Banner

Wajarkah Jika Kamu Menginginkan Pria dengan Gaji yang Besar?

Wajarkah Jika Kamu Menginginkan Pria dengan Gaji yang Besar?
ISTOCK

Ketika perempuan meninginkan pasangannya punya gaji yang besar sering disebut matre. Apakah wajar kalau kamu menginginkan pasangan dengan gaji besar?

Tidak diragukan lagi, uang adalah salah satu hal paling sensitif saat dibicarakan. Jadi, tidak heran jika masalah keuangan bisa menjadi penyebab utama perselisihan atau konflik dalam kehidupan. Jadi apakah permintaan 'gaji 30 juta' kepada pasangan itu menjadi hal yang wajar?

Hmm... Aku tidak bisa bilang itu hal yang wajar atau tidak ya,” ujar seorang psikolog klinis dewasa, Rena Masri, M. Psi, Psikolog., dari Q Consulting dan juga pendiri Cinta Setara.

“Pastinya itu harus sesuai dengan kondisi hidupnya. Memang, dengan kebutuhan hidup saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa uang menjadi satu hal yang penting. Meski kita sebagai seorang perempuan bisa juga mencari uan, tapi kita juga ingin dinafkahi oleh pasangan kita. Benar?” lanjutnya.

Benaaaar! Seperti yang kita ketahui tugas pria adalah menafkahi perempuan yang akan menjadi pasangannya. Namun sebagai perempuan juga harus bisa menerima, menghormatinya. Intinya boleh meminta tapi jangan ngelunjak!

“Menurut saya, gaji Rp30 juta bisa akan menjadi percuma saat seseorang tidak bisa mengatur keuangannya. Bukankah lebih baik memilih seseorang yang bergaji biasa saja tapi dia memiliki menejemen keuangan yang baik. Terutama dia bisa mengatur masa depannya untuk berinvestasi. Dengan kata lain, dia bisa mengetahui peluang akan dibawa kemana uang tersebut,” saran Rena.

Ah, ya, setuju! Yang penting bukan karena angka. Tapi lebih ke arah: apakah seseorang yang kamu pilih menjadi pasangan hidupmu ini pekerja keras dan memiliki menejemen keuangan yang baik atau tidak.

Namun apakah masalah keuangan/penghasilan ini bisa menjadi penyebab perpisahan dikemudian hari?

“Tergantung dari kepribadian masing-masing,” katanya.

“Yang kita tahu, pria memiliki ego yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Biasanya si pria tidak akan mau kalah dari perempuan sehingga dia pasti akan mencari sesuatu agar bisa lebih terdepan. Tentunya perempuan juga harus tetap menghormatinya. Jika toleransi antar pasangan tetap berjalan dengan baik maka hubungan juga akan tetap berjalan dengan baik. Coba menjalin komunikasi dan jangan pernah menyinggung satu sama lain, apalagi merendahkan,” papar Rena.

Selanjutnya: Saat seorang perempuan berselingkuh, mungkin alasan ini menjadi pemicunya.