Ketika Kamu Berusia 25-35 Tahun, Ini Perawatan Kulit yang Wajib Dilakukan

Ketika Kamu Berusia 25-35 Tahun, Ini Perawatan Kulit yang Wajib Dilakukan
ISTOCK

Karena U adalah faktor penting.

Dari masih belum sekolah sampai memiliki tiga gelar di belakang nama, gambaran kecantikan yang ideal masih sama: tubuh langsing, kulit putih, rambut panjang, dan lingkar pinggang kecil (dulu main Barbie, sekarang masih terobsesi dan bermimpi ala Cinderela). Bukan berarti kita tidak tahu bahwa idealnya, kecantikan tidak hanya dilihat dari fisik saja, tetapi juga dilihat dari  yang terpancar dari dalam—keunikan-keunikan yang membuat kita berbeda dengan yang lain. Kita tahu, tapi menjadi sulit karena stigma yang sudah berumur lebih tua dari Indonesia itu. 

Enter: social media. Terlepas dari pro dan kontra yang selalu menjadi perdebatan, media sosial memiliki dampak unik yang membantu perempuan untuk lebih daripada sekadar "rambut panjang dan langsing". Yakni melalui #goals positif yang menginspirasi perempuan untuk menjaga kecantikan dari dalam dan luar. Dan untuk wanita Indonesia, berikut beberapa tips sederhana untuk bisa mewujudkannya dari sekarang.

1. Miliki dan Bagikan Energi Cantik

Artinya, berbagi energi positif dengan melakukan hal-hal kecil yang berdampak baik bagi orang-orang di sekitar (contohnya, senyum tulus, mengucapkan terima kasih, minta maaf jika keliru, tertawa, dsb). Pola pikir dan kebiasaan seperti ini dengan sendirinya akan memancarkan kecantikan kita dari dalam, dan pastinya terlihat di luar, sehingga akhirnya kita tidak hanya berbagi energi positif tapi juga bermanfaat bagi orang lain, menjadi inspirasi dan panutan. Semakin kita #BerbagiEnergiCantik, maka pancaran kecantikan kita akan semakin terlihat.

2. Selalu Mengucap Syukur 

Susah memang belajar bersyukur apalagi jika melihat media sosial yang banyak dipenuhi oleh perempuan (yang sepertinya) tanpa selulit atau lemak. Namun, bukan berarti tidak mungkin! Pasalnya, mensyukuri apa yang kamu miliki akan membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Pikiran tenang, jiwa kalem akan membuat wajah lebih segar—artinya cantik luar dalam. 

3. Perbanyak Wawasan

Cantik itu tidak sebatas sentimeter jenjangnya kaki. Artinya, entah itu kakimu sepanjang Karlie Kloss atau "sebiasa" Natalie Portman, harusnya tidak membatasi keinginanmu untuk memperluas wawasan. Banyak baca buku, jadi relawan atau ikut organisasi kemanusiaan adalah beberapa contoh yang bisa kamu lakukan dari sekarang untuk melebarkan cakrawala dan mengeksplor potensi diri. 

4. Minum Air Putih dan Tidur yang Cukup

Dua hal ini sangat trivial, tapi kita semua tahu manfaat dan pentingnya bagi kesehatan tubuh dan kecantikan diri. Paling sederhana: kurang minum air putih (rekomendasi umum delapan gelas sehari) dan kurang tidur (orang dewasa disarankan delapan jam sehari)—semuanya akan terlihat jelas di wajah. Pucat, tidak bisa berkonstentrasi, ide-ide kreatif mandek, dan rasanya ingin marah sepanjang hari. Ingat angka ajaib ini: 88, dan niscaya aura kecantikan luar dan dalam akan terpancar tanpa harus memakai produk super duper mahal.