Makanan Terbaik untuk Seks yang Lebih Baik

Makanan Terbaik untuk Seks yang Lebih Baik
Makanan Terbaik untuk Seks yang Lebih Baik

Makanan yang dapat membantu meningkatkan sex drive sering disebut sebagai aphrodisiac food,” kata dr. Arti Indira, MGizi., Sp.GK.

Minggu depan kamu merencanakan menu makan malam di rumah—atau memesan makanan di resto, pastikan memikirkan makanan ini. Tepatnya, makanan yang membuatmu "tergoda" dan langsung ingin "menerkamnya" (lagi) saat melihat suami. Dengan kata lain, makanan yang menggiatkan kehidupan seks pernikahanmu yang sudah lama berada di garis datar. 

“Makanan yang dapat membantu meningkatkan sex drive sering disebut sebagai aphrodisiac food,” kata dr. Arti Indira, MGizi., Sp.GK., seorang dokter gizi dari Beyoutiful Clinic, Jakarta. Lanjutnya, “selain meningkatkan nafsu seks, juga bisa meningkatkan kenikmatan dan juga performa. Makanan aphrodisiac memiliki daftar panjang, tapi tidak semua bahan makanan tersebut didukung oleh penelitian ilmiah. Beberapa obat seperti opiod, anti psikosis, obat kanker dan beta bloker dapat secara langsung menurunkan sex drive dan kondisi kesehatan juga mempengaruhi sex drive, seperti depresi, hormon imbalance, arthritis dan penuaan. Namun, memang benar terdapat makanan yang dapat membantu meningkatan sex drive.”

Yeay. Sekali lagi: yeeeaay! 

Bagaimana ceritanya makanan bisa mempengaruhi kehidupan seks? Prinsipnya begini:

1. Lemak, yakni lemak "baik", seperti asam lemak esensial, omega-3 yang berasal dari ikan berlemak, telur, kacang-kacangan, biji-bijian seperti flaxseed dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi, mendukung transmisi saraf dan kesehatan hormon. 

2. Serat, dari daun hijau dan sayuran dapat mengakibatkan kondisi basa (alkali) dalam tubuh sehingga menurunkan inflamasi. FYI, inflamasi pada tubuh bisa menurunkan libido. 

3. Beberapa nutrisi tertentu, seperti zinc dapat meningkatkan kualitas sperma sehingga fertilitas pada  laki-laki menjadi lebih baik.

4. Vitamin tertentu, seperti Vitamin B (daging babi, ayam, roti, gandum, telur) dapat meningkatkan mood, energi, mendukung kelenjar adrenal yang memproduksi bermacam hormon, menurunkan stres dan meningkatkan mood. Atau makanan yang tinggi vitamin C, seperti berries dan sayuran hijau (kale dan brokoli), bayam dan beberapa biji-bijian seperti chickpeas dan pine nuts, serta daging merah, dapat memperlancar aliran darah. Atau, makanan mengandung vitamin D meningkatkan stimulasi hormon. Dan harus diingat bahwa, "defisiensi vitamin D menurunkan produksi hormon seks, seperti estrogen untuk perempuan dan testosteron pada laki-laki yang akhirnay dapat mempengaruhi mood, nafsu seksual, dan performa."

5. Antioksidan, fungsinya adalah untuk melindungi sperma dan kerusakan. Conothnya, Spirulina (yang terbuat dari blue-green algae) dapat melindungi sperma dan testis dari efek kerusakan akibat keracunan merkuri

Jadi, apa makanan aphrodisiac yang sudah diuji di laboratorium? Berikut beberapa makanan aphrodisiac yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan performa seks:

  • MACA

Maca (bukan matcha, ya) adalah tanaman rimpang mirip bengkoang, yang punya nama latin, lepidium menyeni. Habitat asli dari maca adalah pegunungan Andes di Peru, Amerika Selatan. Umumnya akar maca dikeringkan dan dikonsumsi dalam bentuk bubuk, tapi ada juga yang dikemas dalam bentuk kapsul dan bentuk minuman cair. Di Amerika Selatan, maca sering disebut sebagai peruvian viagra, karena digunakan untuk meningkatkan fertilitas. Pada penelitian hewan, maca diketahui dapat meningkatkan libido dan fungsi erektil. Begitu juga pada penelitian pada manusia ditemukan bahwa asupan maca dapat meningkatkan gairah seksual. Pada penelitian lainnya didapatkan efek maca dapat menurunkan kehilangan libido akibat konsumsi obat anti depresi. Penelitian-penelitian tersebut merekomendasikan dosis 1,5 sampai 3,5 gram maca perhari selama 2 sampai 12 minggu. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai dosis aman dan efek jangka panjang.

