10 Virus Paling Mematikan Di Dunia

10 Virus Paling Mematikan Di Dunia
Virus yang menyebar menjadi penyakit

Jenis-jenis virus yang tersebar di dunia, bahkan dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

WOOP.ID - Beberapa penyakit yang diderita manusia mulai dari penyakit ringan sampai yang mematikan umumnya berasal dari virus. Virus mampu menyerang manusia, hewan, hingga tumbuhan melalui udara, darah, ataupun makanan. Virus akan menyerang kekebalan atau imunitas ketika sistem imun kita sedang lemah.

Para ilmuwan sudah berhasil menemukan vaksin untuk sejumlah virus, namun beberapa di antaranya tetap menjadi ancaman. Pada dasarnya, virus tetap akan menjadi ancaman bagi kesehatan manusia.

Berikut Ini Beberapa Virus Mematikan Yang Paling Berbahaya Yang Telah Dirangkum Dari Berbagai Sumber.

1. Virus HIV

Virus HIV
Virus HIV

Human Immunodeficiency Virus (HIV) ini merupakan virus yang akan memperlemah kekebalan tubuh manusia. Hal tersebut akan menyebabkan tubuh rentan terhadap infeksi atau penyakit lainnya. Virus ini disebabkan karena adanya kontak fisik dengan penderita HIV melalui hubungan seksual yang tidak sehat, penggunaan alat pembuat tattoo dan body piercing. Tidak hanya itu, virus ini juga dapat menular apabila adanya kontak melalui cairan (darah, air mani, dan lainnya) dari penderita HIV, seperti ibu penderita HIV yang menularkan pada bayi di kandungan.

Virus ini tidak akan menular melalui kontak langsung sehari –hari, seperti bersentuhan, berjabat tangan, dan berpelukan. Jika virus ini terus berkembang maka bisa menimbulkan penyakit AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Immune Deficiency Syndrome).

2. Virus Ebola

Virus Ebola
Virus Ebola

Outbreak Ebola pertama terjadi di Sudan dan Republik Demokratik Dongo pada 1976. Ada lima jenis virus Ebola yaitu Zaire, Sudan, Tai Forest, Bundibugyo dan Reston. Virus Ebola Zaire adalah yang paling mematikan. Angka mortalitas nya 90%. jenis Zaire ini pernah menyebar di Guinea, Sierra Leone, dan Liberia. WHO mencatat antara 1976-2013 ada sebanyak 24 outbreak meliputi lebih dari 2 ribu kasus dan lebih dari separuhnya meninggal dunia.

3. Marburg

Marburg Virus
Marburg Virus

Virus ini termasuk salah satu virus paling berbahaya. Namanya berasal dari kota kecil di Sungai Lahn yang tidak ada hubungannya dengan penyakit tersebut. Virus Marburg merupakan virus yang menyebabkan demam berdarah. Sama seperti Ebola, virus Marburg menyerang membran mukosa, kulit dan organ tubuh. Tingkat fatalitasnya mencapai 90%.

4. Virus Herpes Simplex

Herpes simplex
Herpes simplex

Virus ini memiliki perbedaan dengan virus lainnya karena virus satu ini menyerang kulit kulit manusia. Virus ini biasa dikenal dengan sebutan HSV. Virus HSV ini dapat menimbulkan penyakit menular seksual baik pria maupun wanita hingga menyebabkan luka melepuh di area organ intim. Pada umumnya virus ini menyebar karena adanya hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi.  

5. Virus Dengue

Virus DBD
Virus DBD

Virus yang satu ini sudah tidak asing lagi dan cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Virus Dengue ini menyebabkan penyakit demam berdarah (DBD) yang ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Virus ini pertama kali ditemukan di Thailand dan Filipina pada tahun 1950 an yang kemudian menyebar pada wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Setiap tahunnya virus Dengue ini menginfeksi 50-100 juta orang. Tingkat kematiannya terhitung jauh lebih rendah daripada virus – virus lain yaitu sekitar 2,5 persen. Namun jika penanganannya tidak tepat tingkat kematian bisa mencapai 20 persen. 

6. Virus Variola

Virus Cacar
Virus Cacar

Virus satu ini yang menyebabkan cacar dan sudah ratusan tahun manusia melawan penyakit ini. Penyakit ini disebabkan oleh dua jenis virus yaitu Variola Mayor dan Variola Minor. Cacar mampu membunuh satu dari tiga orang yang terinfeksi. Mereka yang mampu bertahan akan hidup dengan bekas luka permanen bahkan sampai kebutaan. Tingkat mortalitas jauh lebih tinggi bagi orang yang tinggal di luar Eropa. Pada abad 20, cacar membunuh sekitar 200 juta orang.

7. Virus Rabies

Virus Rabies
Virus Rabies

Virus Rabies atau Virus Rhabdovirus merupakan virus yang dapat menyerang sistem saraf pusat manusia dan otak. Akibatnya tubuh tidak dapat bergerak dan menimbulkan hydrophobia. Sekali menyerang, rabies ini bisa menjadi persoalan serius hingga fatal. Virus ini ditularkan kepada manusia melalui gigitan hewan berdarah yang telah terjangkit sebelumnya seperti gigitan anjing, kelelawar hingga rakun.

Persoalan virus ini masih menjadi masalah besar di India dan Afrika. Menurut Muhlberger rabies yang dapat merusak otak ini sangatlah berbahaya. Kita punya vaksin untuk melawan rabies dan kita punya antibodi yang bekerja melawan rabies, jadi jika seseorang digigit hewan yang terinfeksi kita bisa menolong orang ini. Namun, jika tidak mendapatkan perawatan, ada 100% kemungkinan orang yang terinfeksi akan mati.

8. Virus Poliomyelitis

Virus Polio
Virus Polio

Virus ini merupakan satu jenis virus tertua di dunia karena sudah dikenal sejak akhir abad ke-18. Umumnya, virus yang satu menyerang anak-anak dengan usia sekitar 3-5 tahun. Virus ini dapat menyebabkan lemahnya otot hingga kelumpuhan pada kaki. Gejalanya antara lain, demam, nyeri sendi, tulang, hingga otot, kram otot, dan lainnya. 

9. Virus H5N1

Flu Burung
Flu Burung

Virus Avian Influenza tipe A (H5N1) ini salah satu virus yang sempat masuk ke Indonesia. Virus ini menyerang hewan unggas seperti burung dan ayam. Bahayanya virus ini juga mampu menyerang manusia. Virus satu ini dapat menyebabkan epidemic pada hewan (epizootic) dan berbagai spesies hewan dalam cakupan wilayah yang luas (panzootic) sehingga mampu menularkan cukup banyak hewan dalam satu wilayah. Gejala jika terjangkit virus ini antara lain berupa gangguan pernapasan, muntah, diare, dan gejala flu pada umumnya.

10. SARS-CoV

Corona Virus
Corona Virus

Virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) pertama kali muncul di Wuhan, China pada tahun 2020. Virus ini kemungkinan dibawa kelelawar, kemudian hinggap pada mamalia nokturnal yang disebut musang, lalu menginfeksi manusia. Ketika itu ratusan orang diserang penyakit misterius miri pneumonia dengan angka fatalitas sangat tinggi dengan memiliki mortalitas sebesar 9.6%. Virus ini menyebar cepat ke seluruh dunia, menjadi pandemic yang mematikan. Virus SARS ini menyebar ke 26 negara di dunia dan menginfeksi sekitar 8 ribu orang.

Baca: Waspada Virus Corona! Lakukan Cara Ini Untuk Hindarinya!

Baca: Kencing Tikus, Penyakit Mengerikan yang Menular Pasca Banjir

Baca: Bisa Tularkan Penyakit, Jangan Pinjamkan Barang-barang Ini