4 Ciri-ciri Kamu sedang Mengalami Stres Finansial

4 Ciri-ciri Kamu sedang Mengalami Stres Finansial
SHUTTERSTOCK

Stres itu wajar dialami oleh banyak orang. Namun pernahkah kamu merasakan stres secara finansial? Yuk, kenali ciri-cirinya!

Siapapun bisa mengalami stres. Stres bisa terjadi karena beberapa faktor seperti pekerjaan sampai tentang masalah keuangan. Bahkan banyak yang bilang bahwa uang merupakan faktor utama penyebab stres yang dialami seseorang. Mengalami stres dalam hal keuangan tentunya akan membuat kamu merasa membawa beban yang cukup banyak.

Tidak hanya itu, stres keuangan bisa menyebabkan kondisi pikiran dan fisik menjadi buruk. Ditambah lagi, pengaruh negatif yang bisa dirasakan tidak hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mentalmu akan terganggu. Untuk itu, Woop mengajakmu untuk mengenali ciri-ciri orang yang sedang mengalami stres keuangan. Apakah kamu juga pernah merasakannya? 

Cemas dan Depresi 

img

Hal yang paling terlihat ketika sedang mengalami stres adalah rasa cemas dan depresi. Biasanya orang yang mengalami stres keuangan akan merasa takut menerima panggilan telepon apalagi jika berasal dari pihak penagih utang. Tentunya saat kamu mengalami hal tersebut, kamu harus melakukan terapi keuangan yang dapat membantu mengurangi perasaan cemas dan depresi tersebut. Satu hal lagi, kamu jangan pernah membiarkannya hal ini terus menerus karena akan bisa memperparah depresimu. Kamu juga akan mengalami susah tidur dan cemas yang berlebihan. 

Tagihan yang Tak Terbayarkan

img

Banyaknya tagihan yang belum terbayarkan menjadi salah satu ciri bahwa kamu sedang mengalami stres keuangan. Tentunya hal ini merupakan kebiasaan buruk yang perlu dirubah. Dengan menunggak tagihan sama saja dengan membuat beban tagihan membengkak terus menerus. Jika memang kesulitan untuk membayar tagihan pada tanggal yang sudah ditentukan, kamu bisa mencoba bernegosiasi dengan pihak peminjam untuk mengubah pembayaran dan aturan yang digunakan. Salah satu hal yang terkadang membuat kamu menunggak tagihan pembayaran adalah pengeluaran yang semakin boros. Untuk itu, akan lebih baik jika kamu berusaha untuk mengubah gaya hidup. 

Pemborosan

img

Yep, pemborosan menjadi penyebab dari kondisi keuangan yang buruk. Apalagi ketika kita merasa tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup, maka solusi yang sering digunakan untuk membuat diri tenang adalah menggunakan kartu kredit. Padahal penggunaan kartu kredit tidak menjadi solusi yang tepat. Penggunaan kartu kredit yang terlalu sering malah bisa membuat kamu memiliki banyak utang. Pada akhirnya kamu malah bingung saat harus membayarnya. Sehingga hal itu justru membuatmu stresmu semakin meningkat.

Hubungan dengan Keluarga Jadi Berantakan

img

Tanda-tanda kamu mengalami stres keuangan tidak hanya dapat dilihat pada diri sendiri saja, namun juga terlihat dari hubunganmu dengan anggota keluarga lainnya. Biasanya hal ini bisa membuat pertengkaran hebat bahkan sampai berpisah. Menurut survei terbaru, hampir sekitar 57 % respon menyatakan bahwa melihat teman atau saudara yang mengalami perpisahan akibat masalah keuangan. Untuk menghindari diri dari stres keuangan tentunya dibutuhkan perilaku hidup sehat. Caranya dengan bergaya hidup yang sesuai dengan keuangan yang dimiliki. 
Selanjutnya: Sedang jenuh bekerja? Coba lakukan lima hal ini untuk kembali produktif.