Punya Tabungan Berdua Pasangan Bikin Hubungan Harmonis Benarkah?

Punya Tabungan Berdua Pasangan Bikin Hubungan Harmonis Benarkah?
SHUTTERSTOCK

Meskipun uang bisa menjadi biang masalah namun uang mampu hubunganmu dengannya berkualitas. Kok bisa? 

Pernah bertengkar dengan pasangan hanya karena uang? Semoga saja belum pernah ya. Berkali-kali, Woop bilang bahwa uang menjadi hal super sensitif yang diam-diam bisa membuat hubunganmu berantakan begitu saja. Seperti yang sering terjadi dengan pasangan adalah kamu dan dia memiliki rekening tabungan bersama. Tapi ternyata memiliki tabungan bersama itu bisa membuat hubunganmu berkualitas. Benarkah begitu?

daihatsu banner

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa menggabungkan rekening bank sebenarnya bisa menjadi cara efektif bagi pasangan. Studi ini menemukan bahwa pasangan yang mengelola uang mereka bersama (alih-alih menugaskan tugas pengelolaan uang kepada satu pasangan tertentu) memiliki hubungan yang lebih stabil dan memuaskan.

Seorang peneliti mengungkapkan, ketika kedua pasangan terlibat dalam proses keuangan, kamu dan pasangan cenderung lebih diberdayakan, dan kualitas hubungan dan stabilitas cenderung lebih tinggi.

img

Dalam studi tersebut, peneliti mengikuti 500 pasangan selama sekitar empat tahun, mayoritas di antaranya berusia pertengahan 40-an. Sebagian besar keluarga telah bersama selama lebih dari 11 tahun. Para peneliti mengumpulkan data dari keluarga-keluarga ini pada interval tahunan, mengajukan pertanyaan tentang proses keuangan mereka (yang menghasilkan uang, yang memiliki akses ke uang, yang mengelola uang, dan seberapa sering mereka mengalami konflik keuangan), serta kualitas hubungan antar pasangan.

Setelah itu didapatkan hasil bahwa pasangan yang mengelola keuangan secara bersama memiliki hubungan yang lebih kuat dibanding yang tidak. Mengelola uang bersama (dengan membuka rekening bank bersama), ditambah lagi kamu juga bisa menyelesaikan konflik keuangan berdua, hal ini akan membantu kamu dan pasangan memiliki hubungan yang berkualitas.

Selanjutnya: jika kamu sudah menikah, mengatur keuangan menjadi hal yang penting. Woop menyarankan kamu menggunakan teknik keuangan berikut ini.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com