Punya Pasangan yang Perhatian Bisa Buat Kamu Panjang Umur?

Punya Pasangan yang Perhatian Bisa Buat Kamu Panjang Umur?
ISTOCK

Katanya dengan memiliki pasangan yang perhatian bisa menjauhkan dari kematian dini. Bagaimana bisa? 

Memang menyenangkan rasanya saat merasakan jatuh cinta apalagi jika dia adalah orang yang tepat dan sesuai dengan keinginanmu. Namun Woop ingin menyarankan kamu untuk mencari pasangan yang bisa menjadi pendengar yang baik.

Pasalnya dengan memiliki pasangan yang perhatian, memahami, menghargai, bisa membuatmu lebih sehat dan sejahtera. Begitupun sebaliknya, jika kamu memilih pasangan yang kurang perhatian itu akan berakibat pada kesehatan mentalmu bahkan mempersingkat usia. Serius?

Sarah Stanton Ph.D dalam Psychosomatic Medicine Journal mengatakan orang-orang yang memiliki pasangan kurang perhatian dan tidak menjadi pendengar yang baik adalah orang yang kesulitan mengelola stress dan emosi dalam jangka panjang. Alhasil, stres yang menumpuk dapat menimbulkan kecenderungan kematian dini. Seperti yang kita ketahui, stres kronis menjadi penyebab kematian terbesar karena bisa menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh, seperti serangan jantung, bahkan kanker.

img

Bersama tim psikolog dari University of Edinburgh, Stanton melakukan penilaian terhadap sekitar 1.200 orang berusia 25 hingga 74 tahun yang memiliki pasangan, dan memperoleh hasil; punya pasangan yang bisa diandalkan dan mendukung mereka, benar-benar bisa membantu mereka menghadapi stres dalam keseharian.

Dalam penelitian ini, peserta ditanya soal seberapa besar mereka mampu memahami, memperhatikan dan menghargai pasangan. Mereka juga disuruh menuliskan hal-hal yang mengeluarkan emosi negatif.

Kemudian hasilnya Stanton menemukan, orang yang tidak merespon stres sehari-hari dengan baik adalah mereka yang memiliki pasangan kurang perhatian. Orang-orang ini memiliki risiko 42 persen lebih tinggi untuk meninggal dalam waktu 20 tahun ke depan.

Ternyata dengan memiliki pasangan yang perhatian bisa membuat kita berumur panjang. Karena tidak ada drama-drama kehidupan yang membuat stres. Pasanganmu perhatian?

Selanjutnya: kamu jomblo, dan bagi semua orang itu adalah musibah. Apa yang harus dilakukan? 

Loading Facebook Comment ...