12 Vitamin Bagi Kamu Yang Sedang Melakukan Program Hamil

12 Vitamin Bagi Kamu Yang Sedang Melakukan Program Hamil
ilustrasi ibu hamil minum vitamin

Rekomendasi vitamin untuk kamu yang sedang melakukan program hamil agar dapat menunjang kebutuhan gizi dan kesehatan ibu dan janin nantinya.

Vitamin D berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi serta mempertahankan jumlah kalsium dalam tubuh saat hamil. Vitamin ini banyak terkandung di dalam susu, ikan, dan sinar matahari. Jumlah asupan vitamin D yang dianjurkan adalah sekitar 5 mcg atau 600 IU per harinya.

4. Vitamin E

Vitamin E berperan dalam pembentukan otot dan sel darah merah, serta sebagai antioksidan yang dibutuhkan tubuh saat hamil. Vitamin ini bisa ditemukan di dalam kacang-kacangan, minyak nabati, bayam, dan gandum. Vitamin E perlu dikonsumsi setidaknya 15 mg per harinya.

5. Vitamin B1 (Thiamine)

Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan energy ibu hamil dan juga penting untuk pertumbuhan otak bayi. Vitamin B1 bisa diperoleh dari konsumsi gandum utuh, telur, nasi, buah beri, kacang-kacangan, pasta, dan jeroan hewan. Jumlah asupan vitamin B1 yang direkomendasikan adalah 1,4 mg per hari. 

6. Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin ini sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 1,4 mg per harinya. Vitamin B2 berfungsi untuk memproduksi energy, meningkatkan kesehatan mata dan kulit, serta menghambat penuaan. Vitamin ini banyak terkandung di dalam daging, ikan, tempe, produk olahan susu, telur, dan sereal.

7. Vitamin B3 (Niacin)

Vitamin ini berfungsi untuk menyehatkan kulit, saraf, dan, dan saluran pencernaan selama masa kehamilan. Vitamin b3 dapat ditemukan di dalam makanan tinggi protein, sereal, roti, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan susu. Batas maksimal asupan vitamin B3 harian adalah 35mg.

8. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Vitamin ini berperan dalam pembentukan sel darah merah dan mengurangi morning sickness. Vitamin B6 juga berperan penting pada pembentukan otak janin dan meningkatkan metabolism. Vitamin B6 bisa diperoleh dari gandum, beras merah, ikan, ayam, kacang kedelai, wortel, bayam, bawang putih, ubi, kol, brokoli, pisang, dan melon. Konsumsi vitamin B6 sebaiknya tidak lebih dari 100 mcg per hari.