Seru! Ini 7 Ide Aktivitas untuk Rayakan Hari Ibu

Seru! Ini 7 Ide Aktivitas untuk Rayakan Hari Ibu
Ide Aktivitas untuk Rayakan Hari Ibu

Sebentar lagi Hari Ibu, kamu sudah tau mau ngapain bersama ibumu? Kalau belum, yuk intip ide aktivitas yang seru untuk rayakan Hari Ibu ini!

Sebentar lagi Indonesia akan merayakan Hari Ibu, tepatnya pada tanggal 22 Desember. Walaupun tidak libur, namun Hari Ibu merupakan salah satu perayaan nasional di Indonesia. Untuk merayakan Hari Ibu, kamu pasti ingin melakukan sesuatu yang seru bersama ibumu, kan? Buat kamu yang masih kebingungan akan melakukan aktivitas apa bersama ibumu di Hari Ibu nanti, tenang saja! Woop punya rekomendasi beberapa ide aktivitas yang seru untuk rayakan Hari Ibu!

Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu

1. Berburu diskon

Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu - Berburu diskon
Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu - Berburu diskon

Biasanya saat akhir tahun berbagai toko menawarkan diskon besar-besaran. Kamu bisa mengajak ibumu berburu diskon bersama dan berbelanja berbagai hal yang kalian suka. Setiap wanita pasti suka berbelanja, kan? Apalagi berbelanja barang-barang diskon!

2. Menonton film tentang ibu

Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu - Menonton film tentang ibu
Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu - Menonton film tentang ibu

Kalau malas keluar rumah, kamu bisa tinggal di dalam rumah sambil menonton film-film tentang ibu bersama dengan ibumu. Film-film tersebut mungkin akan mengingatkan kembali jasa ibu kepada kamu. Jangan lupa siapkan cemilan yang banyak agar aktivitas nonton bersama kalian semakin seru!

3. Masak bersama

Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu - Masak bersama
Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu - Masak bersama

Aktivitas seru lain yang bisa kamu lakukan di rumah bersama ibu adalah masak bersama! Bisa apa saja, bisa cooking maupun baking. Cobalah resep-resep baru yang belum pernah kalian coba sebelumnya. Dijamin, pasti akan semakin seru!

Baca juga: Kreatif! Ibu Ubah Ruangan Rahasia Menjadi Kamar yang Super Nyaman untuk Anaknya

4. Nostalgia lewat album foto

Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu - Nostalgia lewat album foto
Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu - Nostalgia lewat album foto

Jadikan Hari Ibu sebagai momen nostalgia bersama ibumu. Kamu bisa membuka kembali album-album foto lama saat kamu masih kecil, atau memutar video-video zaman dulu saat kamu masih anak-anak. Ditambah alunan lagu ‘Bunda’ dari Melly Goeslaw, pasti kenangan-kenangan lama ketika kamu kecil akan kembali terputar di ingatan kamu.

5. Karaoke

Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu - Karaoke
Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu - Karaoke

Kamu dan ibumu juga bisa seru-seruan dengan karaoke! Tidak peduli dengan suara yang kurang enak didengar, putarlah lagu-lagu lawas yang akan membuat ibumu kembali mengingat masa mudanya!

6. Perawatan ke salon

Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu - Perawatan ke salon
Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu - Perawatan ke salon

Jangan biarkan ibumu selalu bekerja. Sesekali ia juga butuh perawatan ke salon untuk relaksasi, seperti lulur, totok wajah, meni-pedi, dan lainnya. Perawatan salon ini bisa dilakukan ibu bersama kamu!

7. Berpiknik

Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu - Berpiknik
Ide Aktivitas Rayakan Hari Ibu - Berpiknik

Berpiknik bersama ibu juga bisa kamu lakukan untuk merayakan Hari Ibu. Kamu bisa berpiknik di taman dengan membawa bekal makanan dan buku-buku untuk dibaca. Selain menyenangkan, penelitian juga menunjukkan bahwa berjalan-jalan di taman dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi ide aktivitas yang seru untuk rayakan Hari Ibu. Sebagai Kementerian yang menaungi para perempuan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak juga memperingati hari Ibu lho!

Dalam rangka memperingati Hari Ibu, setiap tahunnya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), akan mengadakan rangkaian kegiatan sebagai bentuk Peringatan Hari Ibu.

Tahun ini, penyelenggaraan kegiatan Peringatan Hari Ibu ke-91, akan dilaksanakan melalui gerakan nasional "Pekan Perempuan Berdaya, Indonesia Maju". Acara ini adalah gerakan bersama yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi perempuan, lembaga masyarakat pemerhati perempuan, akademisi, dunia usaha, media masa, serta masyarakat umum.

Pekan Perempuan Berdaya, Indonesia Maju merupakan upaya untuk memberikan ruang partisipasi, edukasi dan dukungan seluruh lapisan masyarakat, terhadap pemahaman tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Acara ini akan dilaksanakan melalui berbagai acara yang dikemas dengan menonjolkan kreativitas dan kearifan lokal yang bertujuan untuk mensosialisasikan dukungan terhadap “Perempuan Berdaya” secara masif di seluruh Indonesia dan perwakilan RI di luar negeri. 

