Manfaat Baik Kelapa Bagi Kulit dan Kesehatan

6 Manfaat Baik Kelapa Bagi Kulit dan Kesehatan
ISTOCK

Cocok sebagai pembuka puasa juga menyehatkan. Dari merendahkan kolesterol sampai menyempurnakan kulit

WOOP.ID - Sebagai makanan, kelapa merupakan salah satu yang paling kontroversial dari sisi kesehatan karena mengandung sejumlah lemak jenuh. Untungnya terbukti bahwa lemak tersebut sebenarnya menyehatkan.

Dari merendahkan kolesterol sampai menyempurnakan kulit, bisa dicampur dengan banyak masakan, dan merupakan properti wajib untuk selfie saat liburan, yang pasti kelapa memiliki daftar positif yang panjang.

Terlebih, kelapa bisa menjelma ke berbagi bentuk, seperti minuman atau minyak. Berikut, beberapa manfaat kelapa bagi kulit dan kesehatan kita. 

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kulit dan Kesehatan

Mengurangi selulit

Ilustrasi lokasi selulit
Ilustrasi lokasi selulit

Resep rumahan yang dipraktekkan menurut Dr.Josh Axe adalah mencampurkan 1 sendok minyak kelapa dengan 10 tetes grapefruit essential oil dan memijatnya dengan gerakan memutar di sekitar area berselulit.

Baca: Ini 7 Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Dia juga menyarankan untuk menggunakan sikat kering untuk menstimulasi sirkulasi dan mendorong detoks sel. 

Mengurangi penampakan kerutan

Terlihat Perbedaan Kulit dan Rambut
Terlihat Perbedaan Kulit dan Rambut

Meski kulit terdehidrasi tidak berarti menyebabkan kulit menua, tapi bisa membuat kerutan sangat kentara. Hal ini disebabkan kulit terhidrasi dengan baik nampak lebih kencang dan segar, sehingga kelihatan lebih muda.

Dan karena coconut oil sangat menghidrasi, oleskan di sekitar daerah bermasalah, seperti area-area yang sering terpapar sinar matahari. 

Pada dasarnya, melembabkan

melembabkan
melembabkan

Semua produk kulit berkualitas tinggi yang mengandung kelapa kaya akan pelembab, sehingga ideal untuk mereka yang berkulit kering.

Baca: Ini 5 Cara Memperbesar Payudara Dengan Cara Alami

Dan segala coconut oil pada dasarnya merupakan losion alternatif karena tekstur solidnya menyerap dengan mudah ke dalam kulit. 

Baik untuk pecernaan dan membakar lemak lebih banyak

Baik untuk kesehatan pencernaan
Baik untuk kesehatan pencernaan

Dr. Axe juga menjelaskan bahwa kandungan antibakteri, antimikrobial, dan antijamur pada coconut oil membantu mengontrol parasit, jamur, dan menolong penyerapan nutrisi penting bagi tubuh.

Dengan kata lain, coconut oil tidak hanya mudah dicerna, tapi juga meningkatkan produksi hal-hal yang esensial bagi usus, seperti probiotik. Penelitian medis lainnya menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi coconut oil membakar lemak lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak. 

Menjaga kestabilan gula darah dan energi

Mulai hidup sehat
Mulai hidup sehat

Coconut oli mengandung senyawa yang membuat produksi insulin terkendali, yang memang penting untuk menjaga kestabilan level gula darah dan energi.

Oleh karena itu, disarankan untuk menambahkan sedikit minyak kelapa ini ke dalam minuman pagi hari agar energi terjaga sepanjang hari.

Menjaga keseimbangan kolesterol dan hormon

ISTOCK
ISTOCK

Menurut Harvard Medical School, coconut oil mengandung beberapa jenis lemak sehat yang memperbaiki kolesterol ketika digunakan dalam jumlah sedikit.

Ini adalah jenis lemak yang juga ditemukan di alpukat dan salmon yang membuat berguna dalam menjaga keseimbangan hormon. Dan karena begitu banyak asam sehat di dalamnya (seperti Lauric acid, Capric acid, dan Caprylic acid), coba sesekali gunakan coconut oil sebagai minyak masak, menggantikan mentega atau olive oil. 

Baca: Pakai Bahan di Rumah, Ini 7 Cara Alami Melembapkan Bibir