10 Thing Why We Love (and Hate) Online Shopping

10 Thing Why We Love (and Hate) Online Shopping
ISTOCK/GPOINTSTUDIO

Belanja online itu dilema: ada enaknya, tapi ada juga hal-hal yang membuat kita (sedikit) membencinya.  

WHY WE LOVE IT...

1. PraktisDon't deny it - kita semua sering mengeluh sibuk, kan? Selalu saja tidak memiliki waktu untuk berbelanja. Nah, online shopping itu bisa dilakukan kapan dan dimana saja (bahkan saat di kantor); tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam khusus ke supermarket.

2. Banyak VariasiSekarang kamu sudah bisa belanja barang apa saja secara online: baju, sepatu, bahkan hingga peralatan rumah tangga dan grocery. Beberapa merek tertentu bahkan mengeluarkan koleksi yang khusus dijual online.

3. Tak TerbatasKamu bisa beli barang dari mana saja di Indonesia, bahkan dunia. The limit simply does not exist!

4. EkonomisTanpa biaya tambahan untuk sewa gerai di pusat perbelanjaan, mungkin jadi salah satu alasan kenapa harga barang di online shop terbilang lebih ekonomis. Dengan kualitas barang yang sama tapi harga lebih murah, of course we sign up for it! Apalagi, banyak diskon yang ditawarkan oleh online store.

5. Limited EditionLagi-lagi untuk penghematan biaya, banyak dari desainer atau merek baru memasarkan dagangannya secara online. Nah, biasanya jika produk buatan home industry itu memiliki kontrol kualitas yang ketat dan kuantitas produksinya terbatas, it feels like a limited edition stuff!

WHY WE HATE IT!

1. Sales EmailTak disangka-sangka, jumlah email promosi yang masuk ke akun kita semakin lama semakin menumpuk dan menenggelamkan email yang penting. We know unsubscribing is easy, but what if we miss something amazing?

2. Tak Bisa MencobaSaat ingin belanja baju, inilah kendala utamanya. Memang banyak situs yang sudah menyediakan detail ukuran, tapi kita tidak bisa menyentuhnya dan merasakan saat bahannya menempel di badan kita. Belum lagi, misalkan baju tidak cocok dan ingin mengembalikan, prosedur pengembalian barang di beberapa situs lokal masih cukup merepotkan.

3. Habis Banyak WaktuSecara (tidak) sadar, kita menghabiskan banyak sekali waktu untuk online shopping, atau sekedar melihat-lihat. Nah, kadang-kadang ini yang bisa mengganggu jadwal pekerjaan dan aktivitas lainnya.

HALAMAN
12