12 Vitamin Bagi Kamu Yang Sedang Melakukan Program Hamil

12 Vitamin Bagi Kamu Yang Sedang Melakukan Program Hamil
ilustrasi ibu hamil minum vitamin

Rekomendasi vitamin untuk kamu yang sedang melakukan program hamil agar dapat menunjang kebutuhan gizi dan kesehatan ibu dan janin nantinya.

WOOP.ID - Keinginan untuk memiliki buah hati merupakan salah satu harapan setiap pasangan yang sudah melangsungkan pernikahan. Mengkonsumsi nutrisi yang baik bisa meningkatkan peluang kehamilan.

Bagi kamu yang sedang merencanakan program kehamilan sangat dianjurkan untuk mendapatkan asupan vitamin dan beberapa nutrisi lain seperti protein, karbohidrat, mineral, dan lemak.

Memperhatikan asupan vitamin, khususnya vitamin B9 atau asam folat, sangat penting dilakukan jika kamu sedang merencanakan kehamilan. Vitamin ini berfungsi untuk mencegah penyakit spina bifida atau cacat pada tulang belakang janin, serta risiko preeclampsia. 

Kebutuhan asam folat untuk wanita yang sedang menjalani program hamil adalah 400 mikrogram (mcg) per harinya. Selain diperoleh dalam bentuk suplemen, vitamin ini bisa ditemukan di jeruk, stroberi, bit, bayam, brokoli, kembang kol, sereal, kacang-kacangan, dan pasta. 

makanan sehat untuk ibu hamil
makanan sehat untuk ibu hamil

9 Kandungan Vitamin Yang Dibutuhkan Saat Program Hamil Yang Penting Untuk Dikonsumsi 

Tubuh yang sehat merupakan kunci utama bagi para pasangan yang ingin memiliki Buah Hati. Pasalnya beberapa penyakit ternyata dapat membuat tubuh jadi lebih sulit menyerap nutrisi. 

Tubuh membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah vitamin yang merupakan senyawa organic karena sebagian besar tidak bisa dibuat langsung oleh tubuh. 

1. Vitamin A dan Beta Karoten

Vitamin A dan beta karoten berperan dalam perkembangan gigi dan tulang. Vitamin ini banyak ditemukan di dalam telur, susu, hati, wortel, bayam, brokoli, kentang, labu blewah, buah-buahan berwarna kuning, atau sayuran berwarna hijau dan kuning. Wanita yang sedang menjalani program hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan harian vitamin A sebanyak 770 mcg.

2. Vitamin C

Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel dalam tubuh, membantu penyerapan zat besi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C Dapat ditemukan di dalam jeruk, paprika, kacang hijau, stroberi, papaya, kentang, brokoli, dan tomat. Jumlah asupan vitamin C yang direkomendasikan adalah 80-85 mg tiap harinya. 

3. Vitamin D