  • TRIBULUS 

Tribulus terrestris dikenal juga sebagai bindi, merupakan tanaman berbunga dalam keluarga Zygophyllaccae. Sering digunakan untuk meningkatkan performa atlit, infertilitas dan kehilangan libido. Penelitian pada hewan coba membuktikan suplemen tribulus dapat meningkatkan produksi sperma pada tikus. Penelitian pada manusia menunjukkan 88% perempuan dengan disfungsi seksual setelah mengonsumsi 250mg tribulus setiap hari selama 90 hari akan mengalami peningkatan kepuasan seksual. Penelitian lain mendapatkan hasil efek dari ekstrak tribulus 7,5 mg per hari yang diberikan pada perempuan dengan disfungsi seksual, setelah 4 minggu ternyata didapatkan peningkatan nafsu, lubrikasi dan kepuasan orgasme. Namun, efek tribulus pada pria masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

  • GINGKO BILOBA 

Gingko biloba adalah suplemen herbal yang berasal dari spesies tanaman tertua yaitu tanaman Gingko biloba. Gingko biloba dikatakan sebagai tanaman aphrodisiac, karena membantu merelaksasi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Namun, hasil penelitian mengenai Gingko biloba belum mendapatkan bukti yang pasti. Sebuah penelitian melaporkan gingko biloba meningkatkan libido yang turun akibat obat antidepresi pada 84% subjek penelitian setelah diberikan suplementasi gingko biloba sebanyak 60 - 120 mg per hari dan efek ini lebih tinggi terlihat pada perempuan. Namun, pada penelitian lanjutan ternyata tidak didapatkan perbaikan pada libido untuk subjek penelitian yang mengonsumsi gingko biloba. Herbal ini bekerja seperti pengencer darah, sehingga seseorang yang rutin minum obat pengencer darah, sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter sebelum mengonsumsi gingko biloba.

  • GINSENG MERAH

Ginseng merah merupakan salah satu herbal dalam pengobatan Cina. Beberapa penelitian membuktikan bahwa ginseng merah memiliki kekuatan dua kali lipat untuk meningkatkan fungsi ereksi daripada placebo. Pada perempuan menopause ditemukan bahwa ginseng merah juga dapat meningkatkan nafsu seksual. Pada penelitian tersebut, ginseng merah yang diberikan sebanyak 1,4 sampai 3 gram per hari selama 4-12 minggu. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efek samping dan dosis ginseng merah.

  • FENUGREEK 

Fenugreek merupakan tanaman yang banyak terdapat di Asia Selatan dan digunakan untuk memasak, tapi popular juga pada sistem pengobatan Ayurvedic sebagai anti inflamasi, dan terapi peningkatan libido. Herbal ini mengandung bahan yang dapat digunakan tubuh untuk membentuk hormon seks seperti estrogen dan testosteron. Pada sebuah penelitian, pemberian fenugreek 600 mg per hari untuk perempuan dengan nafsu seks rendah terjadi peningkatan nafsu seks dan kepuasan setelah pemberian selama delapan minggu. Pada umumnya, fenugreek  aman dikonsumsi, tapi dapat berinteraksi dengan obat pengencar darah dan juga mempengaruhi pengobatan kanker yang sensitif terhadap hormon. 

  • KACANG PISTACHIO

Pistachio memiliki kandungan protein, serat dan lemak “baik” yang tinggi. Keuntungan mengonsumsi pistachio adalah menurunkan tekanan darah, mengontrol berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu juga bermanfaat menurunkan disfungsi ereksi. Pada sebuah penelitian menunjukkan laki-laki yang mengonsumsi 100 gram pistachio per hari selama tiga minggu mendapatkan efek peningkatan aliran darah ke penis dan menguatkan ereksi. Efek ini terjadi karena kemampuan pistachio meningkatkan aliran darah dan menurunkan kolesterol darah. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan karena belum mendapatkan hasil yang konklusif.

  • SAFFRON

Saffron adalah rempah yang berasal dari bunga crocus sativus, biasanya terdapat di Asia Barat dan sangat mahal. Rempah ini sering digunakan untuk mengobati depresi, menurunkan stres dan meningkatkan mood. Saffron juga terkenal sebagai aphrodisiac terutama pada orang yang meminum obat anti-depresan. Sebuah penelitian menunjukkan laki-laki yang diberikan saffron sebanyak 30 mg per hari selama empat minggu mengalami peningkatan fungsi ereksi. Sedangkan pada perempuan didapatkan peningkatan nafsu seksual dan lubrikasi. Namun, penelitian saffron pada orang yang tidak minum obat anti-depresi menunjukkan hasil yang berbeda.

Panjang ya, penjelasannya.

“Selain itu, ada makanan lain yang dikenal sebagai aphrodisiac tapi belum terbukti secara ilmiah, seperti cokelat, oyster, chasteberry, madu, epimedium, cabai, dan alkohol,” ungkap Arti.

Dari penjelasan di atas, berulang disebut perempuan dan laki-laki. Apakah ada hal berbeda untuk jenis makanan yang harus dikonsumsi, gizi, kalori antara laki-laki dan perempuan?

“Tidak ada," tegasnya. Oh, oh, untuk kalori, "diberikan sesuai dengan kebutuhan tubuh,” tukas Dokter Arti. 

Selain makanan, Dokter Arti juga menyarankan untuk memperhatikan beberapa faktor ini agar kehidupan seksmu tetap baik. 

  • Pastikan aktif secara fisik dan berolahraga. 

  • Manajemen stres itu penting.

  • Tidur yang cukup.

  • Tidak merokok. 

  • Jika mengonsumsi obat-obat secara rutin, berkonsultasilah terlebih dulu ke dokter sebelum menggunakan makanan aphrodisiac. 

Selanjutnya: Jika pertanyaannya adalah "mana yang lebih sehat seks atau kardio"—kira-kira apa jawabanmu? Para ahli menuturkan pendapat mereka di sini

Loading Facebook Comment ...