Ini Kenapa Perempuan Jomblo Lebih Bahagia Dibanding Pria

Ini Kenapa Perempuan Jomblo Lebih Bahagia Dibanding Pria
SHUTTERSTOCK

Tidak ada salahnya menjadi jomblo ya kan Girls! Mari bernyanyi: I’m single and very happy!

Tidak ada salahnya menjadi jomblo. Namun banyak dari kita yang beranggapan bahwa menjadi jomblo adalah sebuah mimpi buruk yang harus segera disudahi. Padahal semua itu salah besar! Meskipun bukan hal yang mudah untuk dijalani, tapi kita bisa mendapatkan kebahagiaan dari status ini.

Namun, pada sebagian masyarakat berasumsi bahwa menjadi perempuan yang berstatus jomblo pasti sangat menderita--dan terus berusaha untuk mencari pasangan--dibandingkan para pria yang justru lebih puas menikmati kebebasannya. Apakah kamu setuju dengan hal ini?

Sebuah studi baru saja membuktikan bahwa ternyata perempuan jomblo bisa lebih bahagia daripada para pria jomblo. Lho kok bisa?

Sebuah studi analis data Mintel di Inggris menyebutkan bahwa 61% perempuan senang menjadi seorang jomblo. Sementara itu, hanya 49% pria yang berbahagia tanpa pasangan. Survei tersebut juga menemukan bahwa 75% perempuan yang melajang belum secara aktif mencari pasangan hidup, sedangkan kaum pria yang masih betah melajang hanya 65%.

ISTOCK
ISTOCK

Baca: Anti Jomblo! Ini 4 Rekomendasi Aplikasi Cari Jodoh Terbaik

Kemudian, dari hasil penelitian tersebut didapati kesimpulan bahwa para perempuan diketahui tidak terlalu berusaha keras untuk mencari pasangan. Para perempuan beranggapan memiliki beberapa tekanan saat menjalankan sebuah hubungan percintaan seperti tekanan dalam penampilan, melakukan lebih banyak kerja, dan memberikan lebih banyak usaha dalam menyelesaikan masalah--dibandingkan pria. Hal ini yang membuatnya menjadi stres. Selain itu, ditemukan juga fakta bahwa perempuan yang tidak memiliki pasangan biasanya akan lebih aktif secara sosial dan memiliki teman lebih banyak dari pada perempuan yang telah memiliki pasangan.

Profesor Emily Grundy dari University of Essex mengatakan bahwa perempuan bisa membentuk hubungan pertemanan yang lebih kuat dari pada pria. Perempuan memiliki sifat yang mudah bersosialisasi sehingga mereka mudah berteman. Hal itu pula yang membuat kesehatan mental mereka lebih terjaga meskipun sedang menjadi seorang jomblo.

"Perempuan yang tidak memiliki pasangan cenderung memiliki aktivitas sosial yang banyak dan punya lebih banyak teman. Sedangkan, pria yang tidak memiliki pasangan cenderung hanya terfokus untuk mencari pasangan," ucap Emily. 

Selanjutnya: Sedang jomblo dan tidak punya kegiatan yang seru? Nonton film saja. Woop punya rekomendasi film inspiratif yang bisa membuatmu termotivasi. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com