Kegiatan Pekan Perempuan Berdaya, Indonesia Maju

View this post on Instagram

Tanggal 22 Desember selalu diperingati sebagai Hari Ibu. Woop beserta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mengucapkan Selamat Hari Ibu bagi para perempuan hebat di Indonesia. Perlu kamu ingat, Hari Ibu bukanlah ‘mothers day’, karena makna Hari Ibu lebih memberikan ruang gerak dan dorongan semangat perempuan untuk terus berjuang, mengeksplorasi diri, dan menginspirasi sesama. Itulah yang disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga. KPPPA pun memperingati Hari Ibu ke-91 di Indonesia ini juga mengadakan rangkaian kegiatan melalui gerakan nasional “Pekan Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Acara ini adalah gerakan bersama yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi perempuan, lembaga masyarakat pemerhati perempuan, akademisi, dunia usaha, media masa, serta masyarakat umum. Pekan Perempuan Berdaya, Indonesia Maju merupakan upaya untuk memberikan ruang partisipasi, edukasi dan dukungan seluruh lapisan masyarakat, terhadap pemahaman tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Adapun rangkaian acaranya adalah Bincang Bintang, Vlog Festival Perempuan Berdaya, PPPA Edu Aksi, SHEnergy Kreasi, dan Perempuan Bahagia. Selain lima acara menarik dan penuh inspirasi di atas, Kemen PPPA juga akan mengadakan pameran karya perempuan se-Indonesia yang diberi nama 'Ekspose', dan masih banyak lagi acara lainnya yang tentunya menarik. Untuk mengikuti rangkaian acara tersebut, kamu juga bisa lihat dan follow Instagram KPPPA di @kemenpppa. #SHEnergyIndonesia #PerempuanBerdaya #IndonesiaMaju

A post shared by woop.id (@woop.id) on

- Bincang Bintang

Kegiatan pertama yang ada dalam rangkaian acara ini adalah Bincang Bintang, yaitu sebuah talkshow yang dilakukan oleh Menteri Bintang dalam rangka memberikan semangat dan motivasi, kepada para nasabah dan pendamping program Menuju Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Tujuannya antara lain untuk menumbuhkembangkan perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro, melalui pemahaman pemberdayaan perempuan yang menitikberatkan pada perubahan pola pikir, perilaku dan penguatan identitas perempuan berdaya, penyadaran hak-hak perempuan dan peran perempuan dalam ketahanan keluarga.

- Vlog Festival Perempuan Berdaya

Perkembangan era digital dan teknologi tentunya membuat banyak orang semakin tertarik melakukan vlog. Melalui hal itu, Kemen PPPA juga ikut mengadakan vlog festival, di mana perempuan bisa menceritakan keberhasilannya yang didukung oleh keluarga dan lingkungan.

Bukan hanya perempuan, Kemen PPPA mengajak semua orang membuat video perempuan berdaya, dengan konten yang unik dan inspiratif.

- PPPA Edu_Aksi

Seperti namanya, Edu_Aksi merupakan gerakan bersama dalam rangka mensosialisasikan isu kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, termasuk Isu Perlindungan Perempuan dan Anak dari tindak kekerasan.

Kegiatan utama dalam Edu_Aksi di antaranya Nobar dan NGOPI (Ngobrol Penuh Inspirasi). Dalam acara nanti peserta akan nonton bersama film edukasi tentang pencegahan kekerasan terhadap perempuan, serta mendiskusikannya bersama ibu-ibu, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para milenial.

- SHEnergy Kreasi

Membahas kisah sukses bersama para pakarnya? Acara ini tepat untukmu Woop Ladies! Dalam SHEnergy Kreasi, para peserta berkesempatan melakukan sharing moment dalam bentuk talkshow interaktif, yang bertujuan mempertemukan wirausaha perempuan milenial dengan wirausaha perempuan yang sudah sukses menjalankan usaha.

Selain itu, kamu juga bisa berbagi pengalaman dan memperluas jejaring usaha di era digital lewat mentoring class bersama GoJek, Buka Lapak, Tokopedia, dan lainnya.

- Perempuan Bahagia

Sesuai namanya, Perempuan Bahagia (Bergerak Bagi Bangsa), terbagi dalam dua jenis kegiatan yang pastinya membawa dampak positif untuk masyarakat.

Kegiatan pertama adalah gerak jalan sehat yang diadakan serentak di seluruh Indonesia. Acara ini bertujuan membangkitkan semangat pergerakan perempuan Indonesia untuk Berdaya.

Kemudian ada juga acara bakti sosial, yang bertujuan untuk berbagi kepada sesama. Bentuk bakti sosial dilakukan dalam beragam aktivitas seperti donor darah, kunjungan ke panti jompo, panti asuhan, dan lainnya.

Selain lima acara menarik dan penuh inspirasi di atas, Kemen PPPA juga akan mengadakan pameran karya perempuan se-Indonesia yang diberi nama 'Ekspose'. Acara yang nantinya berlangsung selama dua hari itu, akan memamerkan karya para wirausaha perempuan.

Tak berhenti sampai di situ, akan ada juga ziarah ke taman makam pahlawan, sebagai bentuk penghormatan kepada arwah para pahlawan. Kemudian tentunya, acara puncak akan berlangsung pada tanggal 22 Desember 2019, dengan sambutan dari Ibu Bintang Puspayoga sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), yang akan mendeklarasikan acara "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju".

Semoga saja semua rangkaian acara dalam rangka Peringatan Hari Ibu bisa terlaksana dengan baik dan tanpa hambatan. Kira-kira mana acara yang paling membuatmu antusias Woop Ladies?

Selanjutnya: Kreatifitas ibu memang tak terbatas, seperti ibu satu ini yang bisa mengubah lemari usang menjadi lebih mewah dan baru.

Loading Facebook Comment ...