Para Ilmuwan Menjawab: Ini Cara Memelihara Hubungan agar Langgeng

Ilmuwan Menjawab: Ini Cara Memelihara Hubungan agar Langgeng
ISTOCK

Cara menjaga hubungan tetap langgeng dan bertahan lama ternyata cukup mudah, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa yang membuat sebuah hubungan langgeng dan bertahan? Mari bertanya kepada para ahli yang menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menjawab dan mencari rumus: X + Y + Z = hubungan awet dan bahagia. 

MINIMALISASI POSTING

Yeah, yeah, kita tahu betapa bahagia dan romantisnya kalian berdua. Dan kamu ingin 1023 pengikutmu memberikan tanda "cinta" atas foto-foto kalian. Namun menurut para peneliti dari Haverford College, semakin seseorang merasa tidak aman atas hubungannya semakin sering mereka memposting di media sosial untuk mendapatkan validasi. Hey, ini bukan Woop yang bilang, ya!

BAGI-BAGI TUGAS

Seharusnya sih, setiap pasangan sadar tentang betapa pentingnya bagi-bagi tanggung jawab. Mulai dari siapa yang bertugas mengantar anak ke sekolah besok sampai siapa yang mencuci piring malam ini. Poling dari Pew Research menunjukkan bahwa berbagi tugas rumah tangga berada pada posisi ketiga dalam daftar sembilan isu yang menentukan kelanggengan pernikahan (urutan pertama kesetiaan, kedua hubungan seks yang bagus). 

COBA HAL-HAL BARU

Jika selama ini rutinitas akhir pekanmu dengan pasangan selalu mengunjungi mal di dekat kompleks rumah, coba lakukan sesuatu hal yang baru. Studi memperlihatkan bahwa para pasangan yang mencoba hal-hal baru bersama-sama lebih bahagia. Ini karena pengalaman-pengalaman ini mengaktifkan sistem penghargaan di dalam otak, membuatnya dipenuhi dengan senyawa kimia baik seperti dopamine dan norepinephrine. Jadi, minggu ini coba paralayang, ya? 

JADILAH PENDUKUNG UTAMA PASANGANMU

Pasanganmu: "Sayang, aku naek jabatan."

Kamu: (fokus pada layar ponsel) "Oh."

Coba letakkan ponselmu dan dengarkan: studi yang dipublikasikan The Journal of Personality and Social Psychology menyimpulkan bahwa respon seseorang terhadap berita baik pasangannya—entah itu dengan "yeay" atau "oh"— merupakan faktor vital langgengnya sebuah hubungan. Beritanya tidak perlu heboh lho, yang kecil pun (misalnya menang lomba makan mie) layak mendapatkan toss! 

BERHUBUNGAN SEKS SEKALI SEMINGGU

Tahukah kamu bahwa berhubungan seks sekali seminggu, selain membuat pasangan lebih bahagia, juga meningkatkan kemungkinan naik gaji? Begitu kata studi dari Dartmouth College and the University of Warwick di Inggris.

UCAPKAN TERIMAKASIH

Periode bulan madu: apapun yang dilakukan pasangan, kita selalu bilang terimakasih dan tersenyum bahagia. Lima tahun kemudian? Boro-boro, membalas dengan anggukan kepala saja sudah syukur! Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Personal Relationships menemukan bahwa rasa terima kasih merupakan kunci sebuah hubungan yang sehat dan sukses. Bahkan, para peneliti ini menyimpulkan bahwa tindakan sesederhana mengucapkan "makasih, ya" kepada pasangan secara teratur bisa memperkuat hubungan dan mencegah perceraian. 

DAN... JAUHKAN DIRI DARI PONSEL

Hasil dari sebuah studi di Brigham Young University: pasangan yang meminta maaf atau mencoba meluruskan permasalahan mereka melalui pesan cenderung tidak bahagia. Solusinya? Bicarakan hal-hal penting secara langsung, alias bertatapan muka.