World Hijab Day! Kisah 6 Hijabers Paling Fenomenal di Dunia

World Hijab Day! Kisah 6 Hijabers Paling Fenomenal di Dunia
Instagram @halima

Happy World Hijab Day! Hari ini tepat 1 Februari diperingatkan sebagai hari hijab sedunia. Simak kisah-kisah hijabers inspiratif ini ya...

Mungkin di Indonesia kamu bisa bebas mengenakan berbagai model hijab tanpa khawatir sikap diskriminatif. Namun di kancah internasional, hijab masih sering dipandang sebelah mata. Terutama isu terorisme, yang melekat pada imej seorang hijabers. 

Tak sedikit perempuan berhijab di dunia yang harus ‘berjuang’ demi bisa beraktivitas tanpa melepas jilbab mereka. Di antara ribuan bahkan jutaan hijabers di dunia, berikut deretan perempuan berhijab yang kisahnya paling menyita perhatian karena berhasil mencetak sejarah.

1. Halima Aden (Fashion)

img

Dok. Instagram @halima

Nama Halima Aden masih terus bergaung sampai sekarang. Bagaimana tidak, ia berhasil mencetak sejarah setelah menggunakan burkini di kontes kecantikan Miss Minnesota pada 2016. Ketika perempuan lain menggunakan bikini, Halima Aden dengan percaya diri tampil memakai burkini. Sosoknya langsung disorot oleh media massa di seluruh dunia.

Belum lagi latar belakang kehidupan Halima Aden yang merupakan seorang pengungsi Kenya dan pindah ke Amerika. Setelah membuat gempar, karier Halima sebagai model melesat. Ia bahkan tampil membawakan koleksi Kanye West, berjalan di runway bersama supermodel Gigi Hadid dan Kate Moss, serta eksis di pekan mode bergengsi dunia seperti New York Fashion Week, Milan Fashion Week, hingga Paris Fashion Week. 

Halima Aden kini juga dikontrak oleh agensi model terpopuler di Inggris, Storm Model Management. Masih tetap menggunakan hijabnya, hijabers berusia 21 tahun itu dipercaya untuk menjadi cover majalah fashion kenamaan seperti Vogue hingga Allure. Wow, bangga padamu Halima!

2. Nura Afia (Beauty)

img

Dok. Instagram @nurlailalov

Nama Nura Afia berhasil menggaungkan citra seorang hijabers di industri kecantikan. Bagaimana tidak, beauty blogger ini menjadi perempuan berhijab pertama yang didaulat sebagai brand ambassador kosmetik Cover Girl. Ia juga dikenal melalui YouTube karena sering memberikan tutorial hijab.

Wajah Nura Afia pun sempat terpampang dalam billboard yang terpasang di tengah kota New York yakni Times Square. Dengan hadirnya Nura diharapkan bisa mengurangi kasus diskriminasi yang masih dialami perempuan berhijab di banyak negara.

3. Ibtihaj Muhammad (Olahraga)

img

Dok. Instagram @ibtihajmuhammad