Saat Suami Tidak Terbuka Soal Penghasilan, Harus Bagaimana?

Saat Suami Tidak Terbuka Soal Penghasilan, Harus Bagaimana?
ISTOCK/ND3000
Saat Suami Tidak Terbuka Soal Penghasilan, Harus Bagaimana?

Kamu galau karena suami tidak terbuka soal penghasilannya? Ahli mencoba membantumu untuk memberikan solusi.

Setiap pasangan menikah memiliki cara berbeda-beda untuk mengatur finansial rumah tangga mereka. Ada yang terbuka soal penghasilannya, beberapa memutuskan untuk merahasiakan masing-masing.

Jika sudah kompromi sejak awal mungkin bisa diterima, bagaimana bila tidak? Ketika suami selalu menyembunyikan semua tentang uangnya bahkan kamu tidak tahu berapa penghasilannya, psikolog punya saran untukmu.

ISTOCK
ISTOCK

Psikolog India, Devisha Batra, mengatakan bahwa komunikasi menjadi kuncinya. Saat kamu merasa stres memikirkan kenapa suami menyembunyikan penghasilannya darimu setelah bertahun-tahun menikah, mungkin perlu dibicarakan secara serius. Jika didiamkan bisa menjadi boomerang di masa depan.

“Pasangan berhak memiliki beragam ideologi terkait uang. Dan seringkali ide-ide yang berbeda tentang cara membelanjakan uang, mengatur anggaran, dan mengatasi masalah keuangan lainnya bisa membuat kalian stres. Menurut saya, perlu untuk mendekatinya dengan cara yang tidak menuduh sehingga bisa ada pemahaman yang jelas tentang rencananya,” saran Devisha.

Mungkin kamu sudah mengungkapkan hal ini sebelumnya kepadanya, namun tidak kunjung mendapat jawaban. Ini tandanya kamu perlu sedikit perubahan dalam mengomunikasikan hal tersebut. Langsung menunjukkan kepadanya tentang pinjaman atau pengeluaran lain yang diam-diam kamu cari tahu dapat membuat pasangan merasa disalahkan.

Baca: Inspiratif: Kisah Perempuan Muda Berpenghasilan 18 Miliar

Cobalah menghindari seakan kamu memerintah atau menggunakan kata-kata kasar. Misalnya, fokus pada komunikasi dan sesuatu di jalur yang sama. Contoh; "Bisakah kita membentuk rencana anggaran mingguan sehingga membantu kita berdua untuk mengelolanya secara efektif?"

GETTYIMAGES
GETTYIMAGES

Ini bisa saja membantu. Memberinta ide yang jelas tentang pengeluaran rumah tangga akan memberimu gambaran tentang perspektifnya soal keuangan. Reaksi kita sendiri terhadap pasangan juga menambah stres diri sendiri.

Sedikit perhatian akan diperlukan untuk fokus pada hasil diskusi.

Dalam situasi ini—di mana dia belum mau berbagi tentang berapa penghasilannya—ceritakan kepada pasangan soal bagaimana perasaanmu mengenal hal tersebut. Bagaimana kamu tidak bisa mengetahui tentang gajinya membuatmu sedih.

Beritahu dia akan tujuanmu untuk mengetahui tentang investasinya sehingga membantumu bisa berkomunikasi lebih terbuka dengannya. Pastikan ini tidak dianggap mengganggu.

“Menurut saya, hargai dia untuk semua langkah yang diambil untuk menjalankan rumah tangga terlepas dari pinjamannya. Ini akan memberinya ruang dan menciptakan solusi bagi kalian berdua demi mendorong pasangan mulai berbagi hal lebih detail. Jika dia masih tidak mau berbagi, kalian berdua bisa mencari bantuan profesional sehingga mudah diselesaikan dan membantumu memahami stres,” tambahnya.


Selanjutnya: kamu sedang melamar kerja? Jaga media sosialmu dan jangan unggah poin-poin ini ya jika mau diterima. Baca di sini selengkapnya.