Apakah Harus Memberitahu Pasangan Jika Kamu Selingkuh?

Apakah Harus Memberitahu Pasangan Jika Kamu Selingkuh?
ISTOCK

Apakah diam adalah emas? Atau haruskah beritahu pasangan agar semua bisa kembali baik?

Peringatan: kamu mungkin akan berdebat dengan teman, pasangan, rekan kerja—atau diri sendiri (karena tidak punya teman dan tetangga) setelah membaca ini. 

Ternyata tidak semua orang menyarankan untuk langsung jujur kepada pasangan ketika kamu berselingkuh. Paling tidak menurut seorang konselor pernikahan dan terapis seks asal New York, Megan Fleming. Kata beliau, menumpahkan rahasiamu kepada pasangan dengan harapan otomatis akan mengurangi rasa bersalah yang menggerogotimu adalah tindakan yang cukup egois. 

iStock
iStock

"Kamu yang diliputi rasa bersalah, dan jika [perselingkuhan] sudah berakhir, seharusnya kamu tidak perlu membebani pasanganmu," katanya kepada Refinery29.

Jadi apa yang harus kamu lakukan? Dengan asumsi bahwa hubungan gelap itu sudah tamat dan kamu ingin menyelamatkan hubunganmu dengan pasangan yang resmi, Fleming menyarankan untuk menggunakan masa krisis tersebut untuk merefleksikan, mengevaluasi mengapa perselingkuhan itu terjadi dan mencari tahu masalah apa yang ada di dalam hubunganmu (tanyakan pada diri sendiri apakah mungkin karena selama ini kebutuhan emosional dan fisikmu terpenuhi?). Lalu, pakai hasil evaluasi tersebut (jika memungkinkan) untuk memperbaiki hubunganmu. 

ISTOCK
ISTOCK

Fleming juga menyarankan untuk berkonsultasi dengan terapis—sendirian tanpa pasangan. Menurutnya, seorang terapis akan membantumu menyadari kebutuhan apa saja yang tidak bisa kamu dapatkan dari hubungan dan bagaimana cara mengutarakannya kepada pasangan dengan metode yang sehat. Pada akhirnya, jika kamu dan pasangan masih tetap ingin bersama dan memperjuangkan hubungan, kalian berdua bisa melakukan terapi pasangan. 

Oh, kapan kamu harus jujur dengan pasangan? Kejujuran adalah langkah terbaik jika sebuah perselingkuhan sudah berlangsung lama, atau pasanganmu mencium sesuatu. 

Jadi, apa pendapatmu, harus jujur atau...? Silakan diperdebatkan. Namun, well, menceritakan sebuah rahasia kepada orang lain ternyata memang membuat si penerima berita tertekan—bahkan ketika kamu menumpahkannya kepada teman baik. Percaya atau tidak, mereka akan merasakan ini. Dan jika posisi di balik, si dia yang berselingkuh, seorang pesikolog menyarankan melakukan hal ini