Kenapa Perempuan Jadi Malas Bercinta Setelah Melahirkan?

Kenapa Perempuan Jadi Malas Bercinta Setelah Melahirkan?
iStock
Kenapa Perempuan Jadi Malas Bercinta Setelah Melahirkan?

Apa kamu salah satunya? Kamu pun mungkin bertanya-tanya kenapa jadi malas bercinta pascalahiran ya? 

Kamu tidak sendiri. Sejumlah perempuan mengaku malas berhubungan seks dengan suami setelah melahirkan terutama ketika baru punya anak pertama. Entah apa alasannya, sebagian perempuan menjadi kurang bergairah pascamelahirkan.

img

Kamna Chhibber selaku Head (Mental Health) dari Department of Mental Health and Behavioural Sciences di Fortis Healthcare, India, mencoba menjawabnya. Secara alamiah, ada banyak perubahan dalam kehidupan seorang perempuan setelah melahirkan. Muncul peran dan tanggung jawab tambahan, proses mengurus anak yang menghabiskan waktu, serta tetap mengerjakan tugas di rumah.

Secara bersamaan, semua perempuan mengalami perubahan substantif dalam tubuh mereka. Ini yang membuat mereka merasa berbeda tentang dirinya sendiri. Kombinasi ini sering memengaruhi keintiman dengan pasangan.

Meski demikian, penting untuk mengetahui dan memahami dorongan biologis yang terus ada meskipun perempuan mengabaikannya selama beberapa periode setelah melahirkan.

Untuk kembali bergairah dan tak malas bercinta, coba beri dirimu waktu dan temukan me time yang harus dilakukan buat diri sendiri agar merasa nyaman. Hal-hal yang dilakukan harus membuatmu bisa beristirahat dan bersantai.

“Pemulihan semacam rutinitas serta waktu untuk diri sendiri perlu dilakukan. Ini kemungkinan akan membantumu mengalami perubahan akan kebutuhan serta keintiman. Selain itu, kamu juga dapat mempertimbangkan bertemu terapis atau ahli yang akan dapat memberikan dukungan dan masukan untuk membantu kalian berdua melalui fase yang sulit ini,” saran Kamna.

Untuk itu, para suami juga harus membantu sang istri ‘bangkit’ dari beban anak dan rumah tangga yang harus dipikulnya. Jangan menganggap anak dan rumah menjadi tugas wajib istri. Kini zaman sudah modern maka segala jenis tugas rumah tangga termasuk anak merupakan kewajiban kedua belah pihak. 

Selanjutnya: apa benar sering berhubungan seks bisa membuat payudara menjadi lebih besar? Cari tahu jawabannya di sini