12 Vitamin Bagi Kamu Yang Sedang Melakukan Program Hamil

12 Vitamin Bagi Kamu Yang Sedang Melakukan Program Hamil
ilustrasi ibu hamil minum vitamin

Rekomendasi vitamin untuk kamu yang sedang melakukan program hamil agar dapat menunjang kebutuhan gizi dan kesehatan ibu dan janin nantinya.

WOOP.ID - Keinginan untuk memiliki buah hati merupakan salah satu harapan setiap pasangan yang sudah melangsungkan pernikahan. Mengkonsumsi nutrisi yang baik bisa meningkatkan peluang kehamilan.

Bagi kamu yang sedang merencanakan program kehamilan sangat dianjurkan untuk mendapatkan asupan vitamin dan beberapa nutrisi lain seperti protein, karbohidrat, mineral, dan lemak.

Memperhatikan asupan vitamin, khususnya vitamin B9 atau asam folat, sangat penting dilakukan jika kamu sedang merencanakan kehamilan. Vitamin ini berfungsi untuk mencegah penyakit spina bifida atau cacat pada tulang belakang janin, serta risiko preeclampsia. 

Kebutuhan asam folat untuk wanita yang sedang menjalani program hamil adalah 400 mikrogram (mcg) per harinya. Selain diperoleh dalam bentuk suplemen, vitamin ini bisa ditemukan di jeruk, stroberi, bit, bayam, brokoli, kembang kol, sereal, kacang-kacangan, dan pasta. 

makanan sehat untuk ibu hamil
makanan sehat untuk ibu hamil

9 Kandungan Vitamin Yang Dibutuhkan Saat Program Hamil Yang Penting Untuk Dikonsumsi 

Tubuh yang sehat merupakan kunci utama bagi para pasangan yang ingin memiliki Buah Hati. Pasalnya beberapa penyakit ternyata dapat membuat tubuh jadi lebih sulit menyerap nutrisi. 

Tubuh membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah vitamin yang merupakan senyawa organic karena sebagian besar tidak bisa dibuat langsung oleh tubuh. 

1. Vitamin A dan Beta Karoten

Vitamin A dan beta karoten berperan dalam perkembangan gigi dan tulang. Vitamin ini banyak ditemukan di dalam telur, susu, hati, wortel, bayam, brokoli, kentang, labu blewah, buah-buahan berwarna kuning, atau sayuran berwarna hijau dan kuning. Wanita yang sedang menjalani program hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan harian vitamin A sebanyak 770 mcg.

2. Vitamin C

Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel dalam tubuh, membantu penyerapan zat besi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C Dapat ditemukan di dalam jeruk, paprika, kacang hijau, stroberi, papaya, kentang, brokoli, dan tomat. Jumlah asupan vitamin C yang direkomendasikan adalah 80-85 mg tiap harinya. 

3. Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi serta mempertahankan jumlah kalsium dalam tubuh saat hamil. Vitamin ini banyak terkandung di dalam susu, ikan, dan sinar matahari. Jumlah asupan vitamin D yang dianjurkan adalah sekitar 5 mcg atau 600 IU per harinya.

4. Vitamin E

Vitamin E berperan dalam pembentukan otot dan sel darah merah, serta sebagai antioksidan yang dibutuhkan tubuh saat hamil. Vitamin ini bisa ditemukan di dalam kacang-kacangan, minyak nabati, bayam, dan gandum. Vitamin E perlu dikonsumsi setidaknya 15 mg per harinya.

5. Vitamin B1 (Thiamine)

Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan energy ibu hamil dan juga penting untuk pertumbuhan otak bayi. Vitamin B1 bisa diperoleh dari konsumsi gandum utuh, telur, nasi, buah beri, kacang-kacangan, pasta, dan jeroan hewan. Jumlah asupan vitamin B1 yang direkomendasikan adalah 1,4 mg per hari. 

6. Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin ini sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 1,4 mg per harinya. Vitamin B2 berfungsi untuk memproduksi energy, meningkatkan kesehatan mata dan kulit, serta menghambat penuaan. Vitamin ini banyak terkandung di dalam daging, ikan, tempe, produk olahan susu, telur, dan sereal.

7. Vitamin B3 (Niacin)

Vitamin ini berfungsi untuk menyehatkan kulit, saraf, dan, dan saluran pencernaan selama masa kehamilan. Vitamin b3 dapat ditemukan di dalam makanan tinggi protein, sereal, roti, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan susu. Batas maksimal asupan vitamin B3 harian adalah 35mg.

8. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Vitamin ini berperan dalam pembentukan sel darah merah dan mengurangi morning sickness. Vitamin B6 juga berperan penting pada pembentukan otak janin dan meningkatkan metabolism. Vitamin B6 bisa diperoleh dari gandum, beras merah, ikan, ayam, kacang kedelai, wortel, bayam, bawang putih, ubi, kol, brokoli, pisang, dan melon. Konsumsi vitamin B6 sebaiknya tidak lebih dari 100 mcg per hari. 

9. Vitamin B12

Vitamin dengan jumlah asupan maksimal 2,6 mcg per hari ini berperan dalam pembentukan DNA dan mencegah kelainan pada sumsum tulang belakang bayi (neural tube defect). Vitamin b12 dapat ditemukan di dalam kerang, daging sapi, ikan, telur, dan susu.

12 Rekomendasi Merk Vitamin Untuk Program Hamil

Selain nutrisi di atas, Mama juga dianjurkan untuk mengonsumsi nutrisi lain seperti asam folat, zat besi, protein, kalsium, zinc, dan Omega 3. Semua nutrisi ini sebenarnya tidak hanya dibutuhkan saat menjalani program hamil saja, tapi juga akan terus dibutuhkan saat kamu dinyatakan positif hamil.

1. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold
Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold
  • Berfungsi untuk menguatkan kandungan serta meningkatkan perkembangan janin nantinya, terutama di awal-awal kehamilan.
  • Mengandung asam folat dan mengandung berbagai nutrisi esensial, seperti EPA, DHA, kalsium, zat besi, zinc, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin D, sehingga cocok dikonsumsi bagi Mama yang menjalani program kehamilan.
  • Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold isi 120 tablet dijual dengan harga Rp355.000.

2. Garden of Life Mykind Organics Prenatal

Garden of Life Mykind Organics Prenatal
Garden of Life Mykind Organics Prenatal
  • Garden of Life Mykind Organics Prenatal yang cocok dijadikan pilihan untuk kamu yang sulit mengkonsumsi tablet. Memiliki bentuk gummy yang kenyal, vitamin ini dilengkapi dengan kandungan gizi yang sempurna.
  • Membantu tubuh mempersiapkan kehamilan, memelihara dan melindungi mama dan bayi selama kehamilan sambil memberikan dorongan yang diperlukan selama menyusui.
  • Dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dan mengandung 18 mg zat besi untuk membantu melawan iron-deficiency anemia, menyediakan 800 mcg folat untuk mendukung perkembangan janin yang sehat. Bahkan, itu jumlah yang disarankan untuk mencegah cacat tabung saraf.
  • Dibuat dari 9 buah asli yang organik sehingga cocok dikonsumsi sehari-hari dan mengandung campuran organik yang menenangkan lambung dengan jahe organik, peppermint, lemon dan tomat untuk membantu perasaan mual.
  • Garden of Life Mykind Organics Prenatal dijual dengan harga Rp.1.350.000

3. Nature’s Plus - Folic Acid Hearts

Nature’s Plus - Folic Acid Hearts
Nature’s Plus - Folic Acid Hearts
  • Nature’s Plus Folic Acid Hearts berisi asam folat 400 mcg, vitamin B6 5 mg, dan vitamin B12 15 mcg, cukup untuk memenuhi kebutuhan asam folat dan vitamin Mama sehari-hari dalam keadaan normal.
  • Dilengkapi dengan vitamin B6 dan B12 dalam suplemen ini adalah dapat membantu membentuk sel darah merah, sehingga mencegah hingga mengatasi anemia.
  • Dijual seharga Rp 210.000/Botol (isi 90 butir)

4. Ovacare

Ovacare
Ovacare
  • Membantu menjaga kesehatan, meningkatkan kesuburannya, dan melindungi kesehatan maupun vitalitas organ reproduksi wanita.
  • Mengandung berbagai vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, asam folat, vitamin C, vitamin D3, vitamin E, zat besi, zinc, magnesium, nicotinamida, iodine, dan lainnya.
  • 5 strip Ovacare dijual dengan harga Rp 287.255 dengan isi 6 tablet per strip.

5. Nutrimax Mother

Nutrimax Mother
Nutrimax Mother
  • Dapat menjaga kondisi kesehatan wanita agar tetap prima sebelum, saat, maupun setelah kehamilan. Mama bisa mengkonsumsinya sejak 3 bulan sebelum hamil hingga satu tahun setelah melahirkan, lho!
  • Mengandung vitamin dan mineral yang lengkap untuk mencukupi kebutuhan gizi selama program hamil. Mulai dari vitamin A, B1, B3, B5, B6, B12, C, D3, dan E, asam folat, hingga kalsium.
  • Nutrimax Mother isi 30 tablet dijual sekitar Rp225.000.

6. Vitafusion Prenatal

Vitafusion Prenatal
Vitafusion Prenatal
  • Suplemen bertekstur kenyal ini merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Selain itu, mengandung omega 3 DHA, vitamin A, C, dan D di dalamnya.
  • Suplemen dengan rasa lemon alami dan raspberry lemonade ini bebas gluten dan nyaman di perut Mama setelah dikonsumsi.
  • Vitafusion Prenatal isi 90 buah dijual dengan harga sekitar Rp280.000.

7. Folaxin

Folaxin
Folaxin
  • Berfungsi untuk memenuhi asupan asam folat pada wanita yang sedang merencanakan kehamilan agar janin menjadi lebih sehat dan sel-sel tubuhnya terlindungi.
  • Selain mencegah gangguan perkembangan pada janin, asam folat juga dapat mengurangi risiko keguguran di trimester awal kehamilan.
  • 10 strip Folaxin dijual dengan harga Rp43.000 yang berisi 10 kaplet per strip.

8. Puritan Pride Prenatal Vitamins

Puritan Pride Prenatal Vitamins
Puritan Pride Prenatal Vitamins
  • Mengandung vitamin C yang berasal dari acerola cherry organik untuk meningkat kekebalan tubuh dan mencegah kamu dari radikal bebas.
  • Vitamin C juga berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi sehingga terhindar dari anemia. Dalam satu kapsulnya terdapat kandungan nutrisi lain yang dibutuhkan calon ibu hamil, seperti asam folat dan kalsium yang terbuat dari tanaman alga.
  • Puritan Pride Prenatal Vitamins dijual dengan harga Rp.270.000

9. Folamil Genio

Folamil Genio
Folamil Genio
  • Membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu untuk kehamilan, serta mendukung tumbuh kembang janin kelak.
  • Mengandung asam folat, betakaroten, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D3, vitamin K1, nicotinamida, kalsium, tembaga, biotin, asam arakidonat, dan DHA. Kandungan DHA-nya baik untuk menunjang tumbuh kembang sistem saraf pusat, otak, tulang, dan mata janin nantinya.
  • Folamil Genio isi 30 kapsul, dijual dengan harga sekitar Rp144.500.

10. Folavit 400 mcg

Folavit 400 mcg
Folavit 400 mcg
  • Mengandung asam folat yang disarankan bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin.
  • Mendukung janin yang lebih sehat, serta mendorong pembentukan sel darah merah untuk mencegah anemia bagi Mama.
  • 10 strip Folavit dijual dengan harga Rp126.500 yang berisi 10 tablet per strip.

11. Promavit

Promavit
Promavit
  • Membantu memperkuat janin di masa awal kehamilan, mencegah anemia, melancarkan metabolisme energi, dan mencegah pengeroposan tulang.
  • Mengandung minyak tuna, omega 3, DHA, EPA, asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D3, kalsium, zat besi, dan mineral lainnya.
  • Promavit isi 10 kapsul dijual dengan harga  Rp41.500.

12.  Blackmores Conceive Well Men

Blackmores Conceive Well Men
Blackmores Conceive Well Men
  • Blackmores Conceive Well Men akan memberikan kombinasi nutrisi terbaik untuk mendukung kesehatan sperma.
  • Mengandung coenzyme Q10 yang memainkan peran dalam memproduksi sel sperma yang berenergi. Sementara zinc dan selenium merupakan esensi dasar untuk produksi sperma yang normal dan kesuburan pria.
  • Blackmores Conceive Well Men 28 Capsules dijual dengan harga Rp.350.000

Perlu Mama ingat bahwa Vitamin Promil hanya boleh dikonsumsi atas rekomendasi dokter. Oleh karena itu, Mama dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum memulai mengkonsumsi suplemen.

Hal ini dikarenakan mengkonsumsi suplemen melebihi dosis yang seharusnya bisa menyebabkan keracunan atau overdosis. 

Jadi, vitamin mana yang mau Mama dan Dads coba? Selain itu, suplemen juga hanya bersifat melengkapi sehingga pengonsumsiannya harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat ya! 

Baca: Prenagen Esensis, Susu untuk Program & Persiapan Hamil

Baca: 8 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Yang Memiliki Nutrisi Lengkap

Baca: Ingin Cepat Dapat Momongan? Ketahui 7 Tips Program Hamil ini

Baca: Ini Kenapa Gluten Bisa Berbahaya Saat Hamil