongkrong dengan teman atau sendirian di rumah. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com