Susunan Acara Pernikahan Lengkap dari Akad Hingga Resepsi

Susunan Acara Pernikahan Lengkap dari Akad Hingga Resepsi
Susunan Acara Pernikahan

Jika kamu akan melangsungkan pernikahan, perlu kamu mengetahui susunan acara pernikahan dari akad nikah sampai acara resepsi.

Pernikahan memanglah sebuah acara yang sangat sakral dimana dua insan manusia akan dipersatukan untuk membina rumah tangga. Maka dari itu, semua orang pastinya ingin acara pernikahannya berjalan lancar dan tanpa kendala sedikit pun dengan susunan-susunan acara yang tepat tanpa adanya kesalahan.

daihatsu banner

Memang sih, sekarang ini ada jasa Wedding Organizer (WO) dimana kamu bisa menyewa orang-orang yang akan mengatur acara pernikahan kamu. Namun, jika kamu nggak mau mengeluarkan budget lebih untuk menyewa WO, kamu bisa kok melakukannya sendiri. Tentunya, kamu juga harus memahami susunan acara pernikahannya ya.

Kali ini Woop akan membagikan susunan acara pernikahan mulai dari akad nikah sampai selesai acara resepsi.

Akad Nikah

Akad nikah adalah awal dan inti dari acara pernikahan dimana mempelai pria akan mengucapkan ijab kabul dan resmi menjadi pasangan suami istri secara sah di mata agama maupun negara. Umumnya akad nikah akan dilakukan secara sakral dan hanya dihadiri oleh orang-orang terdekat saja. Inilah susunan acara akad nikah

  1. Diawali dengan pembukaan oleh MC yang telah ditunjuk dan biasanya MC akan memulai dengan membaca doa terlebih dahulu untuk kelancaran acara.
  2. Lalu, MC akan menyambut rombongan mempelai pria dan mempersilahkan untuk memasuki ruangan akad nikah.
  3. Acara sambut menyambut dari pengantin pria, biasanya keluarga pria maupun sudah menunjuk salah satu untuk mewakili acara sambutan tersebut.
  4. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian seserahan secara simbolis yang diberikan ibu dan bapak mempelai pria ke ibu dan bapak mempelai wanita.
  5. Kemudian dilakukan penyerahan mempelai pria ke keluarga mempelai wanita sebagai bentuk penerimaan mempelai pria oleh pihak keluarga mempelai wanita.
  6. Mempelai pria akan diberikan kalung bunga melati dan dituntun oleh orang tua mempelai wanita ke tempat pelaksaan akad nikah.
  7. Setelah acara dibuka, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat Alquran. Biasanya yang membaca adalah orang yang memang ahli melantuntkan ayat Alquran dengan merdu.
  8. Biasanya mempelai wanita akan masuk setelah pembacaan ayat Alquran untuk menemani mempelai pria ijab kabul. Namun, ada juga acara akad nikah dimana mempelai wanita akan hadir ketika sudah sah menjadi suami istri.
  9. Masuk ke puncaknya dimana mempelai pria akan mengucapkan ijab kabul dengan ayah ataupun wali mempelai wanita. Proses sakral inilah yang akan menjadikan kedua mempelai sah sebagai suami istri.
  10. Setelahnya dilanjutkan dengan doa akad nikah yang akan dipimpin oleh penghulu ataupun pemuka agama.
  11. Lalu, mempelai akan diminta untuk menandatangi dokumen pernikahan, salah satunya adalah buku nikah. Prosesi ini membuat pasangan suami istri ini dinyatakan sah di mata hukum.
  12. Dilanjutkan dengan khotbah dan nasihat pernikahan yang akan dipimpin oleh penghulu.
  13. Setelah itu dilakukan penukaran cincin oleh kedua pasang mempelai lalu akan diabadikan dalam foto.

Baca Juga: Inilah Arti Mimpi Menikah dengan Pacar, Sahabat, dan lainnya

Baca susunan acara resepsi pernikahan di halaman selanjutnya..

Resepsi Pernikahan

Setelah akad nikah berlangsung, maka pengantin akan langsung bersiap-siap untuk resepsi pernikahan. Biasanya, jeda antara akad nikah dan resepsi pernikahan adalah 2-3 jam setelah akad nikah selesai. Namun, ada juga keluarga yang melasungkan akad nikah dan resepsi di beberapa hari atau bahkan beberapa bulan kedepan. Inilah susunan acara resepsi pernikahan dari awal dimulai hingga akhir.

  1. Pertama-tama, resepsi akan dimulai dengan acara pembukaan yang akan dipimpin oleh MC. Disinilah MC akan memberikan aba-aba kepada para tamu undangan bahwa acara resepsi pernikahan akan segera dimulai.
  2. Lalu, para pengantin dan keluarga akan diminta untuk memasuki lokasi dan naik ke atas pelaminan.
  3. Jika pernikahan dilakukan secara adat, maka setelah pengantin naik ke atas pelaminan, acara adat baru akan dimulai.
  4. Setelahnya, barulah para tamu dipersilahkan untuk bersalaman untuk mengucapkan selamat kepada para mempelai.
  5. Setelah salaman, tamu akan dipersilahkan untuk menyantap makanan yang telah dihidangkan. Tamu akan ditemani dengan lantunan musik yang dimainkan oleh band, atau ada juga special performance dimana pengantin akan bernyanyi atau bahkan menari.
  6. Ketika pengantin dipersilahkan makan, para tamu undangan akan diminta untuk berfoto bersama para pengantin guna mengabadikan momen sekali seumur hidup.
  7. Di beberapa pernikahan ada juga prosesi pelemparan bunga kepada para tamu yang hadir. Namun perlu diingat, tamu yang boleh mengambil bunga tersebut hanyalah yang belum menikah. Ini disebut-sebut juga sebagai bentuk doa pengantin untuk para tamu agar segera bisa menyusul mereka ke pelaminan.
  8. Setelah semua acara resepsi pernikahan selesai, MC akan menutup acara tersebut dengan mengucapkan selamat kepada para pengantin dan mengucapkan terima kasih kepada tamu yang telah hadir.

Itulah susunan acara pernikahan dari akad nikah sampai acara resepsi. Walaupun terlihat rumit, namun jika dijalankan, semuanya akan baik-baik aja kok. Apa lagi jika meminta bantuan keluarga ataupun teman dekat sebagai panitia pernikahan, pasti semua akan terasa lebih mudah. Semoga segala persiapan pernikahanmu bisa berjalan lancar sampai hari H ya.

Selanjutnya: Air panas lebih baik untuk tubuh. Belum tentu! Eits, daripada kamu sok tahu, lebih baik kita tanyakan ke sang ahli.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com