Tidak Selamanya Buruk, Ternyata LDR Punya Banyak Manfaat

Tidak Selamanya Buruk, Ternyata LDR Punya Banyak Manfaat
ISTOCK

Jangan sedih jika kamu salah satu yang mengalaminya karena LDR ternyata memiliki manfaat lho.

Beberapa orang yang menganggap bahwa Long Distance Relationship (LDR) adalah hubungan yang menyedihkan. Tidak sedikit orang yang menjalani LDR entah karena pekerjaan, sekolah, atau sesuatu yang memang mengharuskan mereka terpisah karena jarak.

Dengan bantuan teknologi saat ini, LDR tidak terasa begitu sulit karena sudah banyak alat komunikasi yang bisa membantu untuk melepas rindu, mulai dari pesan singkat, telepon, hingga video call. Bahkan menurut penelitian, LDR ternyata memiliki manfaat lho. Pejuang LDR, simak ulasan dari Woop berikut.

1. Meningkatkan komunikasi

ISTOCK
ISTOCK

Penelitian dari Cornell University dan City University of Hong Kong melalui Journal of Communication 2013 menemukan bahwa jarak dapat mengembangkan keintiman. Mereka menganalisis percakapan pasangan dalam pesan singkat, panggilan telepon atau video. Hasilnya para peneliti menemukan pasangan jarak jauh lebih akrab satu sama lain dibanding pasangan yang dekat secara geografis.

2. Selalu Positif terhadap pasangan

ISTOCK
ISTOCK

Menurut Journal of Communication pasangan LDR cenderung memiliki pemikiran positif terhadap pasangan mereka. Hal itu dikarenakan lebih mudah untuk membayangkan pasangan sebagai sosok yang positif karena mereka tidak bisa melihat perilaku pasangannya sehari-hari.

3. Memiliki pandangan lain akan perpisahan

ISTOCK
ISTOCK

Semua orang umumnya menganggap perpisahan adalah hal yang buruk, tapi tidak berlaku untuk pasangan LDR. Menurut studi dari Wayne State University tahun 2007, pasangan LDR selalu memiliki pandangan lain akan perpisahan, mereka tidak mengganggap hal itu menyedihkan karena yakin bahwa mereka akan bersatu kembali suatu saat.

4. LDR lebih mudah dijalani oleh perempuan

ISTOCK
ISTOCK

Studi yang dilakukan oleh Vicki S. Helgeson dalam SAGE Journal, mengungkapkan bahwa perempuan lebih baik jika berhadapan dengan hubungan jarak jauh, karena bisa menurunkan tingkat stres pada wanita. Sementara, LDR lebih membuat pria lebih menderita.  

Selanjutnya: Riset menunjukan ternyata liburan dan kematian sangat berkaitan lho, kok bisa? Baca selengkapnya di sini.

Loading Facebook Comment ...