Ketika Kamu Suka, Tapi Dia Hanya Ingin Jadi Teman Biasa

Ketika Kamu Suka, Tapi Dia Hanya Ingin Jadi Teman Biasa
ISTOCK

Apa yang harus dilakukan? 

“Baru ku sadari.. cintaku bertepuk sebelah tangan..”

Penggalan lirik Dewa 19 di atas memang sangat menyedihkan. Tidak ada yang mau saat cintanya harus bertepuk sebelah tangan, apalagi dengan orang yang benar-benar dicintainya. Sedih, kecewa, marah, bercampur jadi satu. Namun, (tanpa cinta darinya) hidupmu harus terus berjalan. Bagaimana cara mengatasi dan menghadapi rasa sakitnya?

“Manusia dalam kehidupannya membutuhkan relasi dengan orang lain, baik itu relasi dengan keluarga, teman, kolega, pasangan dan masih banyak lagi. Perasaan sayang dan cinta merupakan anugrah dari Tuhan yang akan mengisi relasi tersebut. Setiap orang bisa merasakan dan memberikan cinta, namun cinta yang kita rasakan untuk orang lain tidak bisa dipaksakan. Oleh karena itu, sangat mungkin seseorang mencintai orang lain, tapi orang yang dicintainya tidak merasakan hal yang sama. Inilah yang sering disebut dengan cinta bertepuk sebelah tangan,” ujar seorang psikolog klinis dewasa, Rena Masri, M. Psi, Psikolog., dari Q Consulting dan juga pendiri Cinta Setara.

Sangat sakit dan hancur saat cinta kita tak terbalaskan. Seolah sedang merasakan cinta itu memang buta, kita tidak disadarkan bahwa sebenarnya kebaikan dia kepada kita hanya sebuah kebaikan kepada teman, bukan kepada orang yang dicintai atau disayanginya.

“Terkadang sebagian orang tidak menyadari bahwa sesungguhnya cintanya bertepuk sebelah tangan. Untuk melihat hal apakah cintamu bertepuk sebelah tangan atau tidak, kamu harus mengamatinya dengan ciri-ciri yang (sebenarnya) dia berikan,” ujarnya. Sebagai berikut:

  1. Tidak segera memberikan respon saat kamu menghubunginya

  2. Menghindari pertemuan denganmu dengan berbagai alasan

  3. Tidak memberikan waktu khusus untuk dirimu

  4. Menjawab seperlunya saat diajak berbicara ataupun saat chatting

  5. Tidak jujur dan tidak mau terbuka

HALAMAN
123