Masih Ada Foto Mantan di Facebook, Haruskah Dihapus?

Masih Ada Foto Mantan di Facebook, Haruskah Dihapus?
iStock
Masih Ada Foto Mantan di Facebook, Haruskah Dihapus?

Apa kamu masih menyimpan foto mantan di Facebook? Seringkah bertanya-tanya haruskah dihapus? Ini kata psikolog.

Tidak bermaksud menyimpan sebenarnya hanya saja kalau dihapus ada perasaan ‘sayang’ dengan momen di masa lalu. Meski sudah tidak memiliki perasaan khusus terhadap mantan kekasih namun hanya ingin foto tersebut tetap ada. Alasannya hanya satu; kenangan semata.

img

Saat punya pasangan baru melihat foto itu di Facebook tak semua pria mau menerimanya. Ada yang tipe pencemburu sehingga memintamu menghapus semua foto mantan di media sosial. Hal ini terkadang membuat kalian bertengkar. 

Pertanyaannya, saat masih ada foto mantan kekasih di Facebook, haruskah dihapus?

Psikolog Kamna Chhibber selaku Head (Mental Health), Department of Mental Health and Behavioural Sciences dari Fortis Healthcare, menjelaskan bagaimana masalah ini memengaruhi pasangan. Kepercayaan menjadi faktor umum yang kekurangannya bisa menjadi masalah ketika pasangan menemukan banyak foto mantan di media sosialmu walaupun Facebook sudah jarang dibuka.

“Kepercayaan sangat penting untuk keberlangsungan suatu hubungan. Pada fase awal hubungan, foto mantan di media sosial bisa lebih mudah memengaruhi atau jika ada situasi di mana pelanggaran kepercayaan terjadi maka keraguan akan selalu ada. Saat pasangan pernah memiliki pengalaman emosional yang buruk dalam hubungan lain maka kepercayaan terlalu sulit untuk dibangun,” jelas Kamna.

Kamna menambahkan, pada momen tertentu foto seorang mantan dapat mempengaruhi kualitas hubungan. Seringkali hal ini kemudian mengarah pada pertengkaran dan konflik. Namun beberapa pasangan tidak terlalu memedulikan hal tersebut. 

“Tidak ada yang benar atau salah dalam hal ini. Namun penting untuk menyadari bahwa jika masa lalu tidak berarti bagimu sekarang maka boleh saja untuk melepaskannya dan menyingkirkan foto, video, atau memori lainnya yang mungkin dimiliki seseorang dari hubungan yang dulu pernah ada,” kata Kamna lagi.

Menurut para ahli percintaan, 'melepaskan' kenangan masa lalu menjadi penting. Ketika kamu menyimpan foto-foto mantan dan kenangan lain yang terkait dengan hubungan masa lalu, itu berarti satu hal—kamu masih belum membiarkan kenangan itu pergi dari kehidupanmu. 

Apakah pasangan saat ini akan keberatan atau tidak itu hal tidak penting, yang paling dipikirkan mengapa kamu ingin menyimpan foto-foto itu sampai sekarang? Dan begitu kamu mendapatkan jawabannya, kamu akan tahu apa yang perlu dilakukan selanjutnya. 

Jadi, masihkah ada foto mantan kekasih di media sosialmu?

Selanjutnya: berencana ketemu calon mertua sebelum puasa? Persiapkan dirimu! Ini yang perlu dilakukan sebelum bertemu calon mertua.