Banner

Perempuan Perlu Tahu, 5 Cara Mencintai Diri Sendiri

Perempuan Perlu Tahu, 5 Cara Mencintai Diri Sendiri
iStock

Kata pepatah, gimana bisa mencintai orang lain kalau belum mencintai diri sendiri. Nah, perempuan perlu tahu lima cara mencintai diri sendiri.

Jelang Valentine nanti, bagi kamu yang jomblo tak perlulah buru-buru punya kekasih. Pastikan dulu kamu sudah ‘merawat’ serta memanjakan dirimu dengan benar. Ketika kamu sudah bisa mencintai diri sendiri maka kamu akan jauh dari stres. Namun sebaliknya, kalau belum mencintai diri kita maka akan selalu stres.

Lalu bagaimana caranya agar tidak stres? Berikut lima hal yang bisa dilakukan untuk memanjakan dirimu agar tidak mudah stres. 

1. Self-Love Ritual

Sesekali pergi ke salon untuk memanjakan diri. Tak perlu bersolek tapi kamu bisa lebih rileks dengan spa atau totok wajah. Kamu juga bisa merawat diri di rumah yang dapat membantu mengelola stres dan menghilangkan penat. Ketika stres hilang maka kerja pun lebih produktif.

Untuk melakukan ritual di rumah, kamu perlu mematikan televisi dan menjauhi media sosial selama minimal 15 menit. Lalu mulai lah untuk memanjakan diri dengan perawatan kulit menggunakan moisturizer atau massage sendiri.

2. Lakukan Apa yang Dibutuhkan Bukan Diinginkan

Lakukan apa yang kamu butuhkan bukan diinginkan. Ketika melakukan apa yang kamu inginkan, percayalah kamu akan menyesal di lain waktu. Lakukan sesuatu ketika kamu butuh bukan hanya karena nafsu belaka. Dengan tetap fokus pada apa yang kamu butuhkan maka bisa menjauhi dirimu dari masalah.

3. Bersihkan Lemari

Menurut salah satu ahli, membersihkan lemari lebih bersifat terapi terhadap pikiran. Membersihkan lemari pakaian tidak hanya buat kebersihan diri sendiri tapi juga mempengaruhi jiwamu. Menyingkirkan pakaian yang lama dapat menghilangkan stres.

4. Jangan Selalu Menyalahkan Diri Sendiri

Ini penting diingat oleh para perempuan! Jiwanya yang lemah sering membuat perempuan kerapkali menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang terjadi. Kamu jangan begitu ya…

Jika selalu menyalahkan diri sendiri tandanya kamu tak mencintai dirimu. Untuk itu, coba berpikir positif agar tidak stres. Mungkin kamu memang salah, ada baiknya untuk meminta maaf lalu memperbaiki diri. 

5. Lakukan Sesuatu yang Kamu Sukai

Lakukanlah sesuatu yang kamu sukai secara rutin. Coba terus menggali bakatmu tidak hanya meningkatkan endorfin tapi juga mengeluarkan versi terbaik dari diri sendiri. 

Ketika kamu suka voli maka lakukan lah rutin seminggu sekali. Saat kamu suka memasak maka masaklah! Tak perlu ragu dalam melakukan apa yang kamu sukai karena itu bagus buat merilekskan diri.

Selanjutnya: Tentu ketika kamu mencintai diri sendiri, kamu perlu membaca artikel berjudul 'Cinta Diri Sendiri: Apakah Harus Mencintai Hidung yang Pesek?'