10 Kesalahan yang Dilakukan Saat Memakai Maskara

10 Kesalahan yang Dilakukan Saat Memakai Maskara
ISTOCK

Hindari. Apapun caranya. 

Maskara adalah satu produk kecantikan yang bisa membuatmu terlihat wow atau... malah ow. Maskara mampu memberi kesan mata seksi atau mencerahkannya padahal kamu tidak tidur semalaman. Saat tidak sempat atau berselera memakai peralatan dandan yang lain, hanya dengan memakai maskara tetap bisa membuatmu terlihat memukau.

Di samping itu, cara pemakaian maskara sepertinya tidak sesulit belajar bahasa asing. Tinggalkan dioleskan beberapa kali, dan… selesai! Akan tetapi, sebenarnya tidak sesederhana itu. Jika kamu menginginkan hasil terbaik, pastikan untuk menghindari kesalahan-kesalahan ini (apapun caranya).

  • Kamu mengenakan maskara anti air tiap hari.

Memang benar bahwa maskara anti air bisa tahan lebih lama dan tidak belepotan. Namun, ada alasannya kenapa disebut waterproof: artinya hanya dipakai untuk situasi yang membuatmu kemungkinan besar akan bersentuhan dengan air, misalnya saat mau berenang atau pergi ke pantai atau berlatih loncat indah. Maskara kebal air tidak dimaksudkan untuk dipakai tiap hari karena memang susah untuk dibersihkan. Memakainya tiap hari bisa membuat bulu matamu kering dan lemah. Plus, mencoba untuk membersihkannya tiap hari bahkan dapat mengakibatkan kehilangan bulu mata.

  • Kamu memompa botolnya.

Jika ingin menggunakan maskara sampai tetes terakhir, jangan pernah memompa tongkatnya ke dalam botel. Pasalnya, gerakan ini akan menambahkan udara lebih banyak ke dalam botol, dan membuat maskara mengering dengan cepat. Seperti kita ketahui, maskara yang kering membuat bulu mata kaku. Plus, tabungnya tidak akan bertahan lama.

  • Kamu tidak mengaplikasikannya dengan benar.

Jangan hanya mengoleskan maskara beberapa kali di bagian bawah bulu mata. Kunci untuk mendapatkan bulu mata yang memesona adalah dengan mengoleskannya dari dasar garis bulu mata dan goyangkan sedikit seiring bergerak ke atas. Jangan lupa juga untuk melapisi bagian atas bulu mata.

  • Kamu melekukkan bulu mata setelah memakai maskara.

Jangan pernah lakukan ini karena akan merusak kerja kerasmu. Melentikkan bulu mata tepat setelah menggunakan maskara akan membuatnya kaku, berantakan dan kotor. Belum lagi, melakukan ini juga bisa membahayakan mata: bulu mata dalam keadaan basah, lengket di alat pelentik mata, lalu ditarik. Ouch.

  • Kamu menggunakannya secara bergotong royong.

Sama teman baik, masak sih, tidak berbagi maskara? Well, sebagai informasi berbagi maskara bisa berbahaya. Coba pikirkan tentang seberapa sering kamu menggunakannya. Tongkatnya penuh dengan mikro organisme dan bakteria dari bulu matamu. Kemudian, jika pihak lain menggunakannya, bakteri dari bulu mata orang tersebut akan bercampur dengan milikmu. Dan, ujungnya akan kembali menyentuh bulu matamu. Kita tidak pernah tahu monster mini apa yang bertengger di bulu matamu atau temanmu, sehingga berbagi maskara bisa berakhir menjadi mata merah atau infeksi yang serius. Jadi, lain kali temanmu meminta untuk berbagi maskara, beritahu hal ini. Bukannya pelit, tapi biaya ke dokter bisa jadi lebih mahal daripada satu botol maskara.

  • Kamu menggunakan maskara kadaluarsa. 

Menggunakan maskara tua juga bisa menyebabkan infeksi mata. Tidak ada pilihan lain, maskara kadaluarsa (biasanya tiga bulan setelah dibuka) memang harus dibuang. Sama seperti kasus di atas, peralatan dandan untuk mata merupakan rumah idaman para bakteri.

  • Kamu tidak menggunakan primer di sekitar mata.

Jika kamu memiliki masalah dengan maskara yang berantakan di sekitar kelopak atau di bawah mata, solusinya mudah. Bahkan seandainyapun kamu tidak menggunakan makeup lain, mengoleskan primer di sekitar mata adalah jalan keluar yang tepat. Akan tetapi, sedihnya hal ini tidak cukup untuk membuat sisa-sisa maskara di ujung bawah tetap rapi sampai sore! Oleh karena itu, oleskan juga sedikit primer di bagian ujung bawah bulu mata.

  • Kamu tidak membersihkannya sampai noda terakhir.

Kita semua tahu ini: usahakan untuk membersihkan makeup sebelum tidur. Hal yang sama juga berlaku untuk maskara. Meninggalkan sisa-sisa maskara pada bulu mata, lalu mengoleskan lagi cairan baru di atasnya, bisa membuat bulu mata rusak, iritasi mata juga infeksi dan sejujurnya, agak menjijikkan.

  • Kamu tidak memisahkan bulu mata.