Sedang LDR-an? Ini Cara Agar Hubunganmu Lancar dan Sukses

Sedang LDR-an? Ini Cara Agar Hubunganmu Lancar dan Sukses
ISTOCK

Menjalin hubungan jarak jauh memang penuh lika-liku. Tapi tenang saja, cukup terapkan cara-cara berikut ini agar hubungamu lancar dan sukses

Ah, hubungan jarak jauh—ada enak dan tidaknya. Tidak enaknya (misalnya), tidak bisa bersua tiap hari. Enaknya (contohnya), tidak dapat bertemu setiap hari sehingga tetap merasa kangen. Eh? Intinya, LDR (long distance relationship) bisa sukses.

Bahkan banyak ahli yang menganggap bahwa sangat sehat jika sebuah hubungan dimulai ketika kedua pihak hidup di tempat yang berbeda. Asaaal... berusaha, berusaha, dan berkomitmen. PublikasiTIME baru-baru ini berbicara kepada beberapa ahli tentang bagaimana mengatasi kesulitan LDRBerikut, tips terbaik dari mereka. 

1. BERKOMITMEN KITA TEGUH

Ini sebenarnya berlaku untuk semua romantisme serius, termasuk untuk hubungan jarak jauh agar tahu bahwa kamu tidak sedang membuang-buang waktu. Selain itu, sangat penting untuk memiliki sebuah rencana masa depan dan kedua belah pihak berkomitmen untuk mewujudkan tujuan tersebut. 

2. RAJIN BERKOMUNIKASI 

Teknologi—telepon sampai media sosial—adalah teman baikmu. Jika kamu meratap bahwa ini "keterbatasan" hubungan jarak jauh (hanya bisa mengobrol lewat telepon, FaceTime, Skype, tidak bertatapan secara langsung)—jangan, lihat dari perspektif ini: ini "kelebihan" LDR, membuatmu lebih sering berkomunikasi verbal secara langsung bahkan lebih sering dibandingkan pasangan yang ketemu dan duduk di ruang yang sama setiap hari tapi tidak berinteraksi sama sekali. Saran Lori Gottlieb, seorang psikoterapis: bagikan cerita hidupmu dengan detail. Dan tidak hanya curhat, lakukan hal lain bersama-sama, misalnya nonton bareng di Netflix via Skype.

3. HARUS ADA TANGGAL JATUH TEMPO 

Logikanya, pada akhirnya kalian ingin tinggal di tempat yang sama, dan akan sangat membantu jika kedua belah pihak tahu kapan tanggal jatuh tempo hubungan jarak jauh ini. Apakah selama empat, tujuh tahun berada di kota yang berbeda, lalu kemudian berdomisili di tempat yang sama? Pikirkan dan putuskan bersama. 

4. SETIALAH...

... Pada pasangan, dan juga pada semua jadwal  yang sudah kalian sepakati berdua: jam menelepon setiap hari, dan janji kapan akan bertemu (sebisa mungkin jangan dibatalkan dengan alasan apa pun, kecuali berkaitan dengan keamanan negara). Hal ini penting untuk menghindari kecurigaan dan kecemasan yang tidak perlu. 

5. TETAPKAN BATASAN DAN ATURAN YANG JELAS

Ah, media sosial, bisa membantu membuat hubunganmu lebih lancar—dan mengancamnya hanya dengan satu postingan. Oleh karena itu, prinsip yang harus kamu tanamkan adalah: jangan lakukan apa pun yang kamu tidak ingin pasanganmu lihat di media sosial. Bukan berarti kamu harus selalu minta ijin dan persetujuan untuk setiap interaksi di medsos, tapi tetapkan aturan dan batasan yang jelas yang disetujui oleh kalian berdua dan taati.