Makanan Terbaik untuk Seks yang Lebih Baik

Makanan Terbaik untuk Seks yang Lebih Baik
Makanan Terbaik untuk Seks yang Lebih Baik

Makanan yang dapat membantu meningkatkan sex drive sering disebut sebagai aphrodisiac food,” kata dr. Arti Indira, MGizi., Sp.GK.

Minggu depan kamu merencanakan menu makan malam di rumah—atau memesan makanan di resto, pastikan memikirkan makanan ini. Tepatnya, makanan yang membuatmu "tergoda" dan langsung ingin "menerkamnya" (lagi) saat melihat suami. Dengan kata lain, makanan yang menggiatkan kehidupan seks pernikahanmu yang sudah lama berada di garis datar. 

“Makanan yang dapat membantu meningkatkan sex drive sering disebut sebagai aphrodisiac food,” kata dr. Arti Indira, MGizi., Sp.GK., seorang dokter gizi dari Beyoutiful Clinic, Jakarta. Lanjutnya, “selain meningkatkan nafsu seks, juga bisa meningkatkan kenikmatan dan juga performa. Makanan aphrodisiac memiliki daftar panjang, tapi tidak semua bahan makanan tersebut didukung oleh penelitian ilmiah. Beberapa obat seperti opiod, anti psikosis, obat kanker dan beta bloker dapat secara langsung menurunkan sex drive dan kondisi kesehatan juga mempengaruhi sex drive, seperti depresi, hormon imbalance, arthritis dan penuaan. Namun, memang benar terdapat makanan yang dapat membantu meningkatan sex drive.”

Yeay. Sekali lagi: yeeeaay! 

Bagaimana ceritanya makanan bisa mempengaruhi kehidupan seks? Prinsipnya begini:

1. Lemak, yakni lemak "baik", seperti asam lemak esensial, omega-3 yang berasal dari ikan berlemak, telur, kacang-kacangan, biji-bijian seperti flaxseed dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi, mendukung transmisi saraf dan kesehatan hormon. 

2. Serat, dari daun hijau dan sayuran dapat mengakibatkan kondisi basa (alkali) dalam tubuh sehingga menurunkan inflamasi. FYI, inflamasi pada tubuh bisa menurunkan libido. 

3. Beberapa nutrisi tertentu, seperti zinc dapat meningkatkan kualitas sperma sehingga fertilitas pada  laki-laki menjadi lebih baik.

4. Vitamin tertentu, seperti Vitamin B (daging babi, ayam, roti, gandum, telur) dapat meningkatkan mood, energi, mendukung kelenjar adrenal yang memproduksi bermacam hormon, menurunkan stres dan meningkatkan mood. Atau makanan yang tinggi vitamin C, seperti berries dan sayuran hijau (kale dan brokoli), bayam dan beberapa biji-bijian seperti chickpeas dan pine nuts, serta daging merah, dapat memperlancar aliran darah. Atau, makanan mengandung vitamin D meningkatkan stimulasi hormon. Dan harus diingat bahwa, "defisiensi vitamin D menurunkan produksi hormon seks, seperti estrogen untuk perempuan dan testosteron pada laki-laki yang akhirnay dapat mempengaruhi mood, nafsu seksual, dan performa."

5. Antioksidan, fungsinya adalah untuk melindungi sperma dan kerusakan. Conothnya, Spirulina (yang terbuat dari blue-green algae) dapat melindungi sperma dan testis dari efek kerusakan akibat keracunan merkuri

Jadi, apa makanan aphrodisiac yang sudah diuji di laboratorium? Berikut beberapa makanan aphrodisiac yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan performa seks:

  • MACA