Pilih Mana: Satu Sahabat atau Puluhan Teman?

Pilih Mana: Satu Sahabat atau Puluhan Teman?
ISTOCK

Mana yang lebih penting?

Menurut salah satu penelitian dalam jurnal Personal Relationships, ternyata memiliki banyak teman itu penting untuk kesehatan dan juga kebahagiaan. Selain itu, persahabatan yang sampai usia tua bisa menyejahterakan kehidupan.

Namun, mereka yang sudah menuju 30an, tahu persis bahwa semakin bertambah umur, semakin sedikit teman. Jumlahnya tergerus. Siapa sangka, jika ternyata berlangsung "audisi" pertemanan dari usia 20an—dan kamu adalah juri utamanya! Pemenangnya: silakan pikirkan nama-nama yang pertama kali muncul di benakmu saat butuh dukungan moral—dan utang. 

Pertanyaannya: apakah lebih penting punya banyak teman, atau satu (dua, deh) sudah cukup? 

“Sebenarnya, keduanya penting,” kata Rena Masri, M. Psi, Psikolog., seorang psikolog klinis dewasa dari Q Consulting dan juga pendiri Cinta Setara.

Serius? (Pertanyaan macam apa ini?)

“Iya, karena keduanya memiliki dampak yang positif bagi diri kita. Dengan memiliki banyak teman tentu saja kemampuan sosialisasi kita menjadi lebih terasah. Dengan memiliki sahabat dekat juga memberikan efek positif tersendiri bagi kita. Akan sangat baik jika kita mampu berteman dengan banyak orang, tapi tetap memiliki sahabat dekat,” sambungnya.

Lebih lanjut Rena menjelaskan beberapa manfaat yang bisa kita rasakan saat memiliki teman banyak dan hanya satu sahabat:

  • bisa mengembangkan kemampuan bersosialisasi,

  • bisa mengajarkan kita mengenai berbedaan sifat dan karakter manusia,

  • dapat banyak belajar dari kehidupan orang lain,

HALAMAN